Ternyata 5 Hal Ini Sangat Berarti bagi Si Kecil yang Sedang Berpuasa

Bikin momen puasa si Kecil lebih berkesan yuk

23 April 2021

Ternyata 5 Hal Ini Sangat Berarti bagi Si Kecil Sedang Berpuasa
Shutterstock/Odua Images

Bagi Mama yang keluarganya menjalankan ibadah puasa selama bulan Ramadan ini, pasti ada rasa kebanggaan tersendiri saat si Kecil mulai atau sudah terbiasa ikut berpuasa. Nah, di balik mampunya si Kecil dalam menjalankan puasanya, ternyata ada peran penting Mama di belakangnya lho!

Nah, buat mendampingi si Kecil yang sedang latihan berpuasa, Mama sebaiknya sudah menyiapkan lima hal ini nih biar si Kecil lebih semangat untuk puasa sampai akhir. Nah, apa saja nih bentuk dukungan yang bisa Mama berikan? Langsung simak ulasannya berikut ini ya!

1. Kesabaran Mama untuk mengajarinya berpuasa dari setengah hari

1. Kesabaran Mama mengajari berpuasa dari setengah hari
Shutterstock/Odua Images

Mulai dari langkah kecil, beginilah proses mengajarkan puasa pada anak. Untuk si Kecil yang baru memulai puasa pertamanya tahun ini, Mama bisa memulai dengan metode puasa setengah hari, tiga perempat hari baru kemudian satu hari.

Di momen ini penting untuk Mama memberi pengertian pada si Kecil tentang konsep berpuasa secara sabar dan perlahan. Ingat Ma, jangan sampai ada paksaan ya!

Editors' Picks

2. Usahakan selalu berikan makanan kesukaannya saat sahur dan berbuka puasa

2. Usahakan selalu berikan makanan kesukaan saat sahur berbuka puasa
Shutterstock/Toey Toey

Coba deh dukung puasa si Kecil dengan memberikannya makanan atau minuman kesukaan saat sahur ataupun berbuka. Jangan pikir Mama harus selalu membeli makanan atau minuman ini ya, faktanya si Kecil juga tetap akan happy kok dengan makanan dan minuman favorit yang Mama buat sendiri di rumah.

Apalagi setelah seharian berpuasa, nafsu makannya pasti akan meningkat. Sudah terbayang menu apa yang akan disajikan buat buka puasa nanti, Ma?

3. Janjian dengan teman, ajak si Kecil playdate virtual dengan teman-temannya

3. Janjian teman, ajak si Kecil playdate virtual teman-temannya
Shutterstock/Art_Photo

Menjalankan puasa di tengah pandemi di mana aktivitas nggak bisa dilakukan seleluasa dulu memang nggak mudah untuk si Kecil. Nah, agar rasa laparnya sedikit teralih coba deh ajak teman sepermainan si Kecil untuk playdate virtual.

Dengan video call dan berinteraksi dengan temannya, si Kecil jadi paham kalau ia bukan satu-satunya anak yang berpuasa dan momen puasanya jadi lebih seru dengan adanya teman. Asal pastikan terus si Kecil tetap dalam pengawasan Mama ya.

4. Dukung nutrisi si Kecil agar ia nggak gampang sakit selama puasa

4. Dukung nutrisi si Kecil agar ia nggak gampang sakit selama puasa
Shutterstock/Freebird7977

Dukungan lainnya yang bisa Mama berikan untuk si Kecil adalah dengan menyediakan asupan dengan nutrisi tinggi. Apalagi dengan waktu makan yang terbatas, Mama harus memastikan si Kecil tetap dapat tercukupi kebutuhan nutrisinya nih. dr. Helmin Agustina Silalahi selaku Medical Manager Kalbe Consumer Health mengatakan bahwa imunitas anak dipengaruhi beberapa faktor yang mana salah satunya adalah asupan nutrisi. Tapi nggak perlu bingung Ma, untung saja ada Sakatonik ABC yang dapat membantu Mama memenuhi kebutuhan nutrisi si Kecil dan menjaga kesehatannya.

Sakatonik ABC merupakan multivitamin lengkap ( A, B, C, D dan E) yang siap menemani puasa anak untuk membantu mencukupi kebutuhan gizi, dan menjaga daya tahan tubuh anak agar si Kecil nggak gampang sakit. Sakatonik ABC ini juga aman untuk dikonsumsi secara rutin saat buka dan sahur. Pas banget nih buat jadi sahabat Mama dan si Kecil selama bulan Ramadan ini. Untuk mendapatkan Sakatonik ABC Mama bisa membelinya di Alfamart, Indomaret atau marketplace official Sakatonik ABC di Tokopedia. Untuk tahu info selengkapnya langsung klik di sini ya!

5. Berikan afirmasi, paksaan untuk berpuasa justru dapat membuatnya trauma

5. Berikan afirmasi, paksaan berpuasa justru dapat membuat trauma
Shutterstock/imtmphoto

Berpuasa memang jadi salah satu hal yang wajib dilakukan si Kecil kelak saat ia dewasa. Popmama.com pun paham Maksud Mama dan Papa sebenarnya baik dengan mengajarkan si Kecil sejak dini. Namun, perlu diingat, bila terlalu menuntut atau memaksa si Kecil, Mama justru bisa meninggalkan trauma pada si Kecil.

Coba deh Ma gunakan pendekatan yang lebih halus dengan memberikan afirmasi dan keyakinan bahwa si Kecil bisa melakukannya tanpa harus memaksa. Pasti si Kecil bisa lebih enjoy saat berpuasa!

Nah, itu tadi beberapa bentuk dukungan yang bisa Mama berikan pada si Kecil saat ia sedang berpuasa. Yuk Ma berikan dukungan terbaik untuk si Kecil setiap harinya! (WEB)

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.