7 Jenis Meditasi Terpandu untuk Mengatasi Stres pada Remaja

Cegah kecemasan dan stres pada remaja dengan beberapa jenis meditasi berikut ini

4 April 2022

7 Jenis Meditasi Terpandu Mengatasi Stres Remaja
Freepik/Redfox

Akibat tekanan sekolah dan penurunan kepercayaan diri akibat membandingkan diri di media sosial, remaja lebih rentan terhadap stres kronis dan gangguan kecemasan daripada sebelumnya.

Masalah-masalah ini dapat membuatnya sulit tidur, terutama jika anak remaja mama memiliki kecenderungan untuk menggulir ponsel mereka tepat sebelum tidur.

Meditasi terpandu adalah cara yang bagus untuk bersantai sebelum tidur, beberapa jenis meditasi terpandu dapat dengan mudah diterapkan pada rutinitas malam hari remaja, untuk meningkatkan kesehatan mentalnya.

Berikut Popmama.com telah merangkum 7 jenis meditasi terpandu untuk mengatasi stres pada remaja.

Yuk, simak apa saja!

1. Pemindaian tubuh

1. Pemindaian tubuh
Pexels/Andrea Piacquadio

Meditasi pemindaian tubuh adalah cara yang bagus bagi remaja untuk memeriksa tubuhnya sebelum tidur. Jenis meditasi terpandu ini dapat membantu membawa kesadaran remaja pada setiap rasa sakit, nyeri, atau perasaan tidak nyaman yang umum di dalam tubuh.

Kesadaran ini juga dapat membantu remaja rileks sehingga dapat tidur lebih nyenyak sepanjang malam.

Selain itu, meditasi pemindaian tubuh biasanya hanya membutuhkan waktu 5-10 menit, menjadikannya hal yang mudah untuk dimasukkan ke dalam rutinitas malam hari yang khas.

2. Meditasi cinta kasih

2. Meditasi cinta kasih
Pexels/Monstera

Remaja seringkali berfokus pada hal-hal negatif dalam hidup. Sayangnya, ini sangat memengaruhi harga diri dan suasana hati secara keseluruhan.

Namun, meditasi cinta kasih dimaksudkan untuk membantunya berhubungan kembali dengan orang-orang yang paling berarti baginya dan mengisi hati dengan cinta dan rasa syukur.

Emosi positif ini dapat membantu anak dalam banyak hal, termasuk membantu anak merasa damai saat mengakhiri hari.

Untuk remaja, meditasi ini bisa sangat ampuh karena dapat membantunya merasa tidak terlalu terisolasi dan sendirian sebelum waktu tidur.

Selain itu, ia dapat melepaskan perasaan negatif apa pun yang mungkin dialami terhadap orang lain atau dirinya sendiri sepanjang hari, dan membiarkan perasaan positif menggantikan perasaan negatif.

Editors' Picks

3. Jalan-jalan dengan penuh perhatian

3. Jalan-jalan penuh perhatian
Pexels/Ron Lach

Jalan-jalan yang penuh perhatian atau yang disebut dengan mindfull walking adalah cara yang bagus untuk melakukan beberapa aktivitas fisik sambil juga menyadari tubuh dan lingkungan, dengan cara yang sangat terfokus.

Terlebih lagi, anak dapat berjalan dengan penuh perhatian di mana saja, apakah itu di sekitar rumah, di halaman belakang, atau bahkan di taman bunga.

Dilansir dari Mindfulness for Teens, jalan-jalan dengan penuh perhatian bisa menjadi cara yang bagus untuk bersantai sebelum waktu tidur, terutama di waktu-waktu matahari mulai terbenam.

4. Meditasi visualisasi

4. Meditasi visualisasi
Pexels/Monstera

Tidak seperti beberapa meditasi dalam daftar ini yang berfokus pada apa yang terjadi di dalam tubuh, meditasi visualisasi membawa anak mama ke 'tempat lain' di dalam kepalanya dan membantunya rileks.

Sesuai namanya, meditasi visualisasi dapat memberikan anak sesuatu yang lain untuk dipikirkan. Dilansir dari Healthline, ada lima metode visualisasi yang bisa anak coba, yaitu pernapasan warna, meditasi welas asih, relaksasi otot progresif, perumpamaan terpandu, dan visualisasi tujuan.

Anak dapat mencoba kelima meditasi visualisasi ini dan menemukan mana yang paling berpengaruh untuknya.

5. Yoga yang penuh perhatian

5. Yoga penuh perhatian
Freepik

Percaya atau tidak, yoga juga bisa menjadi bentuk mindfulness. Seperti berjalan dengan penuh perhatian, yoga yang penuh perhatian adalah cara yang bagus bagi anak remaja untuk melakukan beberapa aktivitas fisik sambil juga merilekskan tubuh dan pikirannya.

Jika anak mama tak pernah mencoba yoga sebelumnya, tak perlu khawatir! Karena mindfulness yoga ini sebagian besar kegiatan ini tidak memerlukan pengalaman yoga untuk memahaminya.

6. Meditasi chakra

6. Meditasi chakra
Pexels/Artem Podrez

Meditasi chakra dimaksudkan untuk membantu seorang individu menyeimbangkan energi di dalam tubuh mereka dan membersihkan kemungkinan masalah yang menyumbat di tempat-tempat tertentu dalam tubuhnya.

Seperti meditasi pemindaian tubuh, meditasi ini juga membantu remaja merilekskan tubuh dan membantu mempersiapkan diri sebelum waktu tidur. Inilah yang menjadikan meditasi chakra bagus untuk dicoba oleh remaja selama rutinitas malam hari.

7. Meditasi pelangi

7. Meditasi pelangi
Pexels/Pixabay

Seperti yang disebutkan sebelumnya, anak remaja saat ini lebih rentan terhadap kecemasan, stres, dan menurunnya harga diri. Jangan biarkan hal-hal negatif ini merasuki anak hingga mengganggu aktivitasnya sehari-hari.

Untuk mengatasinya Mama dapat mengajarkan anak melakukan meditasi pelangi atau The Rainbow Meditation yang dimaksudkan untuk menjauhkan anak dari kecemasan dan stres, sambil membawanya menuju kedamaian batin.

Seperti meditasi chakra, meditasi pelangi juga berfokus pada pusat energi di dalam tubuh, hanya dengan cara yang sedikit berbeda.

Nah itulah 7 jenis meditasi terpandu untuk mengatasi stres pada remaja. Stres tak hanya berdampak buruk pada kesehatan mental anak, namun ini juga bisa berdampak pada kesehatan fisik serta kehidupan sehari-harinya.

Yuk bantu anak menjaga kesehatan mental dan fisiknya, dengan melakukan beberapa meditasi di atas sebagai bagian dari rutinitas sehari-hari!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk