Enak Bergizi, Inilah 5 Manfaat Kacang Merah untuk MPASI Bayi

Kecil bentuknya, tinggi nutrisinya

7 Agustus 2020

Enak Bergizi, Inilah 5 Manfaat Kacang Merah MPASI Bayi
Pixabay/Insideout1

Dalam menyajikan MPASI, bukan hanya masalah rasa yang yang perlu Mama pertimbangkan. Melainkan juga kandungan gizi dan tekstur yang sesuai dengan tahapan perkembangan bayi. Salah satu bahan makanan yang lazim disajikan sebagai MPASI adalah kacang merah.

Kacang merah kaya akan nutrisi. Dalam 50 gram kacang merah, mengandung sekitar 70-100 kalori. Di dalamnya termasuk protein, karbohidrat, serat, lemak, kalsium, hingga folat. Nutrisi-nutrisi ini diperlukan si Kecil untuk mendukung tumbuh-kembangnya. 

Berikut Popmama.com merangkum lima manfaat kacang merah untuk MPASI bayi:

1. Mendukung pembentukan tulang dan gigi

1. Mendukung pembentukan tulang gigi
Freepik/Rawpixel.com

Kacang merah mengandung magnesium, fosfor, dan juga kalsium. Ketiganya merupakan 'bahan bakar' penting untuk pembentukan tulang dan gigi. Dalam secangkir kacang merah seberat 25 gram, mengandung 10 persen kebutuhan kalsium dan 50 persen kebutuhan magnesium harian bayi.
 

Editors' Picks

2. Kaya protein

2. Kaya protein
Pixabay/PublicDomainPictures

Protein dalam kacang merah cukuplah tinggi. Kandungan protein ini bermanfaat untuk pembentukan sel dan jaringan organ tubuh. Bayi mama memerlukan protein untuk tumbuh-kembangnya serta memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak agar daya tahan tubuhnya semakin kuat.

3. Tinggi serat

3. Tinggi serat
livestrong.com

Serat diperlukan bayi untuk melancarkan kinerja saluran pencernaan. Kacang tanah salah satu sumber serat yang baik untuk MPASI bayi. Selain itu, kacang merah juga mengandung prebiotik. Prebiotik mendukung kinerja fungsi bakteri baik dalam usus untuk memperbaiki fungsi pencernaan.
 

4. Meningkatkan kinerja otak

4. Meningkatkan kinerja otak
livestrong.com

Nutrisi dalam kacang merah sangatlah tinggi. Protein, vitamin, mineral, dan kolin merupakan komponen-komponen penting yang berperan dalam meningkatkan kinerja otak bayi. Dengan rutin mengonsumsi kacang merah, maka tumbuh-kembang otak bayi pun menjadi lebih optimal.

5. Mencegah anemia

5. Mencegah anemia
livestrong.com

Bayi sangat rentan mengalami defisiensi zat besi yang mengakibatkan anemia. Oleh karenanya ia membutuhkan zat besi dan folat untuk memproduksi sel darah merah yang cukup. Dengan mengonsumsi kacang merah secara teratur, maka dapat menurunkan risiko bayi mengalami anemia.

Itulah dia lima manfaat kacang merah untuk MPASI bayi. Olah kacang merah hingga empuk dan jika usia bayi masih cukup kecil untuk menelan, bisa dihaluskan untuk menghindari bahaya tersedak. Semoga informasi ini bermanfaat!

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.