Apa yang Tumbuhan Hasilkan dari Proses Fotosintesis?

Ternyata sangat bermanfaat untuk makhluk hidup di Bumi!

10 November 2023

Apa Tumbuhan Hasilkan dari Proses Fotosintesis
Freepik/rawpixel.com

Tumbuhan menjalani proses fotosintesis sebagai cara bertahan hidup dengan cara membuat makanannya sendiri. Ini adalah kemampuan unik yang dimiliki hanya oleh tumbuhan di antara makhluk hidup lainnya.

Saat melakukan fotosintesis, tumbuhan menggunakan karbon dioksida dari udara, menyerap air melalui akarnya, dan memanfaatkan sinar matahari. Hasil dari proses ini tidak hanya memberikan makanan bagi tumbuhan, tetapi juga menghasilkan oksigen yang sangat penting bagi kehidupan di Bumi.

Inilah salah satu alasan mengapa tumbuhan memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem dan memberikan dampak positif bagi makhluk hidup lainnya.

Nah, Popmama.com telah merangkum penjelasan lebih lanjut mengenai hasil dari proses fotosintetis tumbuhan. Yuk, disimak!

1. Zat makanan berupa glukosa

1. Zat makanan berupa glukosa
Pexels/PolinaTankilevitch

Fotosintesis pada tumbuhan menghasilkan zat makanan utama, glukosa. Glukosa ini menjadi fundamental dalam pembentukan lemak dan protein, mendukung pertumbuhan tumbuhan. Selain memberikan manfaat kepada tumbuhan, glukosa juga memiliki dampak positif bagi manusia dan hewan.

Glukosa yang dihasilkan berfungsi sebagai cadangan makanan yang berguna bagi manusia dan hewan, menyediakan nutrisi esensial untuk mendapatkan energi.

Setiap jenis tumbuhan memiliki kemampuan khusus dalam menyimpan cadangan makanan, seperti umbi-umbian yang menyimpannya pada akar atau batang, dan beberapa tumbuhan yang menyimpannya pada buah.

Pentingnya cadangan makanan di buah tidak hanya terbatas pada aspek nutrisi, melainkan juga memiliki peran sebagai pelindung untuk mendukung proses perkembangbiakan tumbuhan.

Variasi jenis cadangan makanan ini menciptakan keberagaman dalam metode penyimpanan dan manfaatnya, menjadikan buah dan umbi sebagai sumber gizi yang mendukung kesehatan saat dikonsumsi.

2. Oksigen

2. Oksigen
Pexels/CíntiaMadrona

Selain memainkan peran krusial sebagai penyimpan cadangan makanan, proses fotosintesis tumbuhan juga memiliki dampak luar biasa dalam penyediaan oksigen yang sangat kita butuhkan.

Dalam proses ini, tumbuhan menyerap karbon dioksida dari sekitarnya dan mengubahnya menjadi oksigen, suatu komponen yang tak tergantikan dalam mempertahankan kehidupan di Bumi.

Tidak hanya itu, 1 pohon dewasa bisa menghasilkan hingga 600 liter oksigen setiap harinya. Namun, perlu diingat bahwa jumlah tersebut dapat bervariasi bergantung pada berbagai faktor, termasuk jenis pohon, ukuran, kondisi lingkungan, dan musim.

Jadi, tumbuhan bukan hanya menyimpan makanan, tapi juga membuat udara segar yang kita hirup setiap hari. Oksigen yang dihasilkan oleh fotosintesis tumbuhan sangat penting bagi kita manusia.

Dengan merawat tumbuhan dan menjaga lingkungan, kita ikut menjaga keseimbangan alam dan kehidupan di Bumi. Teruslah mendukung keberlangsungan tumbuhan untuk memberikan manfaat besar bagi kita semua.

Baca juga:

The Latest