15 Perempuan Paling Menginspirasi yang Perlu Anak Ketahui

Perempuan-perempuan ini memberi contoh yang hebat, ambil pelajrannya yuk!

17 Juni 2021

15 Perempuan Paling Menginspirasi Perlu Anak Ketahui
Instagram/melindafrenchgates

Terlahir sebagai seorang perempuan bukan berarti tidak memiliki kekuatan untuk meraih mimpi dan kesuksesan.

Terlahir menjadi seorang perempuan juga bukan berarti kamu tidak bisa menjadi pemimpin suatu kebenaran. Keja keras, keberanian, keteguhan, dan sikap tidak hanya mementingkan kepentingan pribadi membuat seorang perempuan mampu menggapai mimpinya dan memimpin. 

Berikut ini, Popmama.com telah menarngkum 15 perempuan dengan segala kehebatannya yang mampu menginspirasi. Yuk coba simak bersama anak perempuan Mama, siapa tahu langsung terinspirasi!

1. Greta Thunberg

1. Greta Thunberg
Instagram/gretathunberg

Greta Thunberg, perempuan kelahiran Sweden, 3 Januari 2003 ini merupakan aktifis perubahan iklim. Baru-baru ini, Greta Thunberg masuk menjadi nominasi penghargaan Nobel.

Perempuan 18 tahun ini telah masuk menjadi nominasi nobel sebanyak tiga kali secara berturut-turut setiap tahunnya. Namun, hingga kini ia belum memenangkan penghargaan tersebut. Greta Thunberg juga dinobatkan sebagai TIME's Person of the Year pada tahun 2019. 

Ia mulai menjadi perhatian publik ketia dirinya mulai bolos kelas Jumat setiap minggu untuk berkampanye di luar Parlemen Swedia dengan slogan bertuliskan “Skolstrejk för klimatet:” yang artinya “Mogok Sekolah untuk Iklim."

Sejak saat itu dia telah menarik perhatian para kepala negara. Dalam aksi tersebut, Greta Thunberg membicarakan tentang masalah iklim dan lingkungan. Kini, Thunberg telah mendirikan yayasan nirlaba untuk kampanye #FridaysForFuture-nya. 

2. Malala Yousafzai

2. Malala Yousafzai
Instagram.com/malala

Malala Yousafzai, perempuan kelahiran Pakistan ini menginginkan pendidikan yang setara antara perempuan dengan laki-laki. 

Ayahnya, Ziauddin Yousafzai, mengelola sekolah perempuan di desa tempat mereka tinggal. Namun, ketika Taliban masuk, mereka memerintahkan untuk menutup sekolah tersebut karena tidak percaya anak perempuan harus menerima pendidikan. 

Namun, Yousafzai tidak putus semangat untuk bersekolah. Ia mulai melanjutkan pendidikannya pada tahun 2012. Akan tetapi, ia dihadapkan oleh seorang lelaki bersenjata di bus sekolahnya yang menembak sisi kiri wajahnya.

Kini, Yousafzai berusia 23 tahun, dia dan keluarganya tinggal di Inggris Raya. Di sana Youfsafzai mendirikan Malala Fund, sebuah organisasi nirlaba yang bertujuan memberikan setiap anak perempuan untuk mencapai masa depan yang diimpikanya. Atas kerja keras dan karyanya tersebut, Malala Yousafzai menerima penghargaan  Perdamaian Nobel pada tahun 2014. 

3. Megan Rapinoe

3. Megan Rapinoe
Instagram.com/mrapino

Nama Megan Rapinoe pertama kali dikenal saat ia memimpin tim Sepak Bola Nasional perempuan AS dan menjadi Juara Piala Dunia 2019. Namun, sebenarnya ada lebih banyak hal yang dimiliki pemain sepak bola berusia 35 tahun ini selain dirinya piawai bermain bola di lapangan. 

Rapinoe merupak sosok pembela hak-hak perempuan. Ia berjuang dengan gigih memperjuangkan kesetaraan upah dalam olahraga. 

Pada tahun 2019, tim Sepak Bola Nasional perempuan AS mengajukan gugatan terhadap Federasi Sepak Bola Amerika Serikat atas dugaan diskriminasi gender.

Para pemain sepak bola perempuan mengklaim bahwa rekan-rekan lelaki mereka di tim Sepak Bola Nasional Laki-Laki memperoleh upah jauh lebih banyak daripada yang mereka dapatkan. Padahal timnya berada di peringkat pertama di dunia dan tim laki-laki berada di peringkat ke-21. 

"Jangan puas dengan sesuatu yang kurang, lakukan kesetaraan, lakukan lebih banyak, jangan terima jawaban kuno dan omong kosong semacam ini," kata Rapinoe dalam sebuah wawancara dengan BBC tentang perjuangannya untuk upah yang setara. 

4. Simone Biles

4. Simone Biles
Instagram.com/simonebiles

Simone Biles adalah perempuan pertama dalam 42 tahun yang memenangkan empat gelar all-around AS secara berturut-turut (di Kejuaraan P&G 2016). Ia juga menjadi pemilik medali terbanyak dalam sejarah AS (yaitu 14) dan medali emas kejuaraan dunia terbanyak dari pesenam perempuan mana pun (menuju sepuluh). 

Hal tersebutlah yang menjadikan dirinya masuk ke dalam daftar perempuan menginspirasi. 

Biles, yang didiagnosis dengan ADHD saat kecil, juga dikenal karena berbicara secara terbuka tentang gangguan tersebut dan mendukung mereka yang hidup dengan kondisi kronis. 

5. Melinda Gates

5. Melinda Gates
Instagram.com/melindafrenchgates

Terkenal sebagai seorang yang dermawan dan pengusaha terkemuka di bidang teknologi, Melinda Gates ikut memperjuangkan kesetaraan perempuan dan bekerja untuk meningkatkan kehidupan orang tidak mampu melalui Yayasan Bill & Melinda Gates.

Di sana ia dan sang suami menjadi ketua. Perusahaan investasi Gates, Pivotal Ventures, bertujuan untuk meningkatkan peran dan kekuatan perempuan di sektor teknologi.

Saat menjadi pembicara di upacara pembukaan Universitas Stanford pada tahun 2014, dia mengatakan ini tentang membantu orang lain dan berbuat baik.  

“Optimisme bagi saya bukanlah harapan pasif bahwa segala sesuatunya akan menjadi lebih baik. Itu adalah keyakinan bahwa kita dapat membuat segalanya lebih baik, bahwa penderitaan apa pun yang kita lihat, tidak peduli seberapa buruknya, kita dapat membantu orang jika kita tidak kehilangan harapan dan kita tidak berpaling," ucap Melinda Gates.

6. Ava DuVernay

6. Ava DuVernay
Instagram.com/Ava

Ava DuVernay, film maker asal Amerika Serikat ini fokus membuat proyek-proyekn tentang memperjuangkan keadilan (seperti film yang akan datang, Selma). Dia melakukan lebih dari sekadar menghibur, dia mendidik. 

Dalam sebuah wawancara dengan Majalah Smithsonian, DuVernay menjelaskan cara dia bekerja, dan mengapa itu berhasil.

“Saya mencoba menjadi pengubah bentuk dan melakukan banyak hal. A: karena saya bisa. B: karena dinding tradisional runtuh sehingga ada lebih banyak fleksibilitas, dan C: karena kamu tidak dapat mengenai target yang bergerak,” tutur Ava DuVernay. 
 

Editors' Picks

7. Kamala Harris

7. Kamala Harris
Instagram.com/Kamalaharris

Kamalla Haris baru-baru ini terpilih sebagai Wakil Presiden Amerika Serikat. Kamala Harris adalah perempuan kulit hitam Amerika pertama yang memegang jabatan wakil presiden, perempuan Asia Selatan pertama yang memegang jabatan itu, dan perempuan pertama yang memegang jabatan itu. 

Sebelum menjadi wakil presiden, Kamala Harris bertugas di Senat, sebagai Jaksa Agung California. Wakil Presiden Harris mengatakan bahwa dia mengaitkan rasa keadilan dan aktivismenya yang kuat kepada orang tuanya.

“Ibuku akan melihat ke arahku dan dia akan berkata, 'Kamala, kamu mungkin orang pertama yang melakukan banyak hal, tetapi pastikan kamu bukan yang terakhir,'” ujar Kamala Hartis, Wakil Presiden AS.

Wakil Presiden Harris juga terkenal karena keluarganya yang besar, penuh kasih, dan non-tradisional.

Pada tahun 2014 ia menikah dengan Doug Emhoff dan menjadi ibu tiri, atau "Momala" bagi dua anak Emhoff, Cole dan Ella, serta menjadi teman dekat dengan ibu kandung mereka. Ia adalah perempuan yang benar-benar modern dan menginspirasi kita semua.

8. Halima Ade

8. Halima Ade
Instagram/halima

Kebanyakan “model” dan “aktivis” sering digambarkan dengan orang yang sama, tetapi Halima Aden berbeda. perempuan berusia 22 tahun itu pertama kali menunjukkan keberanian dan kebanggaan terhadap budayanya karena menjadi kontestan pertama yang mengenakan hijab (penutup kepala yang dikenakan oleh perempuan Muslim) dalam kontes Miss Minnesota USA. 

Halima Ade kemudian menjadi perempuan pertama yang mengenakan jilbab dalam Edisi Baju Renang tahunan Sports Illustrated, mengadvokasi keragaman dan inklusivitas yang lebih besar. 

“Penting bagi saya untuk terlihat dan melakukan apa pun yang saya bisa untuk memberi tahu para perempuan bahwa mereka tidak perlu mengubah siapa mereka,” kata Halima Ade dalam sebuah wawancara dengan Essence. 

“Saya ingin mereka tahu bahwa dunia akan menemui mereka persis di tempat mereka berdiri,” lanjutnya.

9. Oprah Winfrey

9. Oprah Winfrey
Instagram/Oprah

Pengusaha dan filantropis bisnis ini telah berkali-kali mendapat penghormatan atas upaya tanpa pamrihnya. Oprah Winfrey menerima Penghargaan Kemanusiaan Bob Hope pada tahun 2002 dan Penghargaan Kemanusiaan Jean Hersholt pada tahun 2011. 

Winfrey membangun sekolah untuk anak perempuan di Afrika guna membantu mereka memenuhi tujuan pendidikannya. Winfrey juga menjadi miliarder perempuan kulit hitam pertama dalam sejarah. 

"Saya pikir semua pekerjaan yang saya lakukan adalah tentang membuka ruang hati," kata Winfrey kepada Daily Word. 

“Seluruh karir saya (telah) mencoba membuat orang melihat bagaimana cerita orang lain mencerminkan atau memantulkan ke dalam cerita mereka sendiri. Sering kali, kamu lebih mudah melihat pantulan orang lain daripada melihat diri kamu sendiri,” lanjut Winfrey.

10. Dr. Amani Ballour

10. Dr. Amani Ballour
Instagram/amani

Siapa yang belum mengenal Dr. Amani Ballour? Jika Mama dan anak belum mengenalnya, coba luangkan waktu untuk menonton film dokumenter nominasi Oscar yang berjudul The Cave. 

Film ini menampilkan Ballour dan upayanya yang berani untuk menyelamatkan nyawa di Suriah, tepatnya dengan menjalankan rumah sakit bawah tanah di Ghouta Timur. 

“Laki-laki di komunitas kami, mereka berkata, ‘Tidak, kamu harus berada di rumah, atau kamu dapat bekerja di klinik milikmu, tetapi tidak untuk menjadi manajer rumah sakit,'” kata Ballour dalam sebuah wawancara dengan Deadline. 

“Saya bersikeras dan saya ingin menantang mereka dan membuktikan bahwa seorang perempuan dapat (melakukan pekerjaan ini). Saya harus mendukung perempuan karena jika saya berhasil, semua perempuan akan didukung. Itu akan membuat laki-laki berpikir bahwa tentu saja perempuan bisa sukses dan mereka bisa melakukannya,” tutur Ballour.

11. Glennon Doyle

11. Glennon Doyle
Instagram/glennondoyle

Glennon Doyle ialah penulis berkebangsaan Amerika serikat. Tulisan yang ia buat dinilai mampu membuat seseorang yang membacanya seperti diberi dorongan atau motivasi. 

Buku terlarisnya yang pernah ia tulis antara lain Love Warrior, Carry On, Warrior: The Power of Embracing Your Messy, Beautiful Life, dan buku terbarunya, Untamed. 

Selain menjadi penulis, Glennon Doyle juga mendirikan organisasi nirlaba Together Rising. Melalui organisasi ini, Doyle membantu menghubungkan seseorang yang ingin membuat perbedaan dengan proyek-proyek bermakna yang memberikan bantuan kepada orang-orang  membutuhkan. 

12. Serena Williams

12. Serena Williams
Instagram/serenawilliams

Ikon tenis, Serena Williams merebut hati para penggemar olahraga di seluruh dunia dengan kecakapan atletik dan dedikasinya pada olahraga ini sejak usia dini.

Tetapi jika dilihat lebih seksama, Williams telah menjadi lebih dari sekadar inspirasi di lapangan.

Ia ikut buka suara tentang perlunya kesetaraan upah bagi setiap gender dan kesetaraan ras. Tidak hanya berbicara memberikan pendapat, ia pun ikut melakukan aksi.

Pada tahun 2017 ia menjadi duta untuk Allstate Foundation Purple Purse, sebuah proyek yang mengasah sisi keuangan dari kekerasan dalam rumah tangga. 

Ia juga memiliki Serena Ventures, sebuah startup yang bertujuan untuk meningkatkan perawatan perinatal dan postpartum untuk ibu dan bayi yang baru lahir.

Ia membangun Serena Venturers berdasarkan pengalamannya. Ia mengalami ketakutan kesehatan serius setelah melahirkan putrinya pada tahun 2017. 

13. Sheryl Sandberg

13. Sheryl Sandberg
Instagram.com/sherylsandberg

CEO Facebook Sheryl Sandberg tidak hanya ingin menjadi inspirasi bagi perempuan lain, tetapi dia juga ingin membawa mereka ke dalam kelompok perempuan seperti dirinya dan membantu mewujudkan impian mereka. 

Sheryl Sandberg mulai terkenal karena memulai gerakan Lean In, tujuan organisasi adalah untuk menciptakan “dunia di mana orang-orang dari setiap jenis kelamin dapat mengejar impian mereka tanpa hambatan lain yang menahan mereka.” 

Sementara Sandberg mendapatkan gaji yang lumayan untuk perannya di raksasa media sosial Facebook. Akan tetapi uang tersebut langsung ia berikan untuk sumbangan. Menurut perhitungan PhilanthropyWomen.org, Sandberg telah memberikan sekitar $286,1 juta dalam bentuk amal. 

Dalam bukunya Lean In, dia menulis, “Pada titik tertentu, kemampuanmu untuk belajar dengan cepat dan berkontribusi dengan cepat itu penting. Perempuan perlu beralih dari pikiran 'Saya belum siap untuk melakukan itu' menjadi 'Saya ingin melakukan itu—dan saya akan belajar dengan melakukannya'.

14. Amanda Gorman

14. Amanda Gorman
Instagram/amandascgorman

Amanda Gorman mulai dikenal banyak orang sejak ia membacakan puisi luar biasa pada pelantikan Presiden Biden, “The Hill We Climb,” atau dari penampilannya yang sama mengesankannya di Super Bowl 2021, di mana dia menjadi penyair pertama yang tampil di acara itu. 

Penduduk asli Los Angeles dan lulusan Harvard ini telah dipuji secara internasional atas bakat, ketenangan, dan kerja aktivisnya untuk kesetaraan ras dan gender serta literasi kaum muda. 

Ketika Gorman muncul di CBS's The Late Late Show, pembawa acara James Corden bertanya apakah dia memiliki ambisi politik, menambahkan bahwa dia bisa melihatnya menjadi presiden sendiri.

"Itu menjadi rencana," jawab Gorman. Sementara dia menunggu usia yang cukup untuk menjadi presiden, Gorman memiliki beberapa proyek yang akan datang.

15. Jameela Jamil

15. Jameela Jamil
Instagram/jameelajamilofficial

Aktris Jameela Jamil paling dikenal oleh pemirsa televisi Amerika sebagai Tahani Al-Jamil di The Good Place NBC. Bintang kelahiran London ini memiliki tujuan yang jauh lebih besar daripada sekadar menghibur pemirsa.

Jamil menggunakan ketenarannya untuk menginspirasi kepercayaan diri pada perempuan dan gadis muda dengan mengadvokasi diskusi yang lebih besar seputar citra tubuh. 

Pada tahun 2019 dia memulai kampanye "I Weigh" yang menyerukan perempuan untuk lebih fokus pada apa yang ada di dalam daripada apa yang ada di luar. 

“Saya membuat kampanye ini jika ada perempuan yang mengalami hari yang buruk atau merasa sedih, mereka bisa datang ke akun ini dan terinspirasi,” katanya kepada NBC News. 

“Dan agar mereka tahu bahwa ada lebih banyak hal yang mendefinisikan diri mereka daripada hanya penampilan mereka," ujar Jameela Jamil.

Itulah 15 perempuan yang menginspirasi saat ini. Semoga dikemudian hari anak perempuan mama yang mengnspirasi banyak orang. Untuk itu, yuk semangat mendampingi dan mendidik anak-anak!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.