Tega, Seorang Netizen Bully Anak Agatha Suci di Media Sosial

Anak-anaknya disebut tidak normal dan idiot, tanggapan Agatha Suci patut diacungi jempol

29 Juni 2022

Tega, Seorang Netizen Bully Anak Agatha Suci Media Sosial
Instagram.com/agatha_suci

Setiap orangtua pasti ingin anak-anaknya tumbuh sehat secara fisik maupun mental. Namun tidak dapat dipungkiri, anak-anak bisa saja terkena gangguan autisme. Sama halnya dengan yang dialami oleh Agatha Suci.

Perempuan jebolan Indonesia Idol ini memiliki dua anak dengan gangguan autisme. Anak pertamanya, Kahlia Adinda baru terdeteksi mengalami autisme ketika Mama Agatha sadar sang Anak lambat merespon panggilannya dan tidak menapatnya saat menengok.

Sementara Arsa Nuraga, anak kedua Mama Agatha awalnya terlihat tumbuh dan berkembang seperti anak-anak pada umunya. Ia sangat responsif dan memiliki eye contact  yang bagus. Namun, seetelah disadari, ternyata Mama Agatha menemukan gejala autisme lain pada anak lelakinya itu yakni mengalami speed delay.

Memiliki dua anak dengan autisme tidak membuat Mama Agatha Suci merasa lelah. Ia dan sang suami, Jeffry Thung selalu kuat dan semangat dalam membesarkan anak-anaknya dengan penuh cinta dan kasih sayang. 

Di tengah pengasuhan kedua anaknya, Agatha Suci dna Jeffry kerap menghadapi cacian dan makian dari netizen karena sang Anak mengalami autisme. Contohnya yang terjadi baru-baru ini di Instagram.

Mama Agatha baru saja menerima ungkapan buruk dari netizen melalui pesan personal Instagram. Namun, hal tersebut tidak membuatnya marah-marah. Ia menghadapinya dengan penuh canda tawa. 

Berikut ini Popmama.com telah merangkum kabar tentang ujaran kebencian seorang netizen untuk dua anak Agatha Suci yang mengalami autisme.  

Editors' Picks

1. Seorang netizen mengatakan jika Kahlia bukanlah anak yang normal

1. Seorang netizen mengatakan jika Kahlia bukanlah anak normal
Instagram.com/agatha_suci

Suatu ketika, Mama Agatha membagikan cerita tentang Kahlia di akun Instagram pribadinya. Tiba-tiba, seorang netizen @uul_baharudin20 membalas story tersebut dengan kata-kata yang tidak baik. Ia mengatakan jika Kahlia tidak normal.

"Normal it means she can take care of herself, go to college, get married, give birth. She is not normal, she is idiot, terbelakang, tidak ada kecerdasan otang berkembang seusianya. That means not normal aka idiot. And stop pretending and faking that your child is "NOMAL" (Normal artinya dia bisa mengurus dirinya sendiri, kuliah, menikah, melahirkan. Dia tidak normal, dia idiot, terbelakang, tidak ada kecerdasan otak berkembang seusianya. Artinya tidak normal alias idiot. Dan berhenti berpura-pura dan mengatakan bahwa anak kamu "NOMAL")," tulis @uul_baharudin20.

Ungkapan buruk tersebut diunggah oleh Mama Agatha dalam feed Instagram. Ia memberi pembelaan pada putri kesayangannya itu. 

"Gini, aku cuma bilang "Normal itu apa sih?". Ga usah kasar gini mbak @uul_baharudin20 . Aku tidak pernah berpura-pura pada apapun, tetapi sekarang aku berpura-pura bahwa kamu normal untuk mengucapkan kata-kata itu," sahut Mama Agatha dalam sebuah caption Instagramnya yang menanggapi netizen tersebut. 

"Dan sebagai catatan, putriku tidak idiot, tapi apa yang aku tahu tentang itu, apa itu idiot. Aku harap kamu bisa menjaga dirimu baik-baik, karena itulah yang normal kamu lakukan,"  lanjut Mama Agatha.

2. Netizen ini pun memberi ungkapan body shaming untuk putri Agatha Suci

2. Netizen ini pun memberi ungkapan body shaming putri Agatha Suci
Instagram.com/agatha_suci

Tak selesai dengan hinaan di atas, @uul_baharudin20 pun melakukan body shaming pada Kahlia. Ia mengatakan jika putri sulung Agatha Suci itu terlihat tua. 

"Mukanya KAHLIA tua, kaya umur 30an," tulis @uul_baharudin20.

Namun hal tersebut lagi-lagi tidak dianggap serius oleh Mama Agatha, menurutnya hal tersebut adalah sesuatu yang lucu. 

"Ini perasaan aku aja, makin lama makin lucu atau gmn sih ini? 不不不不不," ungkap Mama Agatha saat menerima pesan tersebut. 

"Masa iya kahlia keliatan kayak umur 30 tahun? Gue kali yg keliatan kayak umur 30 tahun 云不 @uul_baharudin20," imbuhnya.

3. Terakhir, netizen ini giliran mencaci maki Mama Agatha

3. Terakhir, netizen ini giliran mencaci maki Mama Agatha
Instagram.com/agatha_suci

Buka hanya pada Kahlia, @@uul_baharudin20 juga mencaci maki Mama Agatha. Ia mengatakan jika Mama Agatha cari perhatian terhadap publik.

"Gue ga mau bikin lo down, gue don't give a FUCK with HOW YOUR FEELING! GR amat lo. Lo kenapa kaga berani DM GUE? mesti di upload story and feed? supaya dapat iba netizen, dukungan dari netizen, supaya viral, diundang podcast, diundang stasiun TV," ujar @uul_baharudin20.

Kata-kata yang diungkapkan Uul ini tak dibalas dengan amarah oleh Mama Agatha, namun beberapa netizen termasuk publik figur Indonesia tak segan memarahi Uul.

"Sakit jiwa ni org! Sabar ya kk @agatha_suci @jeffrythung," tulis @patriciagouw.

"Aaah... @agatha_suci dia tuh yg minta dihujat netizen ci," tulis adaninanih.

"Ini orang sengaja banget provokasinya…keliatan banget gilanya…aduhhhh kasiannnnn..pasti hidupnya susah bangettttt," tulis @ivybatuta.

Dari kejadian ini, kita bisa mengambil hikmahnya. Sebagai manusia, kita tidak sempurna dan orang lain pun demikian. Untuk itu, janganlah kita sekali-kali menghina kekurangan orang lain. Apapun itu bentuknya. 

Selain itu, Mama dan anak-anak kini harus lebih bijak lagi bermain sosial media, ya. Ingat, jejak digital abadi. Jangan sampai Mama dan anak-anak dikenal sebagai orang yang sering mengutarakan dan melakukan hal-hal jahat di internet.

Bisa jadi hari ini Mama dan anak-anak tidak mendapat konsekuensi atau hukuman dari perbuatan ujaran kebencian melalui internet karena orang yang dituju baik hati dan tidak bertindak apapun. Namun, perlu diingat, apa yang kita tanam itulah yang akan kita tuai. Artinya, apa yang kita lakukan hari ini, akan kita dapatkan di kemudian hari. Jika berbuat baik, maka akan mendapat kebaikan dan sebaliknya. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk