Tanpa Emosi, 5 Hal Ini Bisa Bikin Belajar di Rumah Lebih Efektif

Mama harus ekstra sabar

14 Agustus 2020

Tanpa Emosi, 5 Hal Ini Bisa Bikin Belajar Rumah Lebih Efektif
Shutterstock/People Image Studio

Menjadi guru ‘sementara’ bagi si Kecil saat sekolah online terkadang membuat Mama mudah emosi. Memang hal ini tidak mudah dilakukan, tapi bukan berarti nggak ada jalan keluarnya Ma. Mama bisa kok praktikan lima hal ini agar kegiatan belajar di rumah tetap efektif, tanpa Mama marah-marah dan emosi. Yuk simak Ma!

1. Buat jadwal belajar untuk si Kecil, jangan terlalu padat

1. Buat jadwal belajar si Kecil, jangan terlalu padat
Shutterstock/Pand P Studio

Belajar online terkadang membuat Mama memiliki peran ekstra, menjadi orang tua sekaligus guru bagi si Kecil. Agar pembelajaran online si Kecil tetap efektif, Mama bisa membuatkan jadwal belajar untuk si Kecil. Tidak perlu terlalu banyak, yang penting si Kecil nyaman. Mama bisa memberikan selingan istirahat agar otak si Kecil tetap fresh.

2. Pastikan si Kecil punya spot belajarnya sendiri

2. Pastikan si Kecil pu spot belajar sendiri
Shutterstock/kornnphoto

Berada di satu tempat setiap harinya, pasti membuat anak mudah bosan. Itu sebabnya penting banget membuat tempat belajar si Kecil tetap nyaman dan menyenangkan. Mama bisa membuat spot belajar sendiri untuk si Kecil. Jika Mama sempat, coba hias ruang belajarnya agar lebih nyaman. Mama bisa mengganti hiasan ruang belajar si Kecil seminggu sekali.

Editors' Picks

3. Berikan camilan sehat agar si Kecil tetap semangat

3. Berikan camilan sehat agar si Kecil tetap semangat
Shutterstock/BELL KA PANG

Dukungan lain yang bisa Mama berikan agar kegiatan belajar online si Kecil tetap efektif adalah dengan menyediakan snack atau makanan ringan kesukaannya. Misalnya cemilan berupa kue, roti buatan Mama sampai buah-buahan segar. Jangan lupa berikan minuman kesukaan si Kecil juga ya Ma.  

4. Pastikan kuota untuk e-learning mencukupi

4. Pastikan kuota e-learning mencukupi
Shutterstock/MIA Studio

Selanjutnya, nggak kalah penting nih Ma. Yang utama dari kegiatan belajar online adalah ketersediaan kuota untuk proses e-learning. Pastikan kuota di rumah mencukupi untuk si Kecil mengakses aplikasi belajar secara online. Mama nggak usah khawatir untuk masalah yang satu ini karena provider Tri Indonesia sudah menyediakan kuota tambahan untuk mengakses e-learning

Tri Indonesia telah menyediakan perdana dan paket AlwaysOn dengan tambahan kuota untuk mengakses aplikasi e-learning hingga 30 hari untuk seluruh pelanggan perdana dan paket AlwaysOn. Paket AlwaysOn memiliki masa aktif selamanya mengikuti masa aktif kartu, jadi Mama tidak perlu khawatir kuota hangus. Pilihan paket juga tersedia dalam kuota besar 8GB seharga 48,000 dan 16GB seharga Rp 90,000. Bagi Mama yang ingin mengisi paket harian juga bisa, Tri menyediakan paket 5GB/hari dengan harga Rp 5,000 saja. 

Tambahan kuota tersebut bisa digunakan untuk mengakses aplikasi e-learning seperti Google Classroom, Ruangguru, Edmodo, dan Zenius. Empat aplikasi tersebut merupakan aplikasi e-learning yang paling banyak diakses oleh pelanggan Tri Indonesia

Tanpa Emosi, 5 Hal Ini Bisa Bikin Belajar Rumah Lebih Efektif
Popmama.com/Tri Indonesia

Tri Indonesia juga berikan manfaat lain untuk semakin mendukung pembelajaran secara online dari rumah melalui penawaran berupa voucher BonsTri. Mama bisa menukar 150 Poin BonsTri untuk mendapatkan Kuota internet 1GB/3hari akses ke aplikasi belajar pilihan (Google Classroom, Ruangguru, Edmodo, dan Zenius). 

Tak hanya itu, pelanggan baru Tri Indonesia juga dapat berhemat dengan voucher cashback pulsa beruntun selama tiga bulan setiap mengisi pulsa minimal Rp 10,000. Voucher cashback pulsa tersebut bisa digunakan untuk membeli kuota internet maupun menelpon!

Untuk yang pertama kali mengunduh aplikasi Bima+ lewat AppStore maupun Google Playstore juga akan mendapatkan kuota tambahan sebesar 6GB. Didukung dengan jaringan 4.5G Pro yang 8x lebih cepat serta jaringan yang lebih luas dan kuat dari Tri, proses belajar anak selama di rumah akan semakin optimal. Bagi Mama yang ingin membeli perdana Tri, cukup klik di sini, dan bisa memilih kuota besar hingga unlimited sesuai kebutuhan, Mama juga bisa memilih nomor cantik sesuai keinginan, langsung bisa diantar ke rumah.

Menarik banget ‘kan Ma? Soal kuota belajar online si Kecil, Mama bisa percayakan pada Tri Indonesia. Jadi, nggak pusing lagi deh!

5. Konsultasi dengan guru secara online

5. Konsultasi guru secara online
Shutterstock/MIA Studio

Selanjutnya, Mama juga bisa melakukan konsultasi dengan guru si Kecil secara online. Kenapa? Karena sistem belajar online ini nggak hanya si Kecil saja yang belajar tapi Mama juga jadi belajar lagi. Mama bisa konsultasikan kira-kira metode belajar seperti apa yang cocok untuk si Kecil, atau bagaimana membuat si Kecil nyaman belajar. Mama juga bisa konsultasi tentang nilai-nilai si Kecil selama pembelajaran secara online ini. 

Kunci dari belajar online si Kecil ini tentunya kesabaran Mama dalam mengajar dan mendidiknya. Jangan pakai emosi ya Ma!

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.