Waspada Ma! Ini Bahaya Jika Bayi Minum Susu Sambil Tiduran

Meski si Kecil merasa nyaman, ternyata ada dampak buruk memberikan susu sambil tiduran

14 September 2018

Waspada Ma Ini Bahaya Jika Bayi Minum Susu Sambil Tiduran
Freepik

Sebagian dari Mama mungkin terbiasa memberikan susu botol kepada si Kecil saat ia tiduran. Posisi ini mungkin memang membuat si Kecil nyaman, namun tahukah Mama ada efek buruk dari kebiasaan memberikan susu dengan posisi tiduran.

Mama ingin tahu apa saja efek buruk memberikan susu botol sambil tiduran kepada si Kecil? Yuk, simak informasinya disini!

1. Risiko tersedak

1. Risiko tersedak
Freepik/Javier Sánchez Mingorance

Tersedak merupakan salah satu risiko yang bisa dialami si Kecil saat menyusu sambil tiduran. Ini karena bayi belum memiliki kemampuan menelan yang baik. Tersedak bisa menyebabkan cairan susu masuk ke paru-paru sehingga menyebabkan pernapasan terganggu dan bahkan risiko kematian.

2. Merusak gigi

2. Merusak gigi
Freepik/Stockvault

Memberikan susu botol terutama susu formula pada bayi sambil tiduran berisiko menyebabkan gigi bayi alami kerusakan. Hal ini karena dalam posisi tiduran, air susu dapat menggenang atau menempel pada gigi terutama jika bayi sampai tidur. Nah, sisa-sisa susu yang menempel di gigi inilah yang nantinya bisa menyebabkan kerusakan gigi.

Editors' Picks

3. Menyebabkan infeksi telinga

3. Menyebabkan infeksi telinga
babygooroo.com

Memberikan susu pada bayi sambil tiduran bisa meningkatkan risiko bayi alami infeksi telinga. Sebab dalam posisi berbaring, air susu bisa saja kembali berbalik ke tenggorokan lalu mengalir ke telinga bagian tengah. Jika ini terjadi pada si Kecil, maka risiko alami infeksi telinga bisa terjadi.

4. Menyebabkan “ketergantungan”

4. Menyebabkan “ketergantungan”
Pixabay/Tung256

Si Kecil juga bisa jadi “ketergantungan” untuk minum susu dengan posisi tiduran terutama jika usianya sudah batita. Mama ingin tahu alasannya mengapa?

Batita dapat menjadi “ketergantungan” karena dalam posisi ini mereka kerap kali tertidur saat menyusu. Jika ini sudah menjadi kebiasaan, anak bisa menjadi sulit untuk tidur jika tidak melakukan rutinitas ini.

5. Memengaruhi bentuk rahang

5. Memengaruhi bentuk rahang
Pexels/Singkham

Selain dapat merusak gigi, kebiasaan menyusu sambil tiduran juga bisa menyebabkan kelainan bentuk rahang dan mempengaruhi konstruksi gigi susu anak yang baru tumbuh.

Menyusu dengan posisi tiduran, membuat botol susu mendorong gigi depan dan rahang atas anak. Ini akan menyebabkan struktur tulang berubah dan menyebabkan gigi menjadi maju. Hal ini bakal memengaruhi penampilan si Kecil kelak. 

Jadi, mulai sekarang berhenti membiasakan si Kecil menyusu sambil tiduran ya.