7 Tips Efektif Membuat Rambut Remaja Lebih Sehat dan Berkilau

Membuat rambut remaja agar lebih berkilau ternyata tidak sulit lho, Ma!

28 November 2021

7 Tips Efektif Membuat Rambut Remaja Lebih Sehat Berkilau
Freepik/Tan4ikk

Rambut adalah mahkota yang perlu dirawat kesehatan dan keindahannya. Namun, aktivitas remaja di luar ruangan, yang rentan terkena paparan sinar matahari, polusi, debu, dapat menyebabkan rambutnya kusam, kering, hingga bercabang.

Melakukan perawatan di salon pun juga sulit, mengingat kesibukkan yang dimiliki remaja. Tetapi Mama dan anak tak perlu khawatir, karena ada beberapa perawatan di rumah yang dapat membuat rambut kembali berkilau dan sehat.

Cara-cara ini pun juga lebih terjangkau, sehingga remaja tak perlu mengeluarkan biaya besar.

Lantas, bagaimana cara untuk membuat rambut remaja lebih sehat dan berkilau? Yuk simak tips efektifnya yang telah Popmama.com rangkum di bawah ini!

1. Perhatikan seberapa sering keramas dalam waktu seminggu

1. Perhatikan seberapa sering keramas dalam waktu seminggu
Freepik/jcomp

Pertama-tama, penting untuk memperhatikan seberapa sering anak mencuci rambut, karena jika melakukannya terlalu banyak, akan lebih menimbulkan berbahaya daripada kebaikan. Jika anak memiliki kulit kepala berminyak, cobalah untuk keramas dua atau tiga hari sekali.

Menggunakan sampo terlalu sering justru dapat membuat kulit kepala kering, dan menyebabkannya memproduksi lebih banyak minyak. Kemudian saat keramas, lakukan pijatan lembut pada kulit kepala.

Gerakan ini dapat merangsang aliran darah ke kulit kepala, yang membawa sel darah baru dan membantu meremajakan akar rambut. Lalu, setelah keramas, pastikan untuk membilas rambut sampai benar-benar bersih.

2. Pilihlah sampo dan kondisioner yang sesuai dengan masalah rambut

2. Pilihlah sampo kondisioner sesuai masalah rambut
Freepik/user18526052

Anak tentu melihat ada banyak jenis sampo dan kondisisioner, apakah itu untuk rambut kering, berminyak, rusak, rambut berwarna, rambut berketombe, dan lain-lain. Nah disinilah remaja harus tahu jenis rambut seperti apa atau masalah rambut apa yang ia miliki.

Jika anak suka menggunakan hair dryer, alat pelurus, atau pengeriting rambut, pakailah sampo untuk rambut rusak. Karena ini dapat mencegah rambut kusam dan bercabang. Namun jika anak memiliki rambut kering, ia harus menyesuakannya dengan sampo dan kondisioner untuk rambut kering,

Memakai sampo dan kondisioner yang sesuai dengan rambut, akan membantu remaja memperbaiki kerusakan pada rambut seperti rambut rontok, patah, juga bercabang.

Editors' Picks

3. Hindari menggunakan kondisioner berlebihan

3. Hindari menggunakan kondisioner berlebihan
Freepik/Topntp26

Kelembaban menjadi kunci untuk rambut berkilau, sehingga remaja mungkin tergoda untuk menggunakan kondisioner secara berlebihan.

Namun yang perlu diingat adalah, anak tidak perlu menggunakan kondisioner secara berlebihan untuk mendapatkan rambut berkilau, bahkan ia tidak perlu menggandakan takaran kondisioner yang digunakan saat keramas.

Dilansir dari Real Simple, terkadang kondisioner yang lebih berat akhirnya membuat rambut terlihat kusam dan berat.

Tetapi jika anak merasa membutuhkan kelembapan ekstra, gunakan perawatan setelah mandi. Seperti masker rambut, vitamin rambut, atau kondisoner tanpa bilas. Namun tetap gunakan dengan bijak ya!

4. Mengatur penggunaan air panas dan dingin saat keramas dengan tepat

4. Mengatur penggunaan air panas dingin saat keramas tepat
Freepik

Mandi air dingin di sore hari mungkin menjadi tantangan bagi beberapa remaja. Tetapi ini bisa memberikan manfaat besar bagi rambut. Air dingin dapat menutup semua kutikula, membuatnya rata sehingga helaian rambut anak akan berkilau.

Tetapi jika remaja tidak kuat untuk mandi air dingin, Mark Townsend, penata rambut selebriti di Los Angeles, California merekomendasikan untuk menggunakan air panas pada rambut saat membilas sampo dan ingin menggunakan kondisioner.

“Kelembaban dari air panas akan membuka kutikula dan memungkinkan nutrisi dari kondisioner meresap ke dalam kutikula dan menyuburkan rambut. Kemudian, bilas rambut dengan air dingin saat membilas kondisioner untuk menutup kutikula, ini akan mengunci nutrisi dan membiarkan rambut memantulkan cahaya," ujar Townsend

5. Gunakan minyak yang dikhususkan untuk perawatan rambut

5. Gunakan minyak dikhususkan perawatan rambut
Freepik

Rambut yang dilembabkan dengan baik, akan lebih berkilau secara alami, dan mengoleskan minyak rambut adalah cara tercepat untuk meningkatkan hidrasi rambut.

Townsend menambahkan bahwa minyak rambut dapat menutup kutikula sehingga membantunya memantulkan cahaya. Namun pastikan anak memulai dengan jumlah yang sedikit.

Rambut dapat dengan cepat mulai terlihat berminyak dan bahkan menjadi lebih kering jika minyak rambut digunakan terlalu sering.

Menggunakan minyak rambut beberapa kali dalam seminggu adalah frekuensi yang baik. Aplikasikan minyak rambut mulai dari ujung rambut untuk mengatur kilau dan mencegah rambut bercabang.

6. Temukan sisir yang tepat

6. Temukan sisir tepat
headcurve.com

Menyisir rambut yang mudah kusut seringkali menjadi tugas yang paling menyulitkan remaja atau Mama yang menolongnya, tetapi sangat penting untuk meminimalkan kerusakan dan memastikan produk yang digunakan dapat didistribusikan dengan benar.

Sebelum menemukan jenis sisir yang tepat, anak dapat memulainya dengan sisir bergigi lebar, dan disisir dari ujung bawah baru ke akar.

Rambut dengan tekstur yang lebih halus, lurus, atau bergelombang dapat ditindaklanjuti dengan sisir yang sesuai kebutuhan. Sisir berbentuk sikat juga bagus untuk mendistribusikan minyak kulit kepala alami, dari akar hingga ujung.

7. Rutin mengonsumsi pola makan yang bergizi dan seimbang

7. Rutin mengonsumsi pola makan bergizi seimbang
Freepik

Tips efektif terakhir yang tak kalah penting adalah mengonsumsi makanan yang sehat. Rambut yang sehat dan berkilau dimulai dari dalam tubuh, serta komitmen jangka panjang untuk melakukan pola makan yang bergizi dan seimbang.

Untuk membuat rambut berkilau dan sehat, remaja dapat mengongsumsi makanan yang kaya akan zat besi termasuk sayuran hijau, ikan, bit, kacang-kacangan, dan daging. 

Selain itu, pertimbangkan menu makanan yang penuh Vitamin A, Vitamin C, dan asam lemak omega-3, untuk mendukung pertumbuhan rambut berkilaunya.

Nah itulah beberapa tips efektif untuk membuat rambut remaja lebih berkilau dan sehat. Kesehatan rambut tentu tak kalah penting dari kesehatan wajah dan kesehatan tubuh. Rambut yang berkilau, bersih, dan sehat juga dapat menunjang penampilan remaja agar menjadi lebih percaya diri saat tampil di lingkungan.

Baca  juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.