Perkembangan Bayi Usia 11 Bulan 1 Minggu: Saatnya Mempertajam Nalar

Seperti apa perkembangan bayi usia 11 bulan 1 minggu? Ingatan si Kecil semakin kuat sekarang

27 September 2019

Perkembangan Bayi Usia 11 Bulan 1 Minggu Saat Mempertajam Nalar
safebee.com

Di usia jelang 1 tahun ini, ucapan dan kata-kata yang keluar dari mulut si Kecil semakin jelas mendekati bentuk kata sesungguhnya. Otaknya terus berkembang, begitu pula kemampuan nalar dan bicaranya. Dorong kemampuan ini dan tanggapi secara dua arah agar ia semakin bersemangat. Mainkan permainan seperti cilukba juga bisa memperkuat ingatan dan responnya. 

Pada usia ini, bayi Mama mungkin akan menirukan suara dan kosa kata Mama. Mama bisa memberikan petunjuk sederhana, misalnya, "Tolong bawakan bolanya ke sini" atau "Ambilkan sendoknya." Pelajari cara memisahkan perintah kompleks menjadi langkah-langkah tunggal yang mudah diikuti dan diiringi dengan petunjuk gestur.

Editors' Picks

Kehidupan Orangtua: Menyepakati Cara Mendisiplinkan Anak

Kehidupan Orangtua Menyepakati Cara Mendisiplinkan Anak
Pixabay/sathyatripodi

Tiap orangtua membawa latar belakang pengasuhan yang berbeda-beda. Jelang usia anak-anak ini, Mama dan Papa perlu menyepakati pola asuh dan kedisiplinan anak. Perbedaan pola asuh antara Mama dan Papa adalah hal yang baik, dan penting untuk saling menghormati dan menghargai.

Memiliki pendapat kuat masing-masing adalah hal yang baik. Itu artinya baik Mama maupun Papa peduli tentang bagaimana bayi diajarkan berperilaku dan didisplinkan, serta kontribusi masing-masing orangtua dalam proses itu.

Jika salah satu merasa tidak setuju dengan metode atau aturan tertentu, lebih baik bicarakan secara terbuka ketimbang mengkritik, melemahkan pendapat satu sama lain atau diam-diam kesal terhadap pasangan. Jelaskan kekhawatiran Anda dan jangan menghakimi ide-ide pasangan Anda. Sampaikan bahwa perlunya orangtua sepakat dan konsisten dengan cara yang sama agar mendisiplinkan anak bisa berjalan lebih efektif.

Ingatlah, tiap anak punya pribadi yang unik, yang berbeda karakternya satu sama lain. Strategi pengasuhan pun telah berubah sejak Anda masih anak-anak. Di masa sekarang, mungkin ada strategi-strategi baru yang lebih efektif yang tidak Anda sadari.
 

Bersiap untuk Pelatihan Toilet (Potty Training)

Bersiap Pelatihan Toilet (Potty Training)
Pxhere

Banyak pertanyaan dari orangtua, apakah jelang usia satu tahun ini bayi perlu diajarkan pelatihan toilet? Jawabannya: belum. Sebaiknya tunggu sampai usia anak 18 hingga 24 bulan, saat kontrol kandung kemih anak lebih bisa terkendali.

Banyak ahli berpendapat, sesungguhnya secara periode perkembangan, anak akan secara alami siap melakukan pelatihan toiletnya sendiri. Ada beberapa tanda yang menunjukkan si Kecil siap melakukan pelatihan toilet:

  • Frekuensi buang air yang cukup teratur dan bisa diprediksi,
  • kemampuan menunggu setidaknya dua jam untuk buang air kecil,
  • kemampuan untuk benar-benar mengosongkan kandung kemih saat buang air kecil,
  • mampu membantu Mama menarik celananya ke atas-bawah sendiri,
  • bisa naik dan turun dari toilet atau kursi toilet,
  • pemahaman kata-kata terkait toilet,
  • kemampuan mengikuti instruksi sederhana.

Dalam hal kesiapan emosional, lihatlah tandanya saat anak mulai sadar tentang popoknya. Misalnya, dengan berjongkok di sudut ruangan, atau memberitahu Mama dengan kata-kata dan gerak tubuh bahwa ia sedang buang air kecil atau buang air besar. Dengan tanda ini, beberapa anak di usia 11 bulan dianggap sudah siap mempelajari pelatihan toilet.

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.