TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

100 Ucapan Ulang Tahun untuk Anak Perempuan Islami

Jangan hanya beri ucapan selamat, sampaikan juga harapan Mama terhadap anak di momen ulang tahunnya

15 Juli 2022

100 Ucapan Ulang Tahun Anak Perempuan Islami
Pexels/ivansamkov

Ulang tahun menjadi momen bahagia bagi semua orang, termasuk anak-anak. Di momen ini anak akan mendapatkan banyak kado dari orang-orang terdekat.  

Selain memberi kado, orang-orang juga akan menyampaikan doa serta harapan-harapan baik kepada anak. Harapan dan doa-doa yang dipanjatkan kepada anak, dapat menjadi motivasi anak diusia yang baru. 

Diharapkan doa-doa yang dipanjatkan dikabulkan oleh Allah SWT dan anak menjadi pribadi yang lebih baik. Jika Mama merasa 'selamat ulang tahun' menjadi ucapan yang terlalu mainstream, berikut Popmama.comberikan referensi ucapan ulang tahun untuk anak perempuan Islami.

Yuk, disimak!

1. Harapan agar anak selalu sehat

1. Harapan agar anak selalu sehat
Pexels/kampusproduction

Orangtua tentunya berharap agar anaknya selalu sehat dan tidak mudah jatuh sakit. Oleh karena itu, setiap ulang tahun doa dan harapan anak selalu sehat tidak pernah luput. Berikut ucapan-ucapan yang dapat disampaikan kepada anak:
 

"Barakallah fii umrik, anakku yang cantik. Semoga kamu panjang umur dan selalu diberikan kesehatan serta kekuatan oleh Allah SWT"

"Barakallah fii umrik, anak cantik. Semoga diusiamu yang baru ini, Allah senantiasa memberikan kesehatan kepadamu dan dijauhkan dari segala macam penyakit"

"Selamat ulang tahun anak salihah. Mama doakan supaya kamu selalu sehat, diberikan panjang umur oleh Allah, dan dijauhkan dari segala macam penyakit"

"Selamat menginjak usia baru ya, nak! semoga diusiamu saat ini, Allah melimpahkan kasih sayangnya kepadamu berupa nikmat sehat dan rezeki yang lancar"

"Anak salihah, selamat ulang tahun ya! semoga kamu senantiasa dilimpahkan rahmat sehat dan umur panjang"

"Anakku sayang yang cantik. Selamat ulang tahun. Semoga diusiamu yang baru ini Allah mencurahkan kasih sayangnya melalui nikmat sehat dan dijauhkan dari segala mara bahaya"

"Anak cantik Mama, selamat ulang tahun, ya! semoga kamu tumbuh menjadi pribadi yang sehat, kuat, serta berani dalam menghadapi dunia ini"

"Selamat ulang tahun ya, nak! Mama berharap kamu tumbuh menjadi anak yang sehat, ceria, dan kuat"

"Selamat ulang tahun anak cantik. Mama harap diusiamu yang baru ini kamu bisa menjaga kesehatanmu sebaik mungkin dan jangan pernah tinggalkan salat"

"Selamat ulang tahun ya anak salihah. Semoga rahmat dan kasih sayang Allah selalu tercurah kepadamu, supaya kamu senantiasa diberikan kesehatan dan kelancaran rezeki"

2. Doa agar anak selalu dalam lindungan Allah

2. Doa agar anak selalu dalam lindungan Allah
Pexels/ivansamkov

Di usia yang baru ini, tentunya orangtua berharap anaknya selalu dilimpahkan kasih sayang oleh Allah SWT supaya hidupnya tenang dan dijauhkan dari segala mara bahaya. 

Berikut kalimat-kalimat harapan yang dapat Mama sampaikan kepada anak perempuan Mama:

"Barakallah fii umrik anak salihah. Diusia yang baru ini Mama harap kamu semakin rajin beribadah kepada Allah, jangan pernah tinggalkan salat-salat wajib"

"Selamat ulang tahun anak cantik. Semoga kamu selalu dalam lindungan Allah, dilimpahkan kasih sayangnya dan diberikan nikmat sehat"

"Anakku sayang, selamat ulang tahun! semoga Allah SWT selalu melindungi setiap langkahmu"

"Nak, selamat menginjak usia baru ya! berdoalah kepada Allah supaya kamu senantiasa dicurahkan nikmat dan kasih sayangnya"

"Anak salihah Mama, selamat ulang tahun. Mama doakan semoga Allah selalu melindungimu, melimpahkan kasih sayangnya supaya kamu selamat dunia akhirat"

"Anak gadis mama yang cantik, selamat ulang tahun, ya! semoga rahmat dan lindungan Allah senantiasa tercurah kepadamu"

"Selamat ulang tahun, ya nak! tumbuhlah jadi anak salihah yang senantiasa dalam lindungan Allah"

"Anak Mama sayang, selamat menginjak usia baru, ya! rajinlah beribadah dan jangan pernah tingalkan salat. Mama doakan supaya kamu senantiasa dalam lindungan Allah SWT"

"Barakallah fii umrik anak cantik. Mama doakan kamu selalu dalam lindungan Allah. Semoga diusia yang baru ini ibadahmu semakin rajin dan mendapatkan ridha Allah"

" Nak, bersyukurlah kepada Allah atas umurmu saat ini. Mama doakan kamu selalu dalam lindungannya, serta senantiasa dilimpahkan rahmat serta kasih sayang"

3. Harapan untuk menjadi pribadi yang lebih baik

3. Harapan menjadi pribadi lebih baik
Pexels/ronlach

Semakin bertambahnya usia, anak-anak diharapkan dapat menjadi pribadi yang lebih baik lagi dari sebelumnya. Dalam hal ini, tentunya orangtua memiliki harapanya sendiri terhadap anak-anaknya.

Berikut kalimat-kalimat harapan yang dapat disampaikan kepada anak:

"Nak, selamat menjalani hari-hari baru. Mama dan Papa berharap, kamu dapat tumbuh menjadi pribadi yang lebih dewasa"

"Anak cantik Mama, selamat bertambah usia. Kamu mungkin akan melalui hari-hari yang sulit di depan, namun Mama percaya kamu mampu melewatinya"

"Anak salihah mama, tumbuhlah menjadi pribadi yang lebih dewasa diusiamu yang baru. Taatilah perintah Allah dan jauhi larangan-larangannya"

"Nak, kamu sudah semakin dewasa sekarang. Jadilah pribadi yang tangguh, dewasa, dan berani menghadapi segala rintangan di hidup ini'

"Anak Mama semakin dewasa kamu saat ini, semoga kamu dapat menjadi pribadi yang lebih baik. Anak yang selalu patuh dengan orangtua dan takut pada Allah"

"Anak gadisku sayang, Mama harap kamu dapat tumbuh menjadi anak salihah yang selalu dalam lindungan Allah, dilimpahkan rahmat serta kasih sayangnya"

"Nak, tumbuhlah menjadi gadis lembut dengan tutur kata yang baik, selalu taat pada perintah Allah, dan menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya"

"Sayang, mulai saat ini kamu bisa menentukan jalan hidupmu sendiri. Kamu sudah dewasa, jadilah pribadi yang lebih baik dengan penuh kesopanan dan tidak lupa dengan Allah SWT"

"Anak cantik, ketahuilah kami semua menyayangimu. Tumbuhlah menjadi pribadi yang lebih dewasa, dengan sopan santun dan tutur krama yang baik"

"Anak salihah, selamat atas usia barumu. Ketahuilah bahwa kami menyayangimu dan berharap kamu dapat tumbuh menjadi gadis lemah lembut dengan tutur krama yang baik"
 

4. Ungkapan kasih sayang

4. Ungkapan kasih sayang
Pexels/Paveldanilyuk

Momen ulang tahun menjadi momen yang tepat untuk mengungkapkan kasih sayang kepada anak atau orang-orang terdekat. Supaya momen ini semakin berarti, Mama dapat menggunakan kata-kata ini untuk diberikan kepada anak

"Selamat ulang tahun anak Mama sayang. Mama akan selalu mendukungmu, apapun yang terjadi"

"Anak Mama yang cantik, selamat bertambah umur. Mama akan selalu ada disampingmu untuk mendukung apapun pilihannmu saat dewasa nanti"

"Selamat ulang tahun anak salihah. Mama percaya kamu akan tumbuh jadi anak yang kuat, tangguh dan berani. Apapun itu, mama akan tetap sayang kamu"

"Selamat ulang tahun ya, nak! jika saat dewasa nanti kamu membutuhkan bantuan, Mama akan selalu sedia membantumu"

"Selamat berulang tahun ya nak! kelak kamu akan tumbuh menjadi gadis cantik, dan Mama akan selalu mendoakanmu supaya Allah SWT senantiasa melindungimu"

"Selamat ulang tahun bintang kecil Mama! hadirmu membawa kehangatan di keluarga kecil kita. Mama berharap kamu dapat tumbuh menjadi gadis yang salihah'

"Selamat bertambah usia anak gadis Mama. Jadilah perempuan tangguh yang taat kepada Allah SWT dan orangtua. Kami semua menyangimu selalu"

"Betapa sayangnya Mama kepadamu, karena kamu telah tumbuh jadi anak yang saleh, pintar dan tangguh. Selamat ulang tahun anakku!"

"Kue ulang tahun hanyalah simbol bertambahnya usiamu. Selamat ulang tahun anakku, terima kasih telah mewarnai hidup Mama dan Papa. Kami mencintaimu selalu"

"Barakallah fii umrik anak Mama sayang! Mama dan Papa berharap kamu selalu menyanyangi kami sebagaimana kami menyayangimu"

Editors' Picks

5. Harapan agar hidup anak selalu mendapatkan kemudahan

5. Harapan agar hidup anak selalu mendapatkan kemudahan
Pexels/visualtagmx

Hidup tenang dan damai merupakan dambaan semua orang, termasuk orangtua. Orangtua selalu berharap agar anaknya memiliki hidup yang tenang dan diberi kemudahan oleh Allah SWT.

Berikut harapan-harapan yang dapat Mama sampaikan pada anak:

"Barakallahu fii umrik anakku cantik, selamat ulang tahun. Mama sayang denganmu. Semoga segala keberkahan selalu menyertai setiap perjalanan kehidupanmu"

"Barakallahu fii umrik, putri kecil Mama. Selamanya kami akan menyayangimu, sayang. Semoga kehidupanmu selalu damai sentosa dan diliputi kebahagian serta keberkahan dari Allah SWT"

"Barakallahu fii umrik anak cantik. Semoga keberkahan menyertai perjalanan usiamu. Jadikan mimpi dan harapanmu sebagai pemacu untuk semakin giat belajar supaya cerah masa depanmu kelak"

"Putri kecil Mama, selamat ulang tahun. Semoga tahun ini menjadi tahun yang membawa keberkahan bagimu, dilancarkan segala usahamu"

"Selamat ulang tahun, sayangku. Semoga kamu senantiasa diliputi kebahagian dan keberkahan dari Allah SWT dan semoga apa yang kamu cita-citakan dapat sesuai dengan keinginanmu"

“Selamat ulang tahun, anakku sayang. Semoga Allah senantiasa memberikanmu nikmat sehat dan keberkahan dalam hidupmu. Kami berharap agar kamu diberikan rezeki yang berkah dan hati untuk selalu bersyukur. "

"Putriku sayang, selamat ulang tahun. Semoga engkau selalu berada dalam perlindungan Allah SWT, dipermudah dalam menuntut ilmu dan diperlancar rezekinya"

"Putriku, di hari spesialmu ini Mama berharap semoga kamu diliputi kebahagiaan sepanjang tahun dan Allah senantiasa memudahkan segala urusanmu"

"Anak gadisku, selamat atas bertambahnya usiamu. Mama berharap kamu senantiasa diberikan kemudahan dalam belajar dan kamu bisa menggapai apa yang kamu cita-citakan"

"Anaku yang cantik, tidak banyak kata yang bisa mama sampaikan. Mama hanya berharap hidupmu selalu dipermudah oleh Allah dan kasih sayangnya selalu tercurah kepadamu"

6. Doa agar anak dilancarkan rezekinya

6. Doa agar anak dilancarkan rezekinya
Pexels/ivansamkov

Setiap orangtua selalu berdoa agar rezeki anak-anaknya selalu dilancarkan oleh Tuhan. Saat ulang tahun, doa meminta kelancaran rezeki ini tidak pernah luput dari para orangtua. Berikut doa-doa yang dapat Mama berikan kepada anak:

"Selamat ulang tahun anak manis! semoga hari-harimu selalu menyenangkan dan senantiasa diberkahi oleh Allah SWT"

"Selamat ulang tahun putri kecilku, berbahagialah di ulang tahumu hari ini. Mama berdoa supaya kamu selalu dilancarkan rezekinya dan dimudahkan segala urusannya"

"Putri kecil Mama, selamat ulang tahun, ya! ketahuilah kami sangat menyayangimu. Sebagai orangtua kami hanya bisa berharap kelas dewasa nanti kamu hidup dengan segala kenikmatan dari Allah SWT"

"Sayangku, selamat bertambah dewasa. Rajinlah beribadah, supaya Allah senantiasa memberikanmu nikmat yang tiada tara"

"Putriku, selamat bertambah usia. Semoga kamu sehat selalu dan Allah SWT senantiasa melimpahkamu rezeki"

"Anakku sayang, jadilah manusia yang lebih baik mulai hari ini. Percayalah bahwa Allah selalu ada di dekatmu dan selalu memberikanmu kemudahan dalam setiap langkahmu"

"Putriku yang salihah, dengan bertambahnya usiamu hari ini Mama berharap Allah SWT senantiasa melimpahkan nikmat sehat dan rezekinya kepadamu"

"Ananda, mungkin kami belum bisa memenuhi semua permintaanmu. Tetapi ketahuilah, Allah senantiasa mengabulkan doa hamba yang tunduk kepadanya. Selamat ulang tahun!"

"Selamat ulang tahun putri cantikku. Semoga kamu tumbuh menjadi anak saleh, dan senantiasa dilimpahkan rezeki oleh Allah SWT"

"Anak salihah, selamat ulang tahun. Mama akan selalu mendoakanmu agar kamu mendapatkan hidup yang bahagia dan sejahetera dunia akhirat"

7. Harapan agar anak selalu bahagia

7. Harapan agar anak selalu bahagia

Semua orangtua tentunya ingin melihat anaknya bahagia. Hidup bahagia apapun kondisinya, jauh lebih baik daripada hidup mewah namun tak bahagia. Yuk, sampaikan harapan kepada anak agar selalu bahagia seperti berikut ini:

"Nak, selamat ulang tahun. Semoga tahun ini membawa keberkahan bagimu dan Allah senantiasa menyayangimu"

"Sayang, selamat ulang tahun. Berbahagialah selalu atas apa yang kamu inginkan"

"Putriku sayang, berbahagialah di hari spesialmu ini. Mama berharap kebahagiaann ini akan terus berlanjut padamu selamanya"

"Nak, di hari bahagiamu ini Mama berpesan jadilah orang yang selalu bersyukur. Beryukurlah atas segala yang telah kamu miliki saat ini dan berbahagialah selalu"

"Selamat ulang tahun putri kecilku. Kami berharap Allah SWT senantiasa mencurahkan nikmatnya kepadamu agar kamu dapat hidup bahagia selalu"

"Sayangku, selamat bertambah usia. Percayalah bahwa Allah akan memberikanmu kebahagiaan atas segala kebaikan yang telah kamu perbuat selama ini"

"Putriku, dengan bertambahnya usiamu kini Mama berdoa agar kelak hidupmu selalu diwarnai kebahagiaan yang tak henti-henti"

"Anakku sayang, berbahagialah atas bertambahnya usiamu kini. Yakinlah bahwa Allah tidak akan memberikanmu kesedihan di luar batas kemampuannmu"

"Putri kecilku, mulai saat ini jadilah bintang yang terang bagi banyak orang. Buatlah orang-orang disekitarmu bahagia bersamamu"

"Nak, kelak saat dewasa kamu akan merasakan pahitnya kehidupan. Namun Mama berdoa supaya kamu dapat melewati hari-hari terberatmu dan membuat hari-hari terberat itu menjadi bahagia"

8. Harapan agar cita-cita anak dapat terkabul

8. Harapan agar cita-cita anak dapat terkabul
Pexels/ivansamkov

Setiap anak pasti memiliki cita-cita. Sebagai orangtua, Mama hanya dapat mendukung dan mengarahkan setiap keputusan yang dibuat oleh anak.

Di hari spesialnya, yuk sampaikan harapan agar cita-citanya dapat tercapai, seperti kalimat-kalimat berikut ini:


"Sayangku, selamat ulang tahun. Semoga apa yang kamu cita-citakan dapat terwujud sesuai keinginanmu"

"Anakku, selamat bertambah usia. Harapan Mama semoga semua cita-cita dan doamu dapat dikanbulkan oleh Allah SWT"

"Nak, selamat ulang tahun, ya! berdoalah kepada Allah agar cita-citamu dapat terwujud sesuai dengan keinginanmu"

"Selamat ulang tahun, wahai anakku yang manis. Semoga segala cita-citamu dapat terkabul"

"Anakku sayang, selamat ulang tahun. Berdoalah kepada Allah agar semua usahamu diberikan kelancaran dan kemudahan"

"Nak, semoga apa yang menjadi cita-citamu saat ini diridhai oleh Allah SWT. Mama hanya bisa berdoa supaya Allah senantiasa mencurahkan rezekinya padamu"

"Selamat ulang tahun buah hatiku. Semoga hidupmu selalu damai, dan cita-citamu dapat direstui oleh Allah SWT"

"Nak, dihari spesialmu ini mama hanya ingin menyampaikan berdoalah kepada Allah agar ia senantiasa mengabulkan permintaanmu yang mungkin belum bisa Mama wujudkan"

"Selamat ulang tahun putri kecilku. Bermimpilah setinggi langit, lalu berdoalah kepada Allah agar mimpi-mimpimu dapat terwujud"

"Sayangku, selamat ulang tahun. Semoga Allah senantiasa mengabulkan doa-doamu dan meridhai setiap usahamu"

9. Harapan supaya anak tumbuh menjadi pribadi yang tangguh

9. Harapan supaya anak tumbuh menjadi pribadi tangguh
Pexels/vladakarpovich

Semakin bertambahnya usia, maka akan semakin banyak pula cobaan yang akan dilalui oleh anak.

Oleh karena itu, di momen ulang tahunnya Mama dapat memberikan ucapan semangat dan berikanlah ia harapan agar ia dapat menjadi pribadi yang tangguh. 

Beberapa kalimat yang bisa mama sampaikan kepada anak, antara lain:

"Anakku, ketahuilah bahwa kamu sudah dewasa. Kamu harus menjadi pribadi tangguh yang pantang menyerah mulai saat ini diusiamu yang baru"

"Selamat ulang tahun anakku. Mama berharap, kerasnya dunia tidak akan memudarkan semangatmu untuk terus berjuang menggapai cita-cita. Ingatlah bahwa Allah selalu ada di dekatmu"

"Putriku, kedepannya mungkin kamu akan melalui hari-hari yang berat. Namun percayalah hal berat itu hanya sementara, maka bersabarlah. Selamat ulang tahun!"

"Anaku sayang, berdoalah kepada Allah supaya kamu dapat melalui hal-hal berat di dunia ini. Di usiamu saat ini, kamu harus menjadi pribadi yang lebih baik dan tangguh dari sebelumnya"

"Selamat ulang tahun, wahai anakku. Jadilah perempuan hebat yang pantang menyerah"

"Anakku cantik, selamat ulang tahun. Berdoalah kepada Allah supaya ia senantiasa melindungimu dari mara bahaya dan dari hal-hal yang menakutkan dihidupmu"

"Barakallah fii umrik anak salihah. Berjanjilah untuk jadi wanita tangguh yang pantang menyerah"

"Barakallah fii umrik anakku. Jika hari-harimu terasa berat, maka dekatkanlah dirimu kepada Allah agar ia senantiasa memudahkan jalanmu"

"Selamat bertambah usia anakku. Jadilah putri Mama yang tangguh dan pantang menyerah"

"Anakku sayang, selamat ulang tahun. Kuatkanlah hatimu untuk menghadapi kerasnya dunia. Mintalah perlindungan Allah SWT"

10. Sampaikan kata penyemangat

10. Sampaikan kata penyemangat
Pexels/ivansamkov

Bagi beberapa orang, kata-kata semangat yang diberikan oleh orang lain dapat menjadi obat yang ampuh untuk menghalau sedih.

Hal ini dapat Mama lakukan pada anak di momen ulang tahunnya. Mama dapat memberikan kata-kata penyemangat seperti berikut ini:

"Anaku sayang, selamat bertambah usia. Teruslah bermimpi dan jangan takut untuk menghadapi dunia, karena kami selalu ada disampingmu"

"Anakku, bertambahnya usiamu tidak dapat melunturkan kasih sayang kami kepadamu. Ingatlah bahwa kamu masih memiliki Mama dan Papa yang senantiasa mendukungmu"

"Putriku, selamat ulang tahun. Kami berharap kamu selalu semangat melewati hari-hari yang berat. Ingatlah bahwa Allah selalu menemani setiap perjalananmu"

"Nak, selamat ulang tahun. Bersyukurlah kepada Allah atas usiamu saat ini. Teruslah berdoa kepadanya saat kamu senang ataupun saat kamu sedih"

"Sayangku, selamat ulang tahun. Jadikanlah momen ini menjadi awal dari hari-hari bahagiamu kedepan"

"Putriku sayang, selamat bertambah usia. Berjanjilah untuk tetap semangat apapun yang terjadi"

"Anak Mama yang manis, selamat ulang tahun. Percayalah Mama selalu ada didekatmu apapun yang terjadi"

"Anakku, selamat ulang tahun. Percayalah Allah tidak akan meninggalkanmu sendirian dalam kegelapan. Jadilah penerang bagi orang lain"

"Putriku, selamat ulang tahun. Mama selalu menyayangimu apapun yang terjadi padamu"

"Barakallah fii umrik, anak salihah. Tumbuhlah jadi gadis yang tangguh dan pantang menyerah"

Itu dia  referensi ucapan ulang tahun untuk anak perempuan Islami yang dapat Mama pilih untuk disampaikan kepada anak. Ucapan adalah doa, oleh karena itu berdoalah sebanyak-banyaknya.

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk