TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Perbedaan Rabokki, Jjampong, Jajangmyeon, dan Zhajiangmian

Beri tahu anak perbedaan dari beberapa makanan Korea Selatan kekinian ini yuk, Ma!

15 Agustus 2022

Perbedaan Rabokki, Jjampong, Jajangmyeon, Zhajiangmian
Instagram.com/subtleasian.cooking dan kimchiya.id

Pencinta KDrama dan KPop pasti sudah tidak asing lagi dengan makanan Korea Selatan seperti rabokki, jjampong, jajangmyeon, dan zhajiangmian. Menu makanan ini kerap kali disantap oleh para artis Korea Selatan. 

Hal tersebut membuat empat menu di atas menjadi makanan Korea Selatan kekinian. Tak jarang para penonton jadi ingin ikut mencicipi makanan tersebut. Apakah Mama dan anak-anak merasakan hal tersebut?

Sebenarnya, empat menu makanan tersebut cukup mudah untuk ditemukan di Indonesia, lho. Sebab, tempat makan khas negara ginseng telah menjamur di Indonesia, baik itu berupa restoran mahal atau warung pinggir jalan saja.

Walaupun sudah banyak yang jual, namun tidak sedikit masyarakat yang masih bingung dengan perbedaan menu rabokki, jjampong, jajangmyeon, dan zhajiangmian.

Sebab, keempat menu ini berbahan dasar mi. 

Untuk itu, kali ini Popmama.com membagikan informasi terkaitperbedaan rabokki, jjampong, jajangmyeon, dan zhajiangmian. Simak informasi berikut ini dan langsung coba bersama anak yuk, Ma!

1. Rabokki  

1. Rabokki  
Instagram.com/miso.en.place

Rabokki merupakan perpaduan dua hidangan khas Korea Selatan, ramen dan tteokbokki. Keduanya perpaduan yang cocok dan nikmat untuk disantap bersama-sama. 

Seperti yang diketahui, ramen merupakan hidangan mi kuah Jepang yang berasal dari Tiongkok. Namun, seiring berjalannya waktu, ada pula dry ramen atau ramen kering. Ramen inilah yang akhirnya dipadukan dengan tteobokki. 

Sementara tteobokki sendiri merupakan hidangan berupa tepung beras berbentuk bulat batangan yang dimasak dalam bumbu gochujang yang pedas dan manis.

Perpaduan ramen dan tteobokki menjadi rabokki merupakan hidangan utama yang bisa mengenyangkan perut. 

Editors' Picks

2. Jjampong 

2. Jjampong 
Instagram.com/tummai.tong

Jjampong adalah hidangan mi yang berasal dari Tiongkok. Kemudian menu makanan ini menyebar ke Jepang dan Korea. Namun, tiap negara tersebut memiliki ciri khas jjampong masing-masing, Ma. 

Jjampong Korea dikenal sebagai olahan mi kuah pedas dengan perpaduan seafood dan irisan daging babi. Kuah pedas berwarna merah tersebut berasal dari gochugaru (bubuk cabai korea) dan capsaicin. Selain itu, kuah jjampong korea pun menggunakan kaldu ayam. 

3. Jajangmyeon

3. Jajangmyeon
Instagram.com/kimchiya.id

Jajangmyeon adalah mi dengan saus pasta kacang kedelai hitam yang telah difermentasi. 

Makanan ini mulanya muncul pada tahun 1905. Kala itu, seorang imigran dari Tiongkok mendirikan sebuah restoran di Incheon, Korea Selatan dan menyajikan jajangmyeon. 

Makanan ini sebenarnya terinspirasi dari hidangan khas Tiongkok yakni zhajiangmian. 

Hal tersebut merupakan suatu hal yang wajar terjadi, mengingat jarak antara Shandong dan Korea Selatan cukup dekat. Sehingga tidak heran jika terjadi perpaduan hidangan khas Korea dan Tiongkok seperti jajangmyoen. 

Makanan ini pun menjadi andalan para tentanra Korea Selatan saat berperang lho, Ma. Alasannya, karena jajangmyeon dianggap sebagai makanan 'teraman' saat tak punya banyak waktu. 

Seiring berjalannya waktu, jajangmyeon menjadi semakin populer dan mengalami modifikasi seperti: 

  • Ganjajangmyeon, mi dan saus pasta kedelai hitam disajikan terpisah. 
  • Samseon jajangmyeon, mi dan saus pasta kedelai hitam dicampur dengan hidangan laut kecuali ikan disajikan bersama (dicacmpur).
  • Samseon ganjajangmyeon, mi dan saus pasta kedelai hitam yang telah dicampur dengan olahan laut disajikan secara terpisah. 

4. Zhajiangmian

4. Zhajiangmian
Instagram.com/alaskafoodie

Sudah sedikit disinggung dalam poin sebelumnya, zhajiangmian merupakan makanan khas Shandong, Tiongkok. Makanan tersebut mirip dengan jajangmyeon yakni memadukan mi dan saus pasta kacang kedelai. Bedanya, pada zhajiangmian menggunakan saus pasta kacang kedelai biasa, bukan kacang kedelai hitam. 

Perbedaan saus ini tentu saja membuat penampilan dan cita rasa dari zhajiangmian berbeda dengan jajangmyeon. 

Zhajiangmian memiliki penampilan saus merah di atas mi. Saus tersebut memiliki cita rasa asin yang berpadu dengan aroma harum fermentasi kedelai serta rasa daging yang gurih. 

Nah itulah beberapa perbedaan rabokki, jjampong, jajangmyeon, dan zhajiangmian. Kira-kira, Mama dan si Anak mau coba yang mana dulu nih? 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk