Dikenal Sebagai Superfood, Bolehkah Bayi Makan Chia Seeds?

Berpikir memberikan chia seeds untuk si Kecil? Eits, ketahui dulu faktanya

31 Oktober 2021

Dikenal Sebagai Superfood, Bolehkah Bayi Makan Chia Seeds
Freepik/devmaryna

Menginjak usia enam bulan, bayi Mama sudah diperbolehkan untuk mengonsumsi MPASI pertamanya. Inilah saat-saat di mana bukan hanya bayi, melainkan juga Mama yang mengeksplorasi tahapan ini lewat berbagai bahan makanan sehat untuk diperkenalkan pada bayi. 

Bicara soal makanan sehat, beberapa tahun belakangan ini chia seeds sangat populer sebagai salah satu super food. Bolehkah bayi makan chia seeds dan apa manfaatnya? Berikut ini Popmama.com merangkum informasi gizi di balik chia seeds, dilansir dari Solid Start:

Kapan Bayi Boleh Mengonsumsi Chia Seeds?

Kapan Bayi Boleh Mengonsumsi Chia Seeds
Freepik/Azerbajian_stockers

Chia seeds dapat diperkenalkan pada bayi ketika ia sudah siap makan makanan padat pertamanya. Di usia enam bulan bayi sudah bisa mengonsum si chia seeds yang dicampurkan dalam bubur halus atau bisa disajikan dalam bentuk puding yang dibuat dari campuran ASI, susu formula, atau jenis susu lain yang bisa dikonsumsi oleh bayi usia enam bulan. 

Editors' Picks

Manfaat Kesehatan Chia Seeds untuk Bayi

Manfaat Kesehatan Chia Seeds Bayi
Pxhere/ Monfocus

Chia seeds yang kecil mungil ini ternyata punya kandungan nutrisi yang luar biasa. Biji ini adalah sumber nabati terkaya untuk asam lemak omega-3. Asam lemak omega-3 diperlukan tubuh untuk memberi tenaga pada aliran darah bayi, pertumbuhan sel, penglihatan, dan sistem saraf. 

Chia seeds juga merupakan sumber protein lengkap dan serat larut yang membantu mendiversifikasi mikrobioma serta membantu fungsi usus bayi. 

Kandungan lain dalam chia seeds adalah vitamin K, magnesium, mangan, fosfor, selenium, vitamin B6, serta vitamin B3. 

Apakah Chia Seeds Berpotensi Alergen?

Apakah Chia Seeds Berpotensi Alergen
Freepik

Meskipun alergi chia seeds sangat jarang terjadi, ada beberapa penelitian terbatas yang menunjukkan bahwa orang dengan alergi wijen mungkin juga alergi terhadap chia seeds. Jika si Kecil memiliki riwayat keluarga alergi wijen atau mencurigai ia punya alergi tersebut, konsultasikan dengan dokter sebelum memperkenalkan chia seeds. 

Seperti semua makanan baru, jika Mama siap untuk memperkenalkan chia seeds, mulailah dengan menyajikan sedikit chia seeds yang telah direndam sebelumnya untuk beberapa kali pertama dan perhatikan baik-baik. Jika tidak ada reaksi merugikan, secara bertahap tingkatkan jumlah yang disajikan untuk waktu makan berikutnya.

Apakah Chia Seeds Berpotensi Membuat Bayi Tersedak?

Apakah Chia Seeds Berpotensi Membuat Bayi Tersedak
Freepik

Meskipun bukan penyebab umum tersedak, penyajian chia seeds terbaik adalah dengan menggiling atau merendam chia seeds selama 30 menit sebelum disajikan pada bayi. Chia seeds mudah mengembang saat bersentuhan dengan kelembapan, termasuk air liur. 

Pastikan untuk menghancurkan gumpalan chia seeds yang mengembang agar bayi lebih mudah menelannya. Khusus untuk bayi yang didiagnosis dengan disfagia dan gangguan menelan, konsultasikan dengan dokter atau terapis makan sebelum menyajikan chia seeds pada si Kecil. 

Seberapa Banyak Chia Seeds Boleh Dikonsumsi Bayi

Seberapa Banyak Chia Seeds Boleh Dikonsumsi Bayi
Pxhere/ ValeriaJa

Chia seeds kaya akan serat. Karenanya, para ahli merekomendasikan untuk memperkenalkannya secara bertahap agar pencernaan bayi terbiasa. Dimulai dengan menaburkan sedikit di atas bubur, kemudian bertahap tingkatkan takaran dan variasikan penyajiannya. Umumnya chia seeds cukup diberikan sekitar 1-2 sendok teh per hari untuk mencegah kelebihan yang justru tidak baik bagi pencernaannya. 

Konsultasikan pemberian chia seeds untuk bayi dengan dokter terlebih dahulu ya, Ma, untuk menghindari risiko yang mungkin saja timbul akibat konsumsinya. Semoga informasi ini bermanfaat!

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.