7 Cara Mendidik Anak Membiasakan Diri Tepat Waktu

Kebiasaan tepat waktu merupakan salah satu kebiasaan yang penting lho!

12 April 2021

7 Cara Mendidik Anak Membiasakan Diri Tepat Waktu
Freepik/Drobotdean

Apakah anak-anakmu seringkali merasa malas ketika dibangunkan di pagi hari untuk bersiap ke sekolah? Mungkin mereka bertanya-tanya mengapa perlu datang tepat waktu atau bahkan lebih awal?

Ketepatan waktu merupakan salah stau hal positif yang perlu anak-anak miliki sebagai bekal mereka di masa depan.

Contohnya ketika berhadapan dengan tugas yang meminta mereka mengumpulkannya tepat waktu atau bahkan dengan janji yang mereka berikan pada teman-temannya. 

Mama dapat mengajarkan hal tersebut pada si Kecil. Seperti memulainya dari hal-hal yang sederhana seperti meminta mereka untuk makan siang tepat di jam 12 siang dan masuk ke kamar tepat di jam 9 malam. 

Hal-hal seperti itu akan menjadi kebiasaan ketika dilakukan setiap hari. 

Ada baiknya orangtua mulai mengenalkan dan mengajarkan hal ini sebelum mereka memasuki usia remaja. Karena nantinya masalah akan jauh lebih sulit dihadapi dan tentunya ini akan membuat mereka kesulitan jika tidak dapat mengatur waktu dengan baik. 

Mengingat pentingnya hal ini, Popmama.com membagikan cara mendidik anak belajar tepat waktu. Simak yuk, Ma!

1. Bantulah anak melatih kebiasaan taat waktu

1. Bantulah anak melatih kebiasaan taat waktu
Freepik

Anak-anak belum sepenuhnya memahami mengenai waktu, seberapa lamakah itu dan mengapa mereka perlu melakukan semuanya tepat waktu. Di sinilah mereka membutuhkan peran Mama dan Papa, untuk mengajarkan mereka hal penting tersebut. 

Jadilah seperti seorang pelatih yang memperhatikan perkembangan anak dalam memahami ketepatan waktu sekecil apapun prosesnya. Berikan juga mereka tuntunan dan support melalui nasehat ketika mereka salah atau bahkan lalai. 

2. Tunjukkan pada anakmu bagaimana menghitung waktu yang baik

2. Tunjukkan anakmu bagaimana menghitung waktu baik
Freepik/Jes2ufoto

Melansir dari verywellfamily.com, anak-anak mungkin tahu mengenai waktu dan jam. Namun tidak sepenuhnya tahu bagaimana menghitungnya. Mereka mengenal konsep menit dan jam tetapi mereka tidak sepenuhnya tahu berapa lama 15 menit itu. 

Mama dapat mencoba mengenalkan cara menghitung waktu dengan menentukan timer ketika anak melakukan tugasnya. Biarkan waktu terus berbunyi di dekat mereka sambil Mama menghitung mundur agar membuat anak merasakan waktu yang berlalu. 

Ingat, tugasmu bukanlah untuk membuat anak hidup tertekan oleh waktu. Melainkan agar mereka mengerti seberapa lama 1 jam itu, 15 menit, atau bahkan 5 menit. Itu akan membantu membuat mereka lebih tepat waktu dan tentunya dapat menghargai waktu. 

Editors' Picks

3. Bantulah mereka menentukan prioritas

3. Bantulah mereka menentukan prioritas
Freepik/Ngad

Semua hal memang harus dikerjakan dengan baik dan tepat waktu. Namun ada skala prioritas yang perlu anak mama perhatikan dan menentukan alur kerja mereka. 

Mama dapat mengenalkan pada anakmu mengenai prioritas. Itulah hal-hal penting yang perlu dipenuhi atau dikerjakan terlebih dahulu di atas hal-hal lainnya. Prioritas anak umumnya berputar di sekitar pekerjaan sekolah dan kewajiban mereka membantu orangtua. 

Bantulah mereka untuk mengetahui apa yang menjadi prioritas mereka, entah itu dalam skala mingguan, ataupun harian. Si Kecil sebaiknya berpikir apa yang perlu mereka prioritaskan seperti tugas yang harus dikumpulkan di siang hari misalnya. 

Mama juga dapat mengajarkan anak-anak untuk mengatur rencana dan strategi berlandaskan pada prioritas mereka. Semisal mereka harus bersekolah di pagi hari, maka agar dapat bangun te[at waktu sebaiknya anak-anak tidak tidur larut malam. 

4. Buatlah manajemen waktu menjadi menyenangkan

4. Buatlah manajemen waktu menjadi menyenangkan
Pexels/Cotton Bro

Mungkin anak mama membayangkan manajemen waktu merupakan hal yang kaku yang membuat mereka harus terburu-buru menyelesaikan sesuatu jika tidak mereka akan dikenai hukuman.

Bayangan tersebut membuat si Kecil menganggap manajemen waktu menjadi hal yang membosankan. Padahal itu sebenarnya dapat dibuat menjadi salah satu hal yang menyenangkan. 

Mama dan si Kecil dapat mencoba membuat poster penanda keberhasilan mereka memenuhi tanggung jawab tepat waktu. Hiaslah dengan pensil warna, spidol, ataupun crayon. Jika si Kecil berhasil melakukannya dengan baik, Mama dapat menempelkan stiker sebagai bentuk reward atau penghargaan. 

Mendidik anak-anak tepat waktu dengan cara tersebut akan terasa seperti memainkan permainan yang menyenangkan bagi mereka. Semakin menarik Mama mendidik si Kecil ketepatan waktu, maka akan semakin mudah pula mereka memahaminya. 

5. Berikan hukuman yang wajar ketika anakmu lalai

5. Berikan hukuman wajar ketika anakmu lalai
realestate.com.au
Pekerjaan rumah untuk anak 6-8 tahun

Anak-anak tentunya membenci hukuman, tetapi ini merupakan salah satu cara efektif yang dapat membuat mereka jera. Khususnya ketika mereka lalai dalam mengerjakan aktivitasnya sesuai dengan waktu yang diminta. 

Mama dan Papa sebaiknya tidak memberikan hukuman yang terlalu berat, seperti memarahinya dengan penuh emosi atau bahkan memukuli mereka. Tindakan negatif seperti itu tidak akan pernah membantu. 

Melainkan berikan hukuman yang membuat anak jera namun tidak melukai mereka, seperti mengurangi waktu bermain, meminta mereka membantu membersihkan rumah, atau bahkan menyita mainan kesayangan mereka selama satu malam.  

6. Atur kegiatan dengan baik

6. Atur kegiatan baik
Freepik/Volody10

Bagi anak-anak yang baru saja mengenal pentingnya ketepatan waktu, Mama sebaiknya tidak membuatkan jadwal yang padat dan menuntut tingkat ketepatan waktu yang tinggi. Hal tersebut malah akan membuat si Kecil merasa lelah dan malas menaatinya. 

Cobalah mulai hal ini secara perlahan. Ajari mereka cara mengatur waktu dan menjalankannya dengan tepat pada beberapa hal penting dahulu. Ketika mereka nanti sudah terbiasa melakukannya, barulah kamu dapat menambahkan kegiatan lainnya yang perlu diselesaikan dengan baik.

Tentukan juga jangka waktu dengan baik seperti misalnya membisakan anak belajar dalam waktu 1-2 jam setiap harinya tidak lebih atau kurang dari itu.

Oh ya, sebaiknya Mama juga selalu menyelipkan waktu-waktu istiraat di tengah-tengah tugas yang perlu mereka kerjakan dengan tepat waktu. 

7. Ajak seluruh keluarga untuk tepat waktu bersama-sama

7. Ajak seluruh keluarga tepat waktu bersama-sama
Freepik/User25451090

Terkadang alasan utama anak-anak terbiasa menyelesaikan pekerjaannya tepat waktu karena kakak atau bahkan orangtuanya terbiasa melakukan hal yang serupa. Ini membuat mereka terbiasa meniru apa yang kalian lakukan. 

Mengatasi ini, kamu dapat mengajak keluarga membuat jadwal yang perlu mereka patuhi dengan tepat waktu.

Semisal menentukan waktu makan dilakukan jam 6 malam dan waktu tidur jam 9 malam. Aturan tersebut perlu dipatuhi oleh seluruh anggota keluarga dengan baik. 

Tidak hanya dalam jangka 1 hari, mungkin Mama juga dapat membuat jadwal atau kalender per hari untuk mengingatkan anak akan hal penting yang harus ia lakukan di hari tersebut.

Mama juga dapat membuatkan masing-masing anak satu kalender berbeda yang diletakkan di kamarnya masing-masing agar mereka dapat mengetahui dengan baik jadwal mereka setiap harinya. 

Itulah 7 cara mendidik anak belajar tepat waktu. Selamat mencobanya di rumah ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.