TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

7 Rekomendasi Tempat Kursus Piano di Jakarta Barat untuk Anak

Tak ada salahnya untuk mengasah bakat anak di dunia musik sejak usia muda!

30 September 2022

7 Rekomendasi Tempat Kursus Piano Jakarta Barat Anak
pixabay.com/nightowl

Tahukah Mama bahwa belajar musik memberikan banyak manfaat bagi tumbuh kembang anak-anak?

Salah satu alat musik populer yang banyak dipelajari anak-anak adalah piano. Jika anak mama mengambil kelas kursus piano, ia akan belajar lebih dari sekedar musik dalam bermain piano lho!

Misalnya, anak akan mencapai keterampilan yang berharga seperti disiplin diri, konsentrasi mental, menghargai waktu, kemampuan untuk bertahan di bawah tekanan, keterampilan memori dan banyak lagi yang akan bermanfaat bagi mereka hingga dewasa.

Jika Mama tinggal di wilayah Jakarta Barat dan tertarik untuk mendaftarkan anak pada kursus piano, berikut ini Popmama.com telah merangkum 7 rekomendasi tempat kursus piano di Jakarta Barat.

Yuk simak!

1. D'Jazz Music School

1. D'Jazz Music School
Instagram.com/djazzmusicschool

Ingin anak belajar alat musik jazz atau bisa bermain musik bergenre jazz? Jika iya, Mama dapat mendaftarkan anak ke D'Jazz Music School.

Di tempat kursus ini, anak dapat mengikuti berbagai macam kursus dari Pra-Basic hingga Advanced Courses untuk segala usia. Mama dapat menemukan Kursus Instrumen Berbasis Kurikulum D'Jazz hingga Kursus Pembelajaran Fleksibel.

Selain piano, anak dapat melatih vokal hingga belajar alat musik seperti gitar, bass, drum, saxophone, terompet, biola, hingga perkusi.

Biaya registrasinya sebesar Rp.850.000,- dan untuk biaya kursus perbulannya mulai dari Rp.550.000,- hingga Rp.950.000,-.

D'Jazz Music School ini berlokasi di Jl. Kencana Utama 3 No.32D, RT.3/RW.7, Blok M8, Kembangan Selatan, Kecamatan Kembangan, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11610, Indonesia

2. Ernada Music Centre

2. Ernada Music Centre
ernadamusiccentre.blogspot.com

Ernada Music Centre didasari oleh sebuah filosofi yaitu "Musik untuk semua orang, Musik adalah bahasa dunia". Dasar pemikirannya inilah yang membuat mereka yakin bahwa semua orang berhak untuk menikmati dan belajar musik, termasuk anak-anak sekalipun.

Sekolah musik ini memiliki kurikulum yang didesain khusus berdasarkan riset untuk anak-anak dan di sesuaikan dengan usia serta minat anak. Sehingga diharapkan dapat memberikan hasil yang optimal bagi para siswanya.

Mulai dari usia enam tahun, anak dapat mempelajari alat musik piano, keyboard, gitar klasik dan akustik, drum, saxophone, flute, violin, hingga vokal.

Ernada Music Centre ini berlokasi di Ruko Grand Palm City Walk, Blok B No. 21 Pasar Laris Perum Kosambi Baru, Duri Kosambi, Jakarta Barat

Editors' Picks

3. Gloriamus School of Music

3. Gloriamus School of Music
gloriamus.org

Gloriamus School of Music merupakan tempat kursus musik yang didirikan dengan kebutuhan utama untuk mengembangkan orkestra simfoni untuk musik gereja di Gereja Kristus Yesus, dan juga memberikan pendidikan musik untuk mengembangkan bakat musik di berbagai usia.

Untuk kelas pianonya sendiri, dapat dimulai dari usia 3-5 tahun. Bukan hanya diajarkan bermain untuk tampil sendiri, namun nantinya anak juga akan belajar bermain piano dalam kelompok.

Para pengajarnya merupakan lulusan dari Universitas musik ternama dunia, mulai dari Musik akademie der STADT, Kassel, Germany, West Virginia University, Morgantown, USA, Otago University, New Zealand, dll.

Memiliki tujuh cabang di wilayah Jakarta, Gloriamus School of Music juga ada yang berlokasi di Jakarta Barat, yaitu di Green Ville Blok C3/1-1A, Jakarta Barat.

4. Purwacaraka Music Studio

4. Purwacaraka Music Studio
Instagram.com/purwacaraka.rawamangun.cempaka

Mama mungkin sudah tak asing dengan tempat kursus musik yang satu ini, bukan? Yup, Purwacaraka Music Studio ini sudah memiliki 76 kantor cabang yang tersebar di pelosok nusantara.

Sekolah musik yang satu ini menawarkan berbagai kursus musik yang cocok untuk segala usia. Mereka memiliki sejumlah tenaga ahli yang akan mengajar sembilan unit kursus, yakni vokal, piano klasik dan pop, keyboard, gitar klasik, modern, dan bas, drum, atau violin.

Kursus musik ini juga secara rutin mengadakan konser dan resital yang menampilkan talent dari para siswanya.

Selain itu, Purwacaraka Music Studio juga dilengkapi berbagai macam alat musik yang dapat digunakan oleh siswanya, sehingga anak tidak perlu membawa alat musik pribadi dari rumah.

Biaya kursus per bulannya mulai dari Rp 400.000-an tergantung jenis alat musik yang dipilih. Sedangkan waktu belajarnya empat kali pertemuan dalam sebulan dengan durasi belajar sekitar 40 menit.

Terdapat tiga cabang Purwcaraka Music Studio di Jakarta Barat, salah satunya di Taman Semanan, yang berlokasi di Taman Semanan Indah Jl.Dharma Permai B3 No.45, Jakarta Barat

5. Sekolah Musik Dutanada

5. Sekolah Musik Dutanada
Instagram.com/dutanadamusik

Selanjutnya ada Sekolah Musik Dutanada yang juga terletak di wilayah Jakarta Barat. Sekolah musik yang berdiri sejak tahun 2003 ini, memberikan pendidikan musik bertaraf Internasional dengan kurikulum ABRSM - Royal, London UK. 

Setiap tahunnya, para siswa di sekolah musik ini wajib mengikuti konser sebanyak tiga kali, yang terbagi menjadi dua kali studio konser dan satu kali konser besar. 70 persen murid yang lulus, juga mendapatkan predikat Merit/Distinction.

Sekolah Musik Dutanada ini, berlokasi di Jl. Pulau Bira Raya B9 no 3, Permata Buana RT.13/RW.9 Kembangan Utara, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11610, Indonesia

6. Willy Soemantri Music School

6. Willy Soemantri Music School
Instagram.com/wsmstanjungduren

Willy Soemantri Music School atau WSMS merupakan sekolah musik yang mengggunakan kurikulum perpaduan antara kurikulum yang dikembangkan sendiri dan kurikulum dari ABRSM (Association of British Royal School of Music).

Kurikulum yang digunakan juga selalu dikembangkan dengan perkembangan musik saat ini, sehingga musik-musik yang diajarkan sesuai dengan minat para siswa.

Selain piano klasik dan pop, WSMS sendiri memiliki 10 kelas musik yang ditawarkan, yaitu gitar klasik dan pop, gitar elektrik, bass, keyboard, vokal atau menyanyi, drum, biola, saxophone, hingga flute.

Willy Soemantri Music School ini berlokasi di  Ruko Perumahan Taman Permata Buana, Jl. Pulau Bira No.18, RT.13/RW.9, Kembangan Utara, Kembangan, Jakarta Barat, Jakarta 11610

7. Yamaha Music School Topaz Musik

7. Yamaha Music School Topaz Musik
Instagram.com/topazmusic.official

Yamaha Music School atau Yamaha Musik Indonesia (YMI) merupakan sekolah musik sub-lisensi yang memiliki lebih dari 108 lokasi dan tersebar di seluruh Indonesia.

Sekolah musik ini mengkhususkan pendidikan piano, electone guitar, drum, dan kursus musik pop yang dapat diikuti oleh anak mulai berusia dua tahun.

Yamaha Music School memiliki sejumlah tenaga ahli di bidang musik yang siap membantu anak untuk mengembangkan bakat bermusiknya.

Selain itu, tempat kursus ini juga rutin menyelenggarakan kompetisi dan seminar musik seperti, Pesta Musik, Electone Festival, Junior Original Concert dan masih banyak lagi.

Biaya pendaftarannya pun berkisar, antara Rp 400.000 hingga Rp 500.000. Sementara biaya kursus per bulannya tergantung pada kelas musik yang dipilih. Umumnya setiap kelas memiliki jadwal empat kali pertemuan dengan durasi belajar antara 30-40 menit.

Yamaha Music School Topaz Musik ini berlokasi di  Mall Ciputra Lt. 5 No. 33, RT. 11 / RW. 1, Tanjung Duren Utara, Grogol Petamburan, RT.11/RW.1, Tj. Duren Utara, Kec. Grogol petamburan, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11470.

Yup, itulah 7 rekomendasi tempat kursus piano anak di Jakarta Barat, yang diharapkan bisa menjadi pilihan Mama saat mempertimbangkan tempat kursus untuk mengembangkan bakat anak.

Untuk mengoptimalkan anak dalam mengasah bakatnya, pastikan Mama selalu memberikan dukungan dan semangat untuk anak ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk