Waspada, 5 Kebiasan Sederhana yang Ternyata Merusak Mata Anak

Anak-anakmu sering melakukannya tidak?

18 Februari 2021

Waspada, 5 Kebiasan Sederhana Ternyata Merusak Mata Anak
Freepik

Kesehatan mata merupakan salah satu hal penting yang perlu kita semua jaga sebaik-baiknya. Karena mata yang sehat membantu melancarkan aktivitas dan kegiatan sehari-hari. Ini penting sekali apalagi bagi anak mama yang memiliki banyak sekali aktivitas.  

Bisa kita bayangkan jika anak-anak terkena mata minus atau rabun jauh. Mereka akan cukup kesulitan melihat jika tidak memakai alat bantu. Terutama ketika melakukan kegiatan belajar di sekolah. Kasihan sekali ya Ma!

Sesungguhnya menjaga kesehatan mata tidak semudah kelihatannya, apalagi bagi si Anak. Seringkali anak-anak kelupaan bermain dan menonton menggunakan gadgetnya dalam waktu yang lama. Jika tidak ada Mama yang memperingatkan, mungkin mereka tidak akan berhenti. 

Bukan hanya itu lho, ada lagi beberapa hal sederhana yang si Anak lakukan dan ternyata dapat merusak matanya. Popmama.com akan membantumu mengetahui kebiasaan apa saja yang dapat menganggu keseatan mata anak. Beri tahu anak agar tidak melakukannya ya, Ma!

1. Makan tidak seimbang

1. Makan tidak seimbang
Pexels/Cotton Bro

Makanan yang menyehatkan mampu menjaga fungsi setiap anggota tubuh, tidak terkecuali mata. Melansir dari vspdirect.com, anak yang mengonsumsi makanan tidak seimbang lebih mudah mengalami kerusakan pada matanya. 

Untuk menjaga kesehatan mata secara optimal, anak mama perlu mengonsumsi buah dan sayur. Faktanya di dalam buah dan sayur terdapat kandungan antioksidan, vitamin C dan E, seng, juga asam lemak omega-3 yang mampu menjaga kesehatan mata.

Selain dua makanan di atas, air menjadi salah satu yang tidak kalah pentingnya. Air yang terhidrasi dengan baik dalam tubuh merupakan kunci produksi air mata. Perlu kamu ketahui, air mata merupakan pelumas yang membantu mengatasi mata kering juga infeksi dan bakteri yang menempel di mata.  

2. Menonton di malam hari

2. Menonton malam hari
Freepik

Menonton merupakan salah satu kegiatan menyenangkan kesukaan anak-anak. Umumnya anak-anak melakukan hal tersebut di kamar mereka sebelum tidur.  

Faktanya, melihat ke layar hp, televisi, ataupun komputer sangatlah tidak baik bagi kesehatan mata. Besarnya cahaya yang masuk berubah dengan sangat cepat sehingga mata perlu bekerja lebih keras untuk menyesuaiakannya.

Kerja mata seperti itu pada akhirnya akan menimbulkan yang dapat menyebabkan kelelahan mata, nyeri, sakit kepala, mata kering, juga menganggu tidur anak-anak.

Editors' Picks

3. Kurang tidur

3. Kurang tidur
Pexels/Andrea Piacquadio

Tidak hanya pola makan, pola tidur pun ternyata berpengaruh pada kesehatan mata anak. Mereka yang terbiasa kurang tidur atau tidur larut malam akan lebih berisiko mengalami kerusakan mata. 

Kurang tidur sebenarnya menganggu siklus cairan mata juga memicu terjadinya mata bengkak, saraf mata menegang, pengelihatan kabur, dan mata kedutan. Semua ini akan bertambah lebih buruk jika waktu tidur anak terganggu. 

Anak-anak yang berumur 6 sampai 9 tahun perlu tidur minimal 9 sampai 12 jam setiap harinya. 

4. Bermain gadget atau membaca buku terlalu dekat

4. Bermain gadget atau membaca buku terlalu dekat
Pexels/oliadanilevich

Bermain games di gadget atau membaca buku merupakan kegiatan yang menyenangkan, sampai-sampai anak fokus dalam waktu yang lama. Tidak jarang ini membuat anak-anak lupa menjaga jarak yang sesuai, mereka malah melihat layar atau buku terlalu dekat. 

Kebiasaan si Anak melihat sesuatu terlalu dekat, itu dapat merusak mata mereka. Membaca dengan jarak yang terlalu dekat sebenarnya dapat membuat mata cepat lelah. Lama-kelamaan kebiasaan ini dapat membuat mata rusak. 

Perlu Mama perhatikan, ketika anakmu mendekatkan jarak pandangnya, ada kemungkinan lain ia tidak dapat melihat dengan jelas dari kejauhan. Ini merupakan pertanda bahwa kamu sebaiknya segera memeriksa mata anakmu. 

5. Menggunakan gadget terlalu lama

5. Menggunakan gadget terlalu lama
Freepik/Odua

Perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat berbaagai pekerjaan dapat diselesaikan melalui gadget. Anak-anak juga mengalami hal yang sama, tidak jarang mereka perlu membuat tugas, menonton video pembelajaran, dan mengerjakan aktivitas lainnya melalui gadget. 

Terlalu lama menggunakan gadget seperti komputer ataupun smartphone dapat merusak mata anak. Mata akan merasa lelah dan tegang ketika bekerja dalam waktu yang lama. Lebih buruknya, hal ini dapat merusak penglihatan dan bahkan menyebabkan astigmatisme.

Pastikan si Anak selalu membatasi penggunaan gadgetnya seperti dengan menetapkan waktu beristirahat setiap 20 menit sekali. Atau juga berkedip selama 10 detik sekali agar matanya tetap lembab dan tidak kering. 

6. Menggosok mata dengan tangan yang kotor

6. Menggosok mata tangan kotor
Freepik/Wckiw

Anak-anak pastinya suka bermain di luar. Tetapi selepas bermain mereka seringkali lupa membersihkan tangan dan langsung mengucek matanya. Ternyata menggosok mata dengan tangan kotor merupakan salah satu penyebab kerusakan mata. 

Pada tangan yang kotor terdapat sejumlah bakteri dan kuman penyebab penyakit yang menempel. Ketika menggosokan tangan ke mata, ada kemungkinan kuman dan bakteri tersebut berpindah dan menginfeksi mata. Menggucek mata terlalu keras juga dapat menyebabkan pecahnya pembuluh darah dan meradang. 

Pastikan selalu anakmu mencuci tangan dengan air yang bersih menggunakan sabun setelah bermain.

Sebenarnya selain menggosok menggunakan tangan, anak-anak dapat menghilangkan rasa gatal cukup dengan cara menutup mata dan menyentuh kelopak matanya.  

Itulah kebiasaan yang bisa mengganggu kesehatan mata anak mama. Selalu bantu anak untuk mengurangi kebiasaan-kebiasaan yang dapat merusak mata ya Ma. Ingatkan juga mereka jika sewaktu-waktu mereka lupa.  Semoga bermanfaat. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.