Ayo Cek! Apakah si Kecil Punya 7 Tanda Bayi Cerdas Ini

Apa saja ciri-ciri bayi cerdas?

8 Januari 2019

Ayo Cek Apakah si Kecil Pu 7 Tanda Bayi Cerdas Ini
Freepik/user6014584

Setiap orangtua pasti sangat senang mengetahui kalau bayi mereka cerdas. Bagaimanakah tanda-tanda kalau seorang bayi disebut cerdas?

Dengan mengetahui tanda-tandanya, Mama dapat mengajar dan mengarahkan pada hal-hal yang baik yang dapat meningkatkan kecerdasannya.

Apa saja ciri-cirinya kalau bayi Mama cerdas? Simak ulasan berikut.

1. Melewati tahapan tumbuh kembang/milestone lebih cepat dibanding bayi seumurnya

1. Melewati tahapan tumbuh kembang/milestone lebih cepat dibanding bayi seumurnya
Pexels/Henley Design Studio

Mama pasti tahu bahwa milestone bayi adalah cara yang signifikan untuk mengatakan jika bayi berada di jalur dengan pertumbuhan fisik, kognitif dan emosional mereka.

Namun, jika bayi Mama mencapai tonggak ini lebih awal dari teman sebayanya, maka ini bisa menjadi salah satu tanda bayi yang cerdas. Misalnya, bayi yang berumur tiga bulan sudah duduk sendiri. Atau ketika berumur 10 bulan sudah bisa mengucapkan beberapa kata dengan jelas.

2. Memiliki fokus yang sangat baik

2. Memiliki fokus sangat baik
Pixabay/2081671

Bayi dan anak-anak kecil terkenal karena rentang perhatian pendek mereka.  Luangkan waktu 15 menit dan beri mainan. Biasanya bayi hanya akan bertahan selama beberapa menit saja dan beralih ke mainan lainnya.

Namun, salah satu tanda bayi yang cerdas adalah mereka dapat fokus pada sesuatu, misalnya mainan, untuk waktu yang lama pada usia yang sangat dini, biasanya sebelum usia enam bulan.

Sebagai contoh, Mama mungkin melihat bayi berusia lima bulan fokus saat bermain dengan balok kayu tanpa terganggu. Atau dia mungkin duduk tenang Mama membaca seluruh buku, bahkan menunjuk gambar favorit mereka atau membalik halaman.

Tips: Terus dorong untuk bermain dengan permainan seperti balok dan puzzle. Cobalah memberi bayi karpet berbentuk puzzle yang besar dan berwarna-warni untuk merangsang dan mendorong fokus mereka. Dan seperti biasa, teruslah membaca!

3. Suka memecahkan masalah

3. Suka memecahkan masalah
Freepik/Peoplecreations

Jika bayi menunjukkan tanda-tanda pada bayi yang cerdas, maka jangan berharap dia akan mudah menyerah! Dengan kemampuan fokus yang ekstrem, bayi cerdas dikaruniai keterampilan memecahkan masalah yang luar biasa.

Contohnya, Mama menyimpan makanan kecil favoritnya di lemari, si kecil kemungkinan akan menemukan cara yang cerdas untuk mencapai makanan tersebut.

Dan sementara semua bayi menunjukkan keterampilan memecahkan masalah sesuai dengan milestone, seorang bayi cerdas akan menunjukkan keterampilan ini jauh lebih awal daripada teman sebayanya.

Tips: Untuk mendorong keterampilan memecahkan masalah, buatlah "tantangan" mudah. Misalnya, Mama dapat membuat labirin mini dari bantal atau guling dan menempatkan mainan di tengah. Kemudian bersoraklah pada bayi saat mereka mencari jalan melalui labirin ini untuk menemukan mainan.

Editors' Picks

4. Menikmati kesendirian

4. Menikmati kesendirian
Pexels/J Carter

Kita tahu bahwa bayi adalah manusia kecil yang mudah bergaul dan jarang ingin ditinggal sendirian. Namun, salah satu tanda bayi yang cerdas adalah mereka sering lebih suka sendiri.

Mama akan melihat bayi dengan sangat senang bermain sendiri. Atau mungkin lebih suka ditemani anak-anak yang lebih tua daripada anak-anak sebaya mereka, untuk stimulasi emosional dan intelektual yang sedikit lebih maju.

Tips: Ingatlah untuk tidak memaksa bayi untuk bermain dengan bayi lain jika mereka tidak suka. Tetapi pada saat yang sama, Mama dapat mendorong bayi Anda untuk bermain bersama teman-temannya, sehingga pengembangan keterampilan sosial tidak diabaikan.

5. Sangat penasaran

5. Sangat penasaran
Pixabay/BenKerckx

Ya, bayi bisa penasaran hal-hal kecil. Tetapi salah satu tanda bayi yang cerdas (sangat luar biasa) adalah bahwa pertanyaan mereka juga luar biasa. Pertanyaan mereka bisa sangat rumit sehingga membuat Mama bingung.

Tips: Terkadang pertanyaan bisa mengganggu Mama, misalnya jika diajukan ketika Mama sedang sibuk. Tetapi cobalah untuk memberikan jawaban yang benar. Bersama dengan bayi Mama belajar adalah hal yang mengasyikkan, tidak ada kata terlalu tua atau muda untuk belajar.

6. Berat badan lahir di atas rata-rata

6. Berat badan lahir atas rata-rata
Pixabay/Smpratt90

Hasil penelitian yang dilakukan oleh Trine Flensborg-Madsen dan Erik Lykke Mortensen di University of Copenhagen, ditemukan korelasi antara berat badan bayi saat dilahirkan dengan IQ. Bayi dengan berat badan saat lahir di atas rata-rata cenderung memiliki IQ yang lebih tinggi.

Sementara itu, lanjutkan memelihara otak bayi dengan ASI hingga mereka mencapai usia enam bulan, dan dengan makanan otak seperti alpukat dan ikan begitu mereka mulai makanan padat.

7. Selalu waspada

7. Selalu waspada
Freepik/v.ivash

Salah satu tanda awal bayi yang cerdas adalah tingkat kewaspadaan yang tinggi. Bayi cerdas juga sangat sadar akan lingkungan dan orang-orang yang mereka sayangi, dengan cepat mengenali dan terikat dengan anggota keluarga.

Mereka akan melakukan kontak mata dengan Mama sejak dini dan membalas dengan senyum atau tanda-tanda pengakuan lainnya, seperti mencium, memegang muka, atau memukul kecil.

Tips: Tingkat kewaspadaan tinggi pada bayi mungkin dapat menyebabkan mereka lebih sulit tidur karena rangsangan lingkungan. Atasi ini dengan menciptakan lingkungan tidur yang tenang, gelap dan aman. Buat rutinitas sebelum tidur (memberi makan, mandi, cerita, tidur) untuk menenangkan bayi yang sangat waspada.

Nah, Mama sekarang bisa mencari kegiatan untuk bayi supaya dapat meningkatkan kecerdasannya.

Baca juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!