TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Keren! Mahasiswa ITB Terpilih Membuat Poster Film Disney Turning Red

Kisah inspiratif ini bisa jadi motivasi untuk anak-anak nih, Ma!

25 April 2022

Keren Mahasiswa ITB Terpilih Membuat Poster Film Disney Turning Red
Instagram.com/emmanuelle.elizabeth

Kabar membanggakan datang dari salah satu anak muda Indonesia asal Bandung yakni Emmanuelle Elizabeth atau yang lebih akrab disapa Emma. Ia baru saja terpilih menjadi ilustrator official poster film animasi bergengsi Disney 2022, Turning Red. Garapan poster milik Emma kini telah resmi dirilis oleh Disney Pixar melalui akun Instagram dan Twitternya. 

Hal ini menunjukkan bahwa anak-anak Indonesia sangatlah berbakat. Apalagi jika ia selalu diarahkan dalam bidang sesuai kemampuannya. Sama halnya dengan Emma. Ia yang suka sekali dengan dunia gambar kini sedang menempuh pendidikan di program studi Desain Komunikasi Visual pada Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) ITB. 

Sambil belajar, ia sering mengasah kemampuan menggambarnya dengan berpartisipasi menjadi ilustrator di berbagai tempat, salah satunya Disney.

Tentunya sudah banyak sekali yang tidak sabar ingin tahu proses Emma meraih prestasi membanggakan ini. Maka dari itu, berikut ini Popmama.com telah merangkum informasinya untuk Mama. Simak yuk! 

Editors' Picks

1. Kisah Emmanuelle yang terpilih sebagai ilustrator Disney. Ternyata telah menghasilkan banyak karya!

1. Kisah Emmanuelle terpilih sebagai ilustrator Disney. Ternyata telah menghasilkan banyak karya
Instagram.com/emmanuelle.elizabeth

Emma sangat suka menonton film-film Disney sejak kecil. Menurutnya, film-film tersebut membuatnya lebih semangat menjalani hidup. Bahkan, bukan hanya sebagai hiburan, film animasi Disney yang ia tonton ternyata juga menginspirasinya dalam membuat karya. 

“Salah satunya emang yang paling menginspirasi aku itu film-film Disney yang sudah jadi kesenanganku sejak kecil. Entah kenapa aku selalu merasa semangat hidup banget tiap abis nonton film Disney,” ujar Emmanuelle.

Maka tak heran jika ia menghasilkan karya animasi tak terduga. Hal ini terlihat dalam unggahan gambar-gambar miliknya di akun Instagram @Emmanuelle.Elizabeth. 

Kreativitas, imajinasi, dan bakat menggambarnya itu mengantarkan Emma mendapat berbagai kesempatan untuk menjadi ilustrator di berbagai tempat. Mulai dari ilustrator buku dongeng di Little Quokka, ilustrator kalender Ayo Dongeng Indonesia, dan masih banyak lainnya.

2. Langsung ditunjuk langsung oleh Disney untuk membuat poster Turning Red

2. Langsung ditunjuk langsung oleh Disney membuat poster Turning Red
Instagram.com/emmanuelle.elizabeth

Semua perjuangan Emma tersebut akhirnya membuat kemampuan menggambarnya menjadi lebih baik lagi. Hal itu juga membuatnya lebih dikenal oleh banyak orang. Tak heran jika akhirnya Tim Disney menemukannya dan memintanya untuk membuat poster film film terbaru Pixar yang berjudul Turning Red.

“Saat aku tau Disney minta aku untuk mengilustrasikan poster dari film Turning Red, aku sangat senang dan excited karena aku pribadi merasa sangat terhubung dengan filmnya,” ucap Emma.

Alasannya, "Sebagai Chinese Asian, aku sangat menyukai film ini karena Pixar Turning Red mengangkat cerita yang sangat relatable berhubungan dengan penerimaan diri, persahabatan, dan hal-hal yang kita semua alami saat menginjak usia remaja,” jelas Emma. 

3. Proses pembuatan poster Turning Red

3. Proses pembuatan poster Turning Red
Instagram.com/emmanuelle.elizabeth

Poster Turning Red yang dibuat oleh Emmanuel memang sangat menarik dan menggambarkan nuansa yang berbeda dari poster sebelumnya.

Karya tersebut tentu tidak jadi dalam sekejap. Emma melakukan berbagai tahapan yang cukup panjang. Mulai dari mencerna film, mencari ide, hingga akhirnya membuat sketsa. 

“Biasanya sih aku coba untuk ngumpulin mood dulu dan coba bikin poin-poin untuk memperjelas apa yang ingin aku sampaikan dalam posternya,” ujar Emma.

“Aku juga banyak mencari tahu tentang audiens nya untuk siapa, apa keunikan dari film ini, dan apa hal yang menarik dari film ini menurut pandangan mataku sebagai ilustrator,” lanjutnya.

Hingga akhirnya ia memilih untuk menonjolkan tokoh 'Mei' karakter utama dalam film Turning Red ini. Terlihat dalam poster, Mei berada di barisan paling depan, sementara keluarga dan teman-temannya berada di belakang.

Selain itu, Emma juga menonjolkan budaya oriental yang kental dalam film ini. Hingga akhirnya ia menggambar atap temple dan panda merah di bordernya. 

“Aku sangat menyukai budaya chinese yang pixar gambarkan dalam film ini, hingga di posternya aku gambar atap temple-nya lalu juga ukiran panda merah sebagai border dari posternya,” ucap Emma.

Emma pun bercerita jika Disney cukup kooperatif dalam proses pembuatan poster ini. Menurutnya, Disney memberi tenggat waktu yang pas dan tahap tinjauan yang sistematis dalam pembuatan poster tersebut, sehingga Ia merasa terarah dan menikmati setiap proses pengerjaannya.

Menjadi salah satu bagian dari film Disney Turning Red tentu membuat Emma bahagia. Bahkan, rasa bahagia ini dirasakan pula oleh banyak netizen hingga Bapak Sandiaga Uno. Semuanya benar-benar bangga pada Emma.

"Selamat dan sukses untuk @emmanuelle.elizabeth yang telah mendapat kepercayaan dari Disney dan Pixar untuk membuat ilustrasi poster film terbaru mereka yang berjudul “Turning Red”.

Ini menambah bukti lagi kalau memang anak-anak muda bangsa Indonesia memiliki berbagai macam talenta yang dapat diadu di kancah internasional. Semoga menjadi inspirasi bagi kita semua untuk terus berkarya, industri kreatif ini sangat berpeluang menjadi bagian dari kebangkitan ekonomi kreatif kita tentunya membuka peluang usaha dan lapangan kerja baru di era baru pasca pandemi ini. #LocalPride 💪🏻," tulis Sandiaga Uno melalui akun Instagram pribadinya. 

Kisah Emma ini bisa menjadi salah satu motivasi untuk anak-anak dalam berkarya dan mengejar mimpinya. Tak hanya itu, dari prestasi Emma ini, Mama juga bisa belajar agar selalu mendukung bakat dan minat anak. Semangat terus ya Mama dan Papa dalam menjaga anak-anak! 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk