5 Cara Seru Melatih Rasa Tanggung Jawab pada Anak

Yuk, intip cara seru melatih rasa tanggung jawab pada anak!

20 Januari 2019

5 Cara Seru Melatih Rasa Tanggung Jawab Anak
socialmoms.com

Melatih rasa tanggung jawab pada anak perlu dilakukan sejak dini lho, Ma. Pasalnya, mendidik anak agar kelak menjadi pribadi yang bertanggung jawab tidak bisa dilakukan secara instan.

Dalam hal ini dibutuhkan kerjasama dan konsistensi Orangtua dalam menumbuhkan rasa tanggung jawab dalam diri anak.

Bagaimana caranya ya?

1. Buat peraturan rumah

1. Buat peraturan rumah
huffingtonpost.com

Cara paling mudah melatih rasa tanggung jawab pada anak adalah dengan menetapkan aturan sederhana di rumah. Jelaskan padanya aturan apa saja yang ada di dalam rumah dan mengapa ia perlu mematuhi aturan tersebut.

Misalnya, aturan merapikan tempat tidur di pagi hari, meletakkan sepatu dan pakaian kotor di tempatnya ketika pulang sekolah atau merapikan dan menyimpan kembali mainan pada tempatnya.

Jangan panik apalagi memarahi si Anak jika ia tidak segera mematuhi aturan yang Mama buat ya. Pasalnya butuh waktu untuk membiasakan diri menjalani kebiasaan baru yang ditetapkan.

Akan lebih baik jika Orangtua memberi contoh dan mengajak si Anak bersama-sama melakukannya sehingga lama kelamaan ia akan terbiasa melakukannya.

2. Libatkan si Kakak saat mengasuh adik

2. Libatkan si Kakak saat mengasuh adik
Max Pixel/Creative Commons Zero

Jangan ragu untuk melibatkan si Kakak untuk membantu Mama mengasuh adik. Mama bisa memberinya tugas-tugas sederhana, seperti menyiapkan popok dan pakaian adik ketika Mama memandikan si Kecil atau menemani adik bermain ketika Mama melakukan aktivitas lain.

Meski terlihat sepele, hal tersebut membuat si Kakak merasa dihargai dan diandalkan lho, Ma. Anak mama akan merasa bertanggung jawab untuk ikut menjaga adik dan tentunya membuat ia semakin sayang pada adik.

Editors' Picks

3. Memelihara binatang

3. Memelihara binatang
dogtrainingnow.com

Mama memiliki binatang peliharaan di rumah? Nah kalau begitu ajak si Anak untuk ikut merawat binatang kesayangannya. Beri ia tugas sederhana yang harus dilakukan secara rutin. Misalnya memberi makan dan minum tepat waktu.

Selain itu, beri tau anak kapan jadual binatang peliharaan perlu dimandikan atau dibawa ke dokter hewan untuk perawatan rutin. Dengan begitu anak akan merasa bertanggung jawab untuk mengingatkan Mama dan melakukannya secara bersama-sama.

4. Permainan seru

4. Permainan seru
www.hswstatic.com
Mama dan Anak dapat bermain game bersama

Tidak hanya memberlakukan aturan di rumah, Mama juga bisa melibatkan anak dalam permainan yang melatih rasa tanggung jawabnya. Misalnya bermain estafet sendok kelereng.

Ajak anak dan teman-temannya untuk berlomba memindahkan kelereng yang diletakkan di atas sendok makan. Minta anak untuk menggigit sendok tersebut dan mengopernya pada teman hingga mencapai garis finish.

Nilai positifnya, anak mama akan belajar bertanggung jawab untuk tidak menjatuhkan kelereng tersebut hingga permainan usai. Selain itu, permainan tersebut juga melatih kerja sama dan rasa percaya diri anak lho, Ma.

5. Hukuman yang mendidik

5. Hukuman mendidik
sheknows.com

Ketika berbagai cara sudah dilakukan, jangan lupa menetapkan hukuman ya, Ma. Hukuman disini tentu saja tidak bersifat menyakiti fisik ataupun mental anak, melainkan bersifat mendidik sehingga lambat laun anak akan termotivasi untuk berubah.

Misalnya, jika anak masih juga membiarkan mainannya berserakan dilantai padahal Mama sudah berkali-kali mengingatkannya, maka cobalah ‘mengistirahatkan’ si Anak untuk memainkan mainannya tersebut selama satu atau dua hari.

Perlu Mama ingat bahwa melatih rasa tanggung jawab pada anak tidak bisa dilakukan secara instan ya, Ma. Butuh proses bagi anak untuk memahami mengapa ia perlu bertanggung jawab atas apa yang dia pilih dan kerjakan.

Baca juga: