Penyebab Anak Demam saat Tumbuh Gigi, Jangan Buru-Buru Diberi Obat!

Anak demam saat tumbuh gigi memang wajar, tapi Mama tetap waspada karena bisa jadi tanda penyakit

25 Agustus 2020

Penyebab Anak Demam saat Tumbuh Gigi, Jangan Buru-Buru Diberi Obat
Pexels/Victoria Borodinova

Anak demam saat tumbuh gigi menjadi salah satu hal yang membuat orangtua pusing. Tak hanya rewel, demam saat anak tumbuh gigi bisa terjadi berhari-hari. Sebelumnya, perlu Mama ketahui kalau waktu tumbuh gigi anak berbeda-beda, tapi biasanya dimulai pada usia empat bulan hingga satu tahun.

Meski waktu setiap anak berbeda-beda, ada beberapa gejala umum yang dialami anak saat tumbuh gigi. Salah satunya adalah demam yang menimbulkan ketidaknyamanan pada anak.

Kalau Mama mengalami hal ini, ternyata ada beberapa hal yang perlu diketahui mengenai demam saat anak tumbuh gigi. Berikut Popmama.com rangkum informasi selengkapnya!

1. Alasan mengapa anak demam saat tumbuh gigi

1. Alasan mengapa anak demam saat tumbuh gigi
Pexels/Helena Lopes

Satu hal yang perlu Mama tahu bahwa demam bukanlah sebuah penyakit, melainkan gejala dari kondisi kesehatan tertentu. Oleh karenanya, coba cari tahu penyebabnya terlebih dahulu. Faktanya, tumbuh gigi bisa menyebabkan anak demam.

Anak demam saat tumbuh gigi terjadi karena efek samping dari pembengkakan gusi si Kecil yang mengalami peradangan akibat giginya tumbuh. Namun, biasanya demam ini tidak begitu tinggi. Meskipun Mama tetap harus waspada jika anak mengalami demam di atas 38 derajat celcius.

Editors' Picks

2. Hal yang dilakukan ketika anak demam saat tumbuh gigi

2. Hal dilakukan ketika anak demam saat tumbuh gigi
Freepik

Sebelum memberi obat penurun panas, sebaiknya Mama melakukan hal-hal dasar agar si Kecil tidak dibiasakan langsung minum obat. Berikut adalah hal-hal yang perlu Mama lakukan kalau si Kecil demam saat tumbuh gigi.

  • Rutin ukur suhu anak.
  • Jika suhu di bawah 38 derajat celcius, tidak perlu mengobati anak dengan obat penurun panas kecuali anak terlihat tidak nyaman. Pastikan anak istirahat dan mendapat banyak cairan.
  • Jika suhu 38-38.8 derajat celcius, bisa diberikan obat penurun panas yang disesuaikan dosisnya. Ada baiknya Mama bekonsultasi ke dokter. Jangan memberikan air dingin, es, atau alkohol untuk meredakan panas.
  • Buatlah anak nyaman dengan menyesuaikan suhu ruangan dengan suhu tubuh anak, baiknya Mama menjaga suhu ruangan antara 18-21 derajat celcius.
  • Ketika tubuh anak panas dan tidak nyaman, Mama bisa mengelap badannya dengan air hangat dan pijat badannya dengan lembut.

3. Penyebab demam pada anak

3. Penyebab demam anak
Freepik/User6529390

Sebelum Mama memeriksakan anak ke dokter, demam yang terjadi pada anak penyebabnya bisa beragam. Oleh karenanya, cek terlebih dahulu mengapa anak Mama demam. Berikut adalah jenis dan penyebab demam pada anak.

Demam di atas 38 derajat celcius

Anak disebut demam apabila suhunya di atas 38 derajat celcius. Anak juga tampak memerah pipinya dan tubuhnya terasa hangat. Bila suhu bayi kurang dari ini, jangan buru-buru menganggapnya demam.

Demam bakteri vs demam virus

Demam karena virus adalah reaksi tubuh saat sedang melawan virus. Demam ini biasanya ketika akan flu, batuk pilek, atau terjadi gangguan pencernaan. Demam karena virus biasanya akan mereda dalam tiga hari.

4. Membedakan demam tumbuh gigi dan tanda penyakit

4. Membedakan demam tumbuh gigi tanda penyakit
Pixabay/Myriams-Fotos

Bagaimana jika anak mama mengalami dema lebih dari sehari? Maka ini yang patut diwaspadai. Demam karena anak tumbuh gigi biasanya tidak berlangsung lama dan demamnya tidak terlalu tinggi. Beberapa penelitian menyebutkan demam karena tumbuh gigi dan gejala penyakit lain bisa dilihat dari seberapa parah kondisi demamnya.

Terus lakukan pemantauan pada anak jika mengalami demam saat tumbuh gigi. Apalagi jika anak menunjukkan gejala seperti hidung tersumbat, bersin, batuk, mencret, muntah, ruam kulit, bisa dipastikan gejala ini mengarah ke suatu penyakit.

Mama bisa menghubungi dokter jika terjadi hal ini terhadap anak:

  • Mengalami demam tinggi di atas 38-38.8 derajat celcius
  • Demam berkelanjutan
  • Anak tampak lesu dan pucat
  • Tidak tenang dan selalu rewel

Itulah tadi rangkuman informasi mengenai mengapa anak demam saat tumbuh gigi. Tumbuh gigi anak kadang menjadi hal yang menarik sekaligus bisa merepotkan bagi sebagian Mama. Pasalnya anak jadi rewel dan sebagai orangtua kadang jadi serba salah. Semoga tidak bingung ya lagi, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.