5 Tipe Gaya Belajar, Mana yang paling Cocok pada Anak Mama?

Gaya belajar dapat dipengaruhi oleh karakter anak lho!

17 Desember 2021

5 Tipe Gaya Belajar, Mana paling Cocok Anak Mama
Freepik

Baik disadari atau tidak, anak mama mungkin memiliki gaya belajar yang unik. Apakah dengan cara membuat mind mapping atau pemetaan pikiran, atau mungkin dibuat menjadi lirik lagu untuk menghafal kalimat yang panjang.

Hal ini karena setiap orang memiliki kemampuan untuk menyerap informasi atau pengetahuan dengan cara yang berbeda-beda.

Maka dari itu, anak mama bisa mempunyai gaya belajarnya sendiri yang sesuai dengan karakternya.

Kira-kira gaya belajar apa yang paling cocok dengan anak?

Yuk simak 5 tipe gaya belajar yang telah Popmama.com rangkum di bawah ini!

1. Gaya belajar visual

1. Gaya belajar visual
Freepik
Ilustrasi anak sedang belajar daring

Sesuai dengan namanya, gaya belajar visual merupakan gaya belajar yang menggunakan media visualisasi, seperti gambar, warna, imajinasi, dan grafik.

Nah, jika anak mama merasa lebih mudah memahami materi yang disajikan dengan sederet medium-medium tersebut, maka ia adalah tipe anak dengan gaya belajar visual.

Ciri-ciri orang yang menggunakan gaya belajar ini adalah mereka suka menggambar, melukis, dan mereka juga mudah untuk menangkap informasi melalui video. Apakah anak mama termasuk salah satunya?

Editors' Picks

2. Gaya belajar kinestetik

2. Gaya belajar kinestetik
Freepik

Sedangkan anak-anak yang suka gaya belajar kinestetik ini umumnya ditandai dengan kecepatan menerima dan mengolah informasi dari hal-hal fisik. Anak dengan karakter ini senang memanfaatkan kemampuan dalam interaksi fisik melalui gerakan tubuh.

Biasanya, anak yang menyukai gaya belajar kinestetik ini cenderung pandai dalam bidang olahraga serta gemar membuat berbagai kerajinan tangan. Pikirannya akan lebih mudah menyerap informasi baru ketika dilakukan bersamaan dengan aktivitas fisik.

3. Gaya belajar auditori

3. Gaya belajar auditori
Freepik

Anak yang gemas dengan gaya belajar ini, umumnya mempunyai kemampuan untuk mengingat suatu informasi ketika disampaikan secara lisan. Biasanya, anak adalah pendengar setia jika ada guru yang menjelaskan suatu materi.

Ada satu tanda yang bisa Mama perhatikan jika anak memiliki gaya belajar auditori, yaitu mereka cenderung lebih suka mendengarkan musik sambil belajar.

Jadi, jika anak mama tergolong karakter belajar auditori, maka manfaatkan indera pendengaran anak untuk membimnbingnya lebih maksimal ya, Ma!

4. Gaya belajar linguistik

4. Gaya belajar linguistik
Freepik/pvproductions

Ketika anak mama memiliki gaya belajar linguistik, ia cenderung lebih memahami suatu materi dalam bentuk tulisan. Tentu karakter anak dengan gaya belajar ini sangat gemar membaca dan menulis.

Anak-anak dengan karakter belajar seperti ini dapat dengan cepat paham setelah membaca buku, atau menuliskan ulang informasi-informasi yang mereka terima. Jika berbicara soal sastra, Mama tak perlu meragukan keterampilan anak dengan gaya belajar linguistik ini.

Keterampilannya patut diacungi jempol!

5. Logika (matematika)

5. Logika (matematika)
Freepik

Apakah anak mama suka dengan angka-angka dan tampak pandai dalam keterampilan menghitung? Jika iya, maka anak mama mungkin termasuk sebagai seseorang yang menggunakan gaya belajar logika atau matematika.

Umumnya anak dengan gaya belajar logika ini akan cepat menyadari suatu bentuk pola, sekaligus tanggap dalam mengaitkan suatu informasi dengan berbagai informasi lainnya.

Jika anak mama memiliki gaya belajar seperti ini, ia juga mempunyai kemampuan untuk menguraikan informasi berbasis data serta mimiliki kemampuan analisis yang baik.

Nah itulah beberapa gaya belajar yang bisa membantu Mama untuk lebih mengenali kemampuan anak dan juga meningkatkan potensi yang ia miliki. Setelah mengetahui informasi di atas, kira-kira gaya belajar apa yang cocok untuk anak mama?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk