TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Jenis Vaksin yang Bisa Didapat di BIAN Pulau Jawa dan Bali

Yuk, segera lengkapi imunisasi anak di Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) 2022!

19 Agustus 2022

Jenis Vaksin Bisa Didapat BIAN Pulau Jawa Bali
Freepik/freepik

BIAN atau Bulan Imunisasi Anak Nasional merupakan program yang dicanangkan oleh Kementerian Kesehatan untuk memberikan imunisasi untuk anak-anak yang sebelumnya sempat tertunda akibat pandemi Covid-19.

BIAN tahap I telah dilaksanakan pada Mei 2022 di wilayah Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku dan Papua, dan kini program BIAN tahap II dilaksanakan selama Agustus 2022 di Pulau Jawa dan Bali.

Program BIAN tahap II ini diperuntukkan untuk bayi mulai dari usia 9 bulan hingga 59 bulan yang tidak atau belum lengkap mendapatkan imunisasi. Lalu, jenis vaksin apa saya yang bisa diperoleh anak dari program BIAN ini?

Nah, berikut Popmama.com telah merangkum jenis vaksin yang bisa didapat di BIAN Pulau Jawa dan Bali.

Sasaran Pelaksanaan Imunisasi BIAN Tahap II

Sasaran Pelaksanaan Imunisasi BIAN Tahap II
Pexels/CDC

Berdasarkan petunjuk teknis yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan, sasaran pelaksanaan imunisasi BIAN tahun 2022 tahap II, yaitu:

  • Tambahan imunisasi campak rubela untuk anak-anak berusia 9 bulan hingga 59 bulan di DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.
  • Pemberian imunisasi kejar (pemberian vaksin lebih dari satu) untuk anak usia 12 bulan hingga 59 bulan yang tidak atau belum lengkap mendapatkan imunisasi OPV, imunisasi IPV, dan imunisasi DPT-HB-Hib di seluruh provinsi.

  • Tidak akan ada pemberian imunisasi tambahan campak-rubela untuk anak-anak di Provinsi Bali dan Daerah Istimewa Yogyakarta, namun akan tetap ada pelaksanaan imunisasi kejar.

Jenis Vaksin yang Bisa Didapatkan dari Program BIAN

Jenis Vaksin Bisa Didapatkan dari Program BIAN
Freepik/freepik

Jenis imunisasi yang bisa didapatkan dari program BIAN tahap II adalah sebagai berikut:

  • Vaksin Pentavalen

Vaksin pentavalen merupakan gabungan dari 5 antigen, yaitu DPT (Difteri, Pertusis dan Tetanus), Hepatitis B, serta HiB. Kelima antigen tersebut diberikan dalam satu suntikan sehingga menjadi lebih efisien, tidak menambah jumlah suntikan pada anak sehingga memberikan kenyamanan bagi si Kecil yang mendapat imunisasi beserta ibunya. Untuk anak usia 18 bulan ke atas, lokasi penyuntikannya adalah pada lengan atas. Sementara usia 18 bulan ke bawah di paha.

  • Vaksin Polio OPV dan IPV

OPV atau Oral Polio Vaccine adalah virus polio yang dilemahkan. Vaksin yang diberikan secara oral ini berfungsi agar tubuh membentuk antibodi untuk melawan infeksi virus polio. Adapun dosis yang diberikan adalah sebanyak dua tetes.

Sementara vaksin IPV atau Inactivated Poliovirus Vaccine adalah virus polio yang dimatikan. Vaksin IPV diberikan secara intramuskular. Untuk anak usia di bawah 18 bulan, disuntikkan pada paha si Kecil. Sementara 18 bulan ke atas di lengan atas.

  • Vaksin Campak-Rubella

Vaksin ini dapat memberikan perlindungan bagi si Kecil terhadap penyakit campak dan rubella, Ma. Vaksin ini diberikan secara intramuskular pada lengan atas si Kecil.

Cara Mendaftar BIAN dan Lokasi Imunisasi BIAN di Jakarta

Cara Mendaftar BIAN Lokasi Imunisasi BIAN Jakarta
Pexels/PhotoMIX Ltd

Bagi Mama yang berdomisili di Jakarta, Mama bisa mendaftarkan si Kecil untuk mendapat imunisasi dari program BIAN melalui aplikasi JAKI - Jakarta Kini.

Cara mendaftar akun JAKI

  • Buka aplikasi Play Store atau App Store.
  • Cari aplikasi “Jakarta Kini” (JAKI), lalu unduh.
  • Setelah berhasil diunduh, ketuk ikon ‘Profil’ pada pojok kanan bawah.
  • Pilih alamat email yang ingin didaftarkan.
  • Ketik username yang ingin digunakan.
  • Ketuk ‘Edit Profil’ untuk melengkapi data akun JAKI kamu.
  • Terakhir, jangan lupa lakukan aktivasi akun JAKI di alamat email yang Mama gunakan.

Cara daftar imunisasi anak melalui aplikasi JAKI

  • Buka aplikasi JAKI dan masuk ke halaman utama.
  • Pilih banner "Bulan Imunisasi Anak Nasional 2022" di atas halaman utama.
  • Masuk ke halaman "Formulir Bulan Imunisasi Anak Nasional 2022".
  • Isi kolom yang kosong dengan data diri, termasuk warga negara, nomor identitas anak, nama anak, status imunisasi, jenis kelamin, tempat dan tanggal lahir, nama ibu, nomor identitas ibu, dan data diri orangtua. Pilih lokasi sentra vaksinasi.
  • Pilih tanggal kedatangan dan sesi yang tersedia. Perlu diketahui khusus lokasi imunisasi di mal atau pusat perbelanjaan, waktu imunisasi akan mengikuti jam operasional mal atau pusat perbelanjaan, yaitu mulai pukul 10.00 WIB.
  • Tap "Daftar" dan terima pesan konfirmasi bahwa pendaftaran sudah berhasil.

Di Jakarta, BIAN diadakan di beberapa tempat, seperti:

  • Fasilitas pelayanan kesehatan. Puskesmas dan puskesmas pembantu, rumah sakit pemerintah, rumah sakit swasta, rumah sakit atau klinik TNI dan Polri, klinik, praktik dokter swasta, tempat praktik bidan mandiri.
  • Fasilitas pelayanan kesehatanlainnya. Sementara itu, layanan BIAN di pos pelayanan imunisasi dapat ditemukan pada: pos pelayanan di sekolah atau satuan pendidikan, atau pesantren; dan pos pelayanan komunitas yang meliputi posyandu, lapangan, drive thru, imunisasi mobile menggunakan mobil puskesmas keliling atau lainnya, serta pasar dan mal.

Itu tadi mengenai jenis vaksin yang bisa didapat di BIAN pulau Jawa dan Bali. Apakah Mama dan si Kecil sudah mengikuti program ini?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk