5 Kelompok Makanan Super untuk Tingkatkan Imunitas Bayi

Di masa pandemi ini, bayi mama perlu makanan yang bervariasi untuk kekebalan tubuhnya

13 Oktober 2020

5 Kelompok Makanan Super Tingkatkan Imunitas Bayi
Freepik/Prostooleh

Di masa pandemi ini, penting membekali diri dengan nutrisi yang lengkap untuk menjaga kesehatan. Bukan hanya bagi orang dewasa dan anak-anak, melainkan juga untuk bayi dan balita mama. 

Pola makan bayi dan balita memang harus diperhatikan karena harus memenuhi kebutuhan protein, antioksidan, dan vitamin yang diperlukan tubuh untuk tumbuh-kembang dan perisai dari berbagai serangan penyakit.

Berikut ini Popmama.com merangkum daftar makanan super untuk meningkatkan daya tahan tubuh bayi, dilansir dari The Health Site:

1. Telur

1. Telur
Freepik/Spams

Direbus, didadar, diceplok, atau diorak-arik, olahan telur memang menjadi pilihan yang praktis dan menyehatkan bagi bayi dan balita. Telur adalah sumber protein kelas satu. Bahkan, kuning telur merupakan sumber vitamin dan mineral penting untuk si Kecil. Konsumsi kuning telur secara teratur dalam batas wajar dapat memenuhi kebutuhan antioksidan yang diperlukan tubuh.

Editors' Picks

2. Buah berry

2. Buah berry
Freepik/ikrolevetc

Tak peduli apapun jenisnya, entah itu strawberry, blueberry, atau pun murbei, buah-buahan berry ini punya kandungan nutrisi yang tinggi. Buah jenis berry dikenal sebagai buah yang mengandung antioksidan tinggi dan baik untuk mencegah peradangan tubuh. Campurkan buah-buahan ini ke dalam menu harian si Kecil melalui smoothies, diblender dengan susu, atau pun menjadi camilan sehat.

3. Tiram

3. Tiram
Freepik/dashu83

Di antara makanan laut yang lain, mungkin tiram tak begitu populer di Indonesia. Tetapi, hewan laut yang memiliki cangkang ini tinggi akan kandungan seng. Seng sangat penting dalam membantu meningkatkan kekebalan tubuh, membangun protein, fungsi sel, dan juga perbaikan DNA. Pastikan si Kecil tidak memiliki alergi terhadap makanan laut sebelum mengonsumsinya ya, Ma.

4. Sayuran kelompok Cruciferous

4. Sayuran kelompok Cruciferous
Freepik/brgfx

Sayuran dari kelompok Brassicaceae atau kerap disebut Cruciferae merupakan keluarga kubis-kubisan yang menyehatkan. Jenis sayuran dalam keluarga ini antara lain kembang kol, brokoli, kubis merah, pokcoy, lobak, kale, hingga Brussels sprouts. Sayuran dalam kelompok ini tinggi vitamin dan mineral, antara lain folat dan vitamin K. Selain itu, memiliki sifat anti-kanker dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

5. Yoghurt

5. Yoghurt
Freepik/nensuria

Yoghurt merupakan olahan susu yang terkenal mampu menunjang kesehatan berbagai kalangan usia. Probiotik yang terkandung di dalam yoghurt tergolong tinggi. Bakteri baik ini melawan dan menghentikan perkembangan bakteri jahat di dalam pencernaan. Dengan konsumsi teratur, maka kesehatan pencernaan bayi pun terjaga dan dijauhkan dari infeksi-infeksi yang menyerang pencernaannya.

Itulah lima makanan super untuk meningkatkan daya tahan tubuh bayi. Selain lima makanan di atas, penting bagi Mama untuk senantiasa menyediakan makanan yang beragam untuk si Kecil. Mulai dari sayuran berwarna-warni, buah-buahan, kacang dan biji-bijian, hingga protein hewani.

Dengan makanan yang variatif, maka kebutuhan gizi dan nutrisi bayi pun akan semakin lengkap.

Semoga informasi ini menginspirasi ya, Ma. 

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.