6 Tanda yang Mengisyaratkan Bayi Mulai Siap Mengonsumsi Makanan Padat

Menjelang umur 6 bulan, si Kecil harusnya telah menunjukan tanda-tanda ia siap makan makanan padat

11 Februari 2020

6 Tanda Mengisyaratkan Bayi Mulai Siap Mengonsumsi Makanan Padat
Pixabay/yalehealth

Sebagai orangtua, Mama tentu wajib memastikan proses tumbuh kembang si Bayi berjalan dengan lancar. Dari hanya minum ASI, bayi akan berkembang untuk mulai mampu makan makanan padat.

Yuk, ketahui 6 tanda yang mengisyaratkan si Kecil siap mengonsumsi makanan padat. 

1. Tidak berhenti melirik makanan Mama

1. Tidak berhenti melirik makanan Mama
Pixabay/ajale

Tahukah Mama? Sebagaimana bayi masih belum bisa berkomunikasi secara lisan dengan benar, si Kecil biasanya memanfaatkan gerak tubuh dan pandangan matanya untuk mengisyaratkan hal-hal yang disukainya atau tidak.

Si Kecil akan mengisyaratkan bahwa dirinya sudah siap mengonsumsi makanan padat dengan terus menerus melirik dan memerhatikan saat Mama.

Terkadang, hal tersebut bisa juga dibarengi dengan gerak anggota tubuhnya. Mulai dari tangan yang mengayun-ayun ke arah piring Mama hingga mulutnya yang seperti ikut mengunyah atau menelan ludah saat Mama makan.

2. Sering menolak makanan cair

2. Sering menolak makanan cair
playbuzz.com

Saat si Bayi sudah mulai menunjukkan ketertarikan terhadap makanan padat, ia kadang menolak makanan cair yang bisa diberikan oleh Mama. 

Si Kecil akan membuang pandangannya serta menggerakkan kedua tangannya seperti berusaha menjauhkan makanan cair yang hendak Mama berikan untuknya.

3. Gigi si Kecil sudah tumbuh

3. Gigi si Kecil sudah tumbuh
Pixabay/mojpe

Saat gigi si Kecil sudah tumbuh, ia akan siap makan makanan padat. Gigi memungkinkan bayi bisa mengunyah dan memotong-motong makanan padat. 

Tetapi ingat ya Ma, Mama tetap harus memilih makanan yang sesuai dengan kondisi pencernaan bayi yang masih rentan.

Editors' Picks

4. Suka menggigit benda-benda padat

4. Suka menggigit benda-benda padat
Pixabay/collusor

Seiring tumbuhnya gigi si Kecil, ia akan suka menggigit benda-benda padat. Itu sebabnya, Mama wajib memastikan bahwa benda-benda padat di sekelilingnya tidak berbahaya. Lebih bagus, jika Mama memberikan teether untuk digigiti.

5. Otot oromotor yang berkembang

5. Otot oromotor berkembang
Pixabay/vikvarga

Selain gigi yang tumbuh, bayi mama akan menunjukkan perkembangan dalam organ mulutnya. Hal itu yang ditandai lewat kemampuannya mendorong makanan ke dalam mulut dengan lidah dan menelannya dengan lancar setelah dikunyah. Otot-otot di dalam rongga mulut atau oromotor, berkembang sehingga antara lidah, rahang, gigi, dan pipi bisa menahan makanan, menggigit dan mengunyahnya.

Hal ini disebutkan dalam Web MDsebagai tanda bahwa si Kecil siap menyantap beberapa makanan padat tertentu.

6. Usia si Kecil sudah 6 bulan

6. Usia si Kecil sudah 6 bulan
Pixabay/tookapic

Menurut para pakar, bayi biasanya sudah menujukan kesiapan makan makanan pada di rentang usia 4-6 bulan. Namun, melihat kondisi pencernaannya yang masih rentan dan harus disesuaikan secara perlahan, Mama sebaiknya memilih makanan padat secara bertahap. Mulailah dari makanan yang lunak dan lembut kemudian meningkat ke makanan padat seperti orang dewasa.

Yuk, makan Nak!

Baca juga: Aneka Resep MPASI ala Tantri Namirah

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.