Kewalahan dengan Emosi, 10 Arti Mimpi Anak Tentang Tenggelam

Emosi mungkin terkait dengan kesedihan yang intens, depresi, dan perasaan terkait lainnya

6 September 2021

Kewalahan Emosi, 10 Arti Mimpi Anak Tentang Tenggelam
Pixabay/StockSnap

Mimpi seringkali dianggap tak hanya sebagai bunga tidur, namun juga membawa pesan bagi kehidupan. Tak jarang mimpi bisa menceritakan pengalaman indah hingga pengalaman menyeramkan, seperti mimpi tenggelam.

Tenggelam bisa menjadi peristiwa menakutkan dan berbahaya jika terjadi dalam kehidupan nyata. Mimpi tenggelam seringkali dikaitkan dengan emosi dan kewalahan. Beberapa mimpi tenggelam, memiliki skenario yang paling umum.

Untuk mengetahui arti mimpi anak, ini Popmama.com akan membahas beberapa arti mimpi seputar tenggelam berikut ini. Yuk simak!

1. Arti mimpi tenggelam secara umum

1. Arti mimpi tenggelam secara umum
Pexels/Senanur Ceylan

Ketika anak mimpi tenggelam, secara umum ini menunjukkan bahwa ia sedang berjuang dengan emosi negatif dan menguras emosi dalam kehidupan nyata. Emosi ini mungkin terkait dengan kesedihan yang intens, depresi, dan perasaan terkait lainnya.

Emosi ini bahkan dapat membuat anak merasa bahwa ia bertanggung jawab atas kesulitan dan masalah yang ia alami sendiri. Ketika dalam mimpi anak tenggelam dan kesulitan menyelamatkan diri dengan berenang ke atas, ini menunjukkan bahwa "tenggelam" dalam emosi dan membuatnya jadi kewalahan.

2. Arti mimpi tenggelam namun dapat menyelamatkan diri

2. Arti mimpi tenggelam namun dapat menyelamatkan diri
Pexels/Evelyn Chong

Ketika anak bermimpi tenggelam dalam air, tetapi ia dapat menyelamatkan diri, ini melambangkan kekuatan. Bertahan dari bencana menunjukkan bahwa meskipun apa yang anak alami mengerikan, ia masih bisa bertahan bahkan berjuang mengatasinya.

Ini menggambarkan ketika anak mengalami sebuah kesulitan hidup, ia masih dapat mencapai hari berikutnya, dan menyadari bahwa masih ada kehidupan dan peluang baru untuk melakukan hal yang berbeda.

Mimpi tenggelam dan selamat ini dapat mengajarkan anak untuk mengambil pelajaran dari masa lalu dan jadikan masa depan sebagai tempat yang lebih baik baginya.

3. Arti mimpi diselamatkan oleh orang lain ketika tenggelam

3. Arti mimpi diselamatkan oleh orang lain ketika tenggelam
Unsplash/Tim Marshall

Jika anak bermimpi ia diselamatkan oleh seseorang saat tenggelam, ini berarti anak sedang mengalami kesulitan dalam hidup. Saat mengalami kesulitan, masuk akal jika anak mengharapkan bantuan dari orang-orang yang dekat dengan kehidupan sehari-harinya.

Mimpi ini juga menunjukkan bahwa ia membutuhkan bantuan, dan tidak ada salahnya untuk mengakuinya. Ketika anak merasa lebih kuat, ia justru tahu bagaimana mengenali dirinya saat lemah. Jangan ragu untuk mengatakan pada anak bahwa ia dapat berbicara kapan saja dengan Mama.

Atau jika ia tidak ingin membicarakannya dengan orangtua, mintalah ia untuk bicara dengan teman baik dan mintalah nasihat, untuk saling membantu.

4. Arti mimpi hampir tenggelam

4. Arti mimpi hampir tenggelam
Pixabay/wileylong

Ketika anak bermimpi tentang hampir tenggelam atau menyelamatkan diri dari tenggelam, dapat menggambarkan bahwa anak mampu menghindari situasi dalam hidup yang dapat membahayakannya.

Tak hanya membahayakan secara fisik, kemungkinannya adalah anak telah menghindari atau menyelamatkan diri dari situasi yang mengancam kesehatan mentalnya.

Ini juga bisa menjadi situasi yang menyedihkan, atau anak menyadari ada seseorang yang mencoba menyakiti, menipu, atau membodohinya.

Editors' Picks

5. Arti mimpi tenggelam di kolam renang

5. Arti mimpi tenggelam kolam renang
Unsplash/Kyle Glenn

Umumnya, mimpi berenang terhubung dengan kesenangan dan momen relaksasi yang menyenangkan. Namun jika anak bermimpi ia tenggelam di kolam renang dan ia merasa putus asa, ini menjadi saat yang tepat untuk mengatur prioritas hidup.

Tubuh anak tahu kapan saatnya untuk berhenti dan meminta kedamaian agar beristirahat. Lakukan kegiatan yang membawa kesenangan kecil dalam hidup, dan jangan mengingatkan anak pada tugas sekolah atau belajar dalam waktu luangnya.

6. Arti mimpi tenggelam di laut

6. Arti mimpi tenggelam laut
Pixabay/milesz

Mimpi tenggelam di laut yang dalam bisa menjadi mimpi buruk bagi anak, terlebih lagi ketika tidak ada seseorang yang dapat menolongnya. Ketika anak memimpikan hal ini, berarti ia sedang merasa tidak memiliki siapa pun untuk mencari dukungan dalam kehidupan nyata.

Walaupun ada seseorang yang selalu hadir untuknya, akan selalu ada momen yang mengganggu. Misalnya, kesibukkan orangtua, teman yang asik bermain dengan teman lain, dan lain-lain.

Anak merasa bahwa mereka tidak lagi hadir untuknya, perasaan tidak memiliki tersebut dapat "membunuh" nya. Ketidakhadiran orang-orang terpenting anak telah membuatnya sulit untuk menjadi stabil, dan rasa sakit itu menenggelamkannya secara psikologis.

7. Arti mimpi tenggelam di sungai

7. Arti mimpi tenggelam sungai
Pexels/Click'r Sharad Patil Sp-dv

Bermimpi tentang tenggelam di sungai menggambarkan bahwa anak sedang merasa sulit untuk mengatasi cara hidup yang membebaninya dengan tanggung jawab. Tak jarang, dalam usia remaja anak akan dihadapkan dengan berbagai tugas yang mengajarkannya untuk tanggung jawab. 

Ketika anak melihat air terjun atau arus air yang deras dalam mimpinya, tak peduli seberapa keras mencoba, ia mungkin tak berdaya untuk keluar darinya. Ini menjadi pesan bahwa anak merasakan hal yang sama saat menghadapi kesulitan nyata dalam kehidupannya.

8. Arti mimpi tenggelam akibat bencana alam

8. Arti mimpi tenggelam akibat bencana alam
Pexels/Luca Nardone

Bermimpi tentang tenggelam karena bencana alam mewakili berbagai jenis makna tergantung pada bencana.

Misalnya, jika anak bermimpi tenggelam akibat bencana tsunami, itu berarti emosi yang terperangkap dari dalam diri anak, sedang mencari jalan keluar.

Namun jika tenggelam disebabkan karena banjir, ini berarti emosi anak sedang tidak terkendali dan tenggelam dalam emosi tersebut menjadi prosesnya.

9. Arti mimpi anak melihat seseorang yang tenggelam

9. Arti mimpi anak melihat seseorang tenggelam
Unsplash/Nowshad Arefin

Saat anak melihat seseorang tenggelam dalam mimpi dan merasa tidak berdaya untuk menyelamatkan mereka dengan cara apapun, itu berarti ia mencoba untuk memiliki kendali atas sesuatu dalam kehidupan nyata yang tidak dapat ia kendalikan.

Namun, ketika dalam mimpi anak melihat seseorang tenggelam dalam air dan merasa tidak perlu menyelamatkan atau melindunginya dengan cara apa pun, ini dapat menggambarkan anak telah kehilangan sesuatu dari hidupnya yang tidak lagi ia pedulikan.

10. Arti mimpi menenggelamkan orang lain

10. Arti mimpi menenggelamkan orang lain
Freepik/Rawpixel-com

Menenggelamkan seseorang dalam mimpi, melambangkan keinginan anak untuk menekan emosinya yang sangat terlibat tentang seseorang atau sesuatu.

Tindakan menenggelamkan seseorang dalam mimpi bukan berarti anak ingin membunuh seseorang di kehidupan nyata. Sebaliknya, anak memikirkan hubungannya dengan orang lain yang mungkin membuatnya merasa kesakitan.

Di sini juga bisa berarti anak ingin menghindarinya atau tidak pernah ingin melihat atau memikirkannya lagi.

Itulah beberapa mimpi tentang tenggelam yang paling umum. Seperti yang disebutkan sebelumnya, mimpi dapat menjadi bunga tidur atau menjadi pesan akan sesuatu. Sehingga tak semua mimpi memiliki korelasi dengan hidup anak di saat ini.

Penting untuk menjadikan arti mimpi hanya sebagai pembelajaran dalam hidup anak. Agar membuatnya lebih mengerti bagaimana cara menghadapi kondisi tertentu di masa depan.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.