Kenali Tanda-Tanda Anak Cerdas dan Memiliki IQ Tinggi

Begini caranya mengetahui apakah anak mama tergolong anak cerdas dan memiliki IQ tinggi

9 November 2018

Kenali Tanda-Tanda Anak Cerdas Memiliki IQ Tinggi
freepik.com/Pressfoto

Pada dasarnya setiap anak memiliki bakat dan kemampuan berpikir yang cerdas. Namun, sebagian diantaranya memiliki tingkat kecerdasan diatas rata-rata.

Perlu dilakukan tes untuk mengetahui secara pasti berapa IQ anak mama. Namun, ada beberapa hal yang bisa Mama amati untuk mengetahui apakah anak mama memiliki IQ tinggi atau tidak. Popmama.com lampirkan daftarnya disini ya!

1. Daya ingat yang kuat

1.	Daya ingat kuat
Pixabay/Klimkin

Kemampuan anak dalam mengingat sesuatu yang dilihat atau didengarnya merupakan indikasi partama yang menandakan anak mama memiliki IQ yang tinggi.

Mama bisa mengetesnya dengan beberapa permainan yang berkaitan dengan daya ingat, misalnya permainan berbisik kata. Minta anak untuk menyebutkan kembali kata atau kalimat yang telah Mama bisikkan.

Jika anak mama mampu mengingat kalimat yang diucapkan dengan sempurna, berarti ia memiliki kecerdasan diatas rata-rata.

2. Kreatif dan memiliki daya imajinasi yang tinggi

2.	Kreatif memiliki daya imajinasi tinggi
Pexels/rawpixel

Jangan sepelekan aktivitas bermain anak. Sebab saat itulah Mama bisa mengamati kecerdasan yang dimilikinya. Salah satu ciri anak cerdas adalah daya imajinasinya yang berbeda dibandingkan anak lainnya. Imajinasinya tersebut biasanya tertuang dalam bentuk kreasi, seperti gambar, tulisan atau susunan balok.

Setiap kreasi yang diciptakannya memiliki makna dan anak pintar biasanya dapat menerjemahkan imajinasinya tersebut melalui rangkaian kata dan bahasa tubuh.

3. Kemampuan verbal diatas rata-rata

3.	Kemampuan verbal diatas rata-rata
Pixabay/Galvaniluppi

Jika Mama mendapati anak dapat berkomunikasi dengan pilihan kosakata yang banyak dan teratur, berarti anak mama tergolong memiliki IQ yang tinggi.

Anak cerdas biasanya sudah mampu berkomunikasi dengan baik sejak usia dini. Kosakata yang digunakan beragam dan struktur kalimatnyapun lebih baik dibandingkan anak lain seusianya.

Namun sayangnya, banyak orangtua yang salah dalam merespon kecerdasan anak ini dengan memberi label ‘anak bawel’ atau ‘sok tua’. Padahal kemampuannya itu merupakan tanda ia adalah anak cerdas.

Editors' Picks

4. Memiliki rasa ingin tahu yang tinggi

4.	Memiliki rasa ingin tahu tinggi
Pixabay/white77

Pernahkah Mama merasa kewalahan menerima pertanyaan beruntun dari anak mengenai suatu hal? Kalau iya, berarti Mama memiliki anak yang cerdas.

Anak dengan IQ diatas rata-rata umumnya memiliki rasa ingin tahu yang lebih besar. Maka jangan heran jika mendapati anak sering bertanya dan jangan memarahi anak saat ia membongkar mainan atau membuat rumah berantakan. Pasalnya, tingkah lakunya tersebut dilakukan untuk mencari jawaban atas rasa penasarannya.

5. Senang berargumentasi

5.	Senang berargumentasi
Pixabay/1041483

Ketika kemampuan berpikir analitisnya berkembang pesat, anak senang mengemukakan pendapat serta memperdebatkan sesuatu yang bertentangan dengan keyakinannya.

Anak cerdas umumnya lebih ekspresif dalam mengungkapkan keinginan dan bantahannya.

6. Memiliki minat tertentu sejak dini

6.	Memiliki minat tertentu sejak dini
Pixabay/design_miss_c

Ketika menyukai suatu aktivitas atau benda, anak cerdas biasanya akan menekuninya lebih serius. Misalnya kegemarannya menyusun balok, menggambar atau bermain bola.

Keterampilannya tersebut memudahkan orangtua untuk mendeteksi kemampuan atau bakat anak sejak dini, sehingga dapat mengarahkan anak untuk mengembangkannya.

7. Berpikir cepat

7.	Berpikir cepat
Pixabay/White77

Mudah memahami materi pelajaran yang diberikan tentu saja menjadi ciri yang paling mudah dideteksi untuk mengetahui tingkat kecerdasan anak. Anak cerdas memiliki kemampuan berpikir yang cepat, kemampuan menganalisa suatu kasus dengan baik dan tentu saja daya ingat yang tinggi.

Mama bisa berbangga hati jika anak mama memiliki sejumlah ciri-ciri diatas. Memiliki anak yang cerdas dengan IQ diatas rata-rata merupakan anugerah.

Pekerjaan Mama untuk mendidiknya akan terasa lebih ringan dan mudah. Mama hanya perlu mengarahkan anak agar ia lebih fokus dan konsisten dalam mengembangkan bakat dan kecerdasannya.

Baca juga: Cara meningkatkan IQ anak 

Dan juga simak fakta ini: Cacingan bisa turunkan IQ anak