Tanpa Menggunakan Deodoran, Ini Cara Mengatasi Bau Badan Anak

Ketahui cara mengatasi bau badan pada anak agar mereka lebih percaya diri

1 September 2018

Tanpa Menggunakan Deodoran, Ini Cara Mengatasi Bau Badan Anak
Freepik

Saat mencium adanya aroma tidak sedap pada bau badan anak, sebagian dari Mama tentu merasa khawatir. Sebenarnya, anak mama juga menjadi risau dan berkurang kepercayaan dirinya karena masalah itu.

Mama sebenarnya tak perlu panik berlebih, sebab ada acara mengatasi bau badan pada anak yang bisa dilakukan.

1. Jaga kebersihan tubuhnya

1. Jaga kebersihan tubuhnya
Freepik

Bau badan pada anak bisa disebabkan karena anak terlalu aktif bergerak ataupun bermain. Saat keringat di tubuh bercampur dengan bakteri yang menempel di kulit bau badan pada anak bisa saja dialami.

Mama harus mengajarkan cara mandi yang benar. Termasuk mengharuskannya mengeringkan bagian ketiaknya sampai benar-benar kering. Jelaskan bahwa ketiak yang lembap menjadi tempat yang disukai oleh bakteri. Bisa-bisa, bau badan kembali tercium.

Editors' Picks

2. Pilih bahan pakaian yang tepat

2. Pilih bahan pakaian tepat
Unsplash/Avel Chuklanov

Mengikuti tren boleh-boleh saja Ma namun jangan lupa kenyamanannya.

Mama yang anaknya memiliki masalah bau badan harus memastikan bahwa pakaian yang dibeli atau dikenakan oleh anak dapat menyerap keringan dengan baik. Ini untuk meminimalisir terjadinya bau badan pada anak lho Ma, terutama saat dirinya berkeringat.

Pilih bahan pakaian dari katun atau campurannya sehingga tidak menimbulkan bau keringat. 

3. Perhatikan asupan makanan yang dikonsumsinya

3. Perhatikan asupan makanan dikonsumsinya
Unsplash/Jordan Rowland

Coba deh Ma, perhatikan makanan yang dikonsumsi anak. Bau badan mungkin timbul ketika anak mama terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung bawang merah, bawang putih, daging merah, ataupun makanan yang mengandung sulfur. 

4. Oleskan jus lemon

4. Oleskan jus lemon
Freepik

Penggunaan deodoran pada anak memang tidak disarankan karena beberapa bahan kimia di dalam deodoran itu bisa mengganggu kesehatannya. Jadi, untuk mengatasinya, Mama bisa menggunakan bahan alami yang mudah didapat, misalnya perasan lemon.

Caranya cukup mudah Ma, campurkan satu sendok makan jus lemon dengan secangkir air, aduk hingga rata dan masukkan kapas ke dalam campuran air tersebut. Oleskan kapas tersebut ke ketiak anak, diamkan selama 10 menit dan lakukan setiap hari secara rutin sebelum mandi.

Mama yang tertarik untuk melakukan cara ini harus memastikan bahwa bau badan pada anak bukan disebabkan karena penyakit tertentu. Juga pastikan anak tidak alergi terhadap bahan tersebut dengan mengujinya terlebih dahulu pada kulit anak untuk mengetahui reaksi alergi yang mungkin saja terjadi.

Bau, Mungkin Tanda Penyakit

Bau, Mungkin Tanda Penyakit
Pixabay/RachelBostwick

Bau badan pada anak memang bisa menjadi pertanda anak memasuki masa pubertas. Namun apabila cara mengatasi bau badan pada anak telah dilakukan dan bau badan tak juga hilang atau berkurang,  ada baiknya untuk memeriksakan dirinya ke dokter. Sebab ada beberapa penyakit yang mungkin bisa menyebabkan terjadinya bau badan pada anak.

Penyakit yang menyebabkan bau badan antara lain: ginjal, diabetes, liver, hipertiroid. 

Semoga anak mama selalu sehat!

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.