Sehat dan Menenangkan, Ini 8 Rekomendasi Essential Oil untuk Bayi

Penggunaan minyak esensial untuk bayi makin meningkat, namun jangan digunakan berlebihan, Ma

27 Juli 2021

Sehat Menenangkan, Ini 8 Rekomendasi Essential Oil Bayi
Unsplash/Kelly Sikkema

Minyak esensial atau essential oil banyak digunakan untuk mengatasi banyak hal seperti stres, nyeri, sakit, dan bahkan perawatan kulit.

Minyak ini merupakan cairan hasil ekstrak dari bagian tanaman tertentu, baik dari daun, bunga, kulit, ataupun batangnya. Contohnya minyak lavender, tea tree, atau mawar. Minyak esensial biasanya memiliki aroma yang lebih kuat dari tumbuhan asalnya.

Dalam beberapa tahun terakhir, penggunaan essential oil pada bayi juga meningkat untuk aromaterapi dan mengatasi masalah kesehatan. Jika digunakan dengan benar, minyak esensial aman dan memberikan beberapa manfaat bagi bayi.

Namun, penggunaan yang tidak tepat atau berlebihan dapat menimbulkan efek buruk. Oleh karena itu, penting untuk berkonsultasi dengan ahli atau praktisi yang paham soal efek sampingnya bagi bayi.

Seorang ahli dapat membantu memilih essential oil yang cocok untuk bayi berdasarkan tujuan penggunaan dan usia serta kondisi kesehatan bayi. Selain itu, mereka dapat memberi Mama informasi mengenai dosis yang disarankan dan cara penggunaan yang tepat.

Untuk membantu Mama memilih, Popmama.com merangkum beberapa rekomendasi essential oil untuk bayi dan kegunaannya.

1. Belli To Baby Sweet Orange

1. Belli To Baby Sweet Orange
Shopee

Bakteri dan virus yang tidak kasat mata dapat membuat bayi terinfeksi. Meski sudah bersih, bayi masih mungkin terkena virus dan bakteri.

Mama dapat mengoleskan minyak esensial pada pakaian, selimut, dan bantal bayi. Dengan aroma jeruk yang segar, essential oil untuk bayi dari Belli To Baby ini juga membantu mencegah inflamasi pada kulit bayi.

Harga Rp 198.000.

2. Bonnels Essential Oil Deep Sleep

2. Bonnels Essential Oil Deep Sleep
Bonnels.id

Tidur berkualitas sangat penting untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan optimal bayi. Untuk membantu bayi tidur lebih nyenyak, Mama dapat menggunakan essential oil untuk bayi. Salah satunya adalah produk dari Bonnels.

Teteskan 3–5 tetes minyak ke dalam diffuser berisi 100 ml air. Mama juga bisa mengoleskan sedikit minyak esensialini pada telapak kaki bayi sebelum tidur agar tidur lebih nyenyak.

Harga Rp 198.000.

    3. Botanina Cold & Flu Baby & Kid Aromatherapy Spray

    3. Botanina Cold & Flu Baby & Kid Aromatherapy Spray
    Shopee

    essential oil untuk bayi ini bermanfaat untuk melegakan saluran pernapasan, antibakteri, antijamur, dan antivirus. Namun perlu diperhatikan bahwa minyak ini digunakan untuk bayi mulai usia enam bulan ya, Ma.

    Selain itu, Mama juga dapat menyemprotkannya ke pakaian, bantal, sofa, atau car seat. Cukup 1-2 kali semprot saja.

    Harga Rp 110.000.

    Editors' Picks

    4. Calmy Telon Plus

    4. Calmy Telon Plus
    Shopee.co.id

    Sistem pencernaan bayi belum sempurna, ini menjadi alasan mengapa si Kecil mudah mengalami diare, kembung, atau pun kolik. Essential oil yang telah dicampur menjadi minyak telon dari Calmy ini dapat membantu mengatasi kolik pada bayi.

    Cara penggunaannya pun mudah, cukup oleskan di bagian perut, dada, punggung, dan kaki bayi, lalu pijat lembut. Minyak telon juga sering digunakan oleh para Mama agar tubuh bayi tetap hangat, terutama setelah mandi.

    Selain untuk kolik dan membuat tubuh tetap hangat, Calmy Telon Plus juga dapat digunakan untuk mengobati ruam, gatal, dan bekas gigitan serangga.

    Harga Rp 83.000

    5. Cessa Natural Fever Drop

    5. Cessa Natural Fever Drop
    Instagram.com/cessa.official

    Essential oil untuk bayi yang terbuat dari ekstrak bunga mawar ini membantu meredakan demam dan menghindari kejang akibat suhu tubuh yang tinggi.

    Dijual di pasaran dalam bentuk roll on, Mama cukup mengoleskan essential oil ini ke beberapa bagian tubuh bayi sambil memijatnya dengan lembut.

    Namun jika demam tidak mereda, segera bawa si Kecil ke dokter, Ma.

    Harga Rp 35.000.

    6. Cough and Flu Relief Syiir Essential Oil

    6. Cough and Flu Relief Syiir Essential Oil
    Shopee

    Flu dan batuk merupakan salah satu penyakit yang sering dialami oleh bayi. Apalagi batuk berkepanjangan, tentu membuat Mama khawatir.

    Jika batuk dan flu tidak parah, Mama dapat membuat bayi merasa lebih nyaman dengan menggunakan minyak esensial. Salah satunya adalah essential oil untuk bayi dari Syiir.

    Campuran eucalyptus, lemon, dan peppermintoil, membuat bayi dapat bernapas dengan lega dan nyaman.

    Harga Rp 189.000.

    7. Econic Irritation Free

    7. Econic Irritation Free
    Shopee.co.id

    Kulit bayi sensitif, salah satu yang sering dialami adalah biang keringat atau pun ruam popok. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan mengggunakan essential oil.

    Essential oil untuk bayi keluaran Econic ini dapat membantu mengatasi ruam pada kulit bayi. Econic Irritation Free tersedia dalam bentuk spray. Sehingga mudah digunakan, tinggal semprotkan pada bagian kulit bayi yang bermasalah.

    Selain untuk mengatasi iritasi, minyak ini juga dapat digunakan untuk memijat si Kecil.

    Harga Rp 135.000.

    8. Mommytime Baby Essential Oil Lavender

    8. Mommytime Baby Essential Oil Lavender
    Instagram.com/mommytime.id

    Terbuat dari minyak lavender murni dengan harum yang menenangkan. Lavender juga terkenal akan kemampuannya menghalau nyamuk, Ma. Jadi, selain menenangkan, minyak ini pun dapat mencegah gigitan nyamuk.

    Selain untuk efek menenangkan, minyak ini juga dapat digunakan untuk memijat bayi. Jangan lupa dicampur dengan baby oil dulu sebelum digunakan untuk memijat.

    Harga Rp 270.000.

    Itulah beberapa rekomendasi essential oil untuk bayi. Meski dapat memberikan manfaat kesehatan, hindari penggunaannya secara berlebihan, Ma. Apakah Mama menggunakan essential oil untuk si Kecil di rumah?

    Baca juga:

    Tanya Ahli

    Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

    Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.