Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Cara dan Manfaat Bonding dengan Anak Lewat Aktivitas di Tempat Bermain

Pasti Mama pernah mengajak anak-anak bermain di arena permainan. Mama dan Papa ikut bermain tidak?

30 November 2022

Cara Manfaat Bonding Anak Lewat Aktivitas Tempat Bermain
Popmama.com/ Sandra Ratnasari

Mal sudah menjadi tempat paling mudah untuk keluarga Indonesia mencari hiburan. Mal tidak hanya menawarkan tenant untuk belanja atau restoran untuk makan, tetapi juga hampir pasti menghadirkan arena permainan untuk anak dan keluarga.

Di Mal Kelapa Gading 3, Jakarta Utara, sekarang ini ada Timezone Flagship yang menghadirkan permainan-permainan seru yang bisa dimainkan oleh seluruh keluarga termasuk Mama dan Papa. Wah, sekeluarga bisa main! Pekan lalu, Popmama.com dapat kesempatan untuk mencoba bermain di sana.

Nah, bermain bersama anak-anak adalah cara bonding yang tepat. Keseruan permainan yang ada di pusat permainan di mal juga membantu bonding antara anak dan orangtua semakin erat.

Bisa bonding apa saja bersama anak di tempat permainan dan apa manfaat permainannya? Cek daftarnya di sini.

1. Bermain Basket Arcade melatih kegigihan

1. Bermain Basket Arcade melatih kegigihan
dok. timezone.id

Di arena permainan biasa tersedia arena permainan melempar bola basket. Untuk beberapa arena, misalnya di Timezone Flagship, ada 3 games basket. Yang membedakan adalah ukuran bola dan jarak serta tinggi ring basket. Ada yang memang ditujukan untuk anak-anak dan ada yang cocok dimainkan orang dewasa.

Bermain basket bersama anak sangat menyenangkan. Di dalam permainan ini Mama, Papa, dan anak bisa saling bekerjasama, karena mengejar target poin tertentu, sekeluarga harus berjuang memasukan bola ke keranjang sebanyak-banyaknya.

Permainan basket bisa mengajarkan anak tentang kegigihan. Sikap pantang menyerah dan tetap berjuang adalah modal penting untuk anak-anak dalam menghadapi masa depan.

Saat bermain basket bersama, pastikan Mama dan Papa memberikan kesempatan kepada anak untuk berjuang. Berikan mereka dukungan dan semangat agar mereka tahu bahwa keluarga akan selalu ada saat mereka sedang berjuang.

2. Barengan di Hologate VR melatih kerjasama

2. Barengan Hologate VR melatih kerjasama
Popmama.com/ Sandra Ratnasari

Permainan virtual reality Hologate rasanya seru jika dimainkan bersama keluarga. Mama, Papa dan anak-anak bisa saling bekerjasama melawan musuh di dunia virtual.

Dengan game ini, keluarga mama akan masuk ke dunia virtual dan karena memakai perlengkapan virtual, ketika Mama “tertembak” musuh, Mama akan merasakan guncangan di badan karena rompi dengan sensor yang terpasang di badan.

Ajarkan anak untuk bekerjasama melawan musuh-musuh virtual. Alat VR yang digunakan memang memungkinkan para pemain untuk saling berkomunikasi sehingga Mama, Papa, dan anak-anak bisa saling memperingatkan atau memberi arahan.

Bonding akan tercipta karena begitu serunya permainan. Mama dan anak-anak bisa juga lho, menceritakan ulang ketegangan yang terjadi selama permainan dan betapa uniknya tingkah kita saat menghadapi musuh bersama. Seru!

Editors' Picks

3. Bersaing di Social Bowling, melatih saling dukung

3. Bersaing Social Bowling, melatih saling dukung
Popmama.com/ Sandra Ratnasari

Bonding sambil bermain akan terasa lebih santai dan semakin lengket. Coba ajak anak-anak mama bermain Social Bowling, permainan bowling yang santai karena tidak perlu memikirkan teknik atau perlengkapan khusus.

Mama, Papa, dan anak-anak bisa bermain di jalur bowling yang sama dan saling bersaing mengumpulkan poin. Tapi ingat, dalam persaingan, ajarkan anak mama untuk saling memberikan dukungan.

Tentu saja, sebagai keluarga, saling memberikan dukungan adalah hal yang sangat penting. Di dalam kehidupan, keluarga akan mengalami banyak pasang surut persoalan. Saling memberikan dukungan akan menjadi kekuatan keluarga sehingga bisa dipastikan keluarga mama akan selamanya kompak.

4. Berkeringat di Pump it Up, melatih koordinasi

4. Berkeringat Pump it Up, melatih koordinasi
dok. timezone.id

Jika keluarga mama suka musik dan tari, main Pump it Up tentu menyenangkan. Melakukan gerakan-gerakan kaki sesuai irama musik akan membuat badan berkeringat dan senang.

Permainan ini mungkin dilakukan secara individual tapi Mama, Papa, dan anak-anak bisa saling bersaing. Biarkan anak mama melakukan koordinasi tim, lalu membangun strategi agar bisa mencapai skor tertinggi.

Bonding lewat permainan ini akan membuat anak mama merasa dihargai dan dianggap karena ia diberi tanggung jawab untuk mengambil keputusan. Dapat deh sehatnya karena bergerak, dan pintarnya karena melatih kepemimpinan.

5. Seru di Maximum Tune, melatih persaingan sehat

5. Seru Maximum Tune, melatih persaingan sehat
Popmama.com/ Sandra Ratnasari

Kalau keluarga mama sangat suka kebut-kebutan, main bareng di arena Maximum Tune tentu menyenangkan. Bonding sambil berperan sebagai pembalap akan melatih anak bersaing dengan cara yang sehat.

Di permainan ini, Mama, Papa, dan anak-anak bisa memegang kemudi masing-masing tetapi bertanding di arena yang sama. Serunya, Mama bisa memberitahu anak-anak untuk tidak melakukan kecurangan-kecurangan seperti menabrak lawan dengan sengaja untuk memenangkan permainan.

Bersaing dengan cara yang sehat, diperlukan untuk anak-anak meraih cita-cita mereka. Mama tidak perlu memberi "kuliah" kepada anak untuk mengajarkannya, lewat bermain saja, cukup.

6. Beruntung di Tower Tickets, melatih kesabaran

6. Beruntung Tower Tickets, melatih kesabaran
Popmama.com/ Sandra Ratnasari

Di arena permainan, banyak sekali games yang melatih kesabaran. Tower Tickets salah satunya. Permainan arcade ini dan juga permainan lainnya, memerlukan ketelitian, perhitungan tepat, dan kesabaran untuk memenangkannya.

Jika Mama atau anak mama terburu-buru, asal, dan tidak matang perhitungan, akan sulit memenangkan barang atau tiket gratis.

Beri semangat anak mama agar ia bisa menjaga emosinya sehingga permainan bisa dilakukan dengan lancar. Berikan tips agar ia tetap tenang saat bermain dan mengatur strategi sehingga benar-benar hasil yang diperoleh akan sesuai targetnya. Bermain sambil belajar memang seru kan ya?

Nah, tentunya masih banyak lagi permainan-permainan seru di tempat bermain. Tips Popmama.com adalah agar Mama benar-benar mendampingi anak saat bermain dan terlibat aktif di dalamnya. Bermain bersama adalah sarana bonding yang santai dan bisa meresap ke jiwa anak-anak. Mau coba, yuk!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk