5 Solusi Tepat untuk Anak yang Malas Sekolah

Aduh, baru masuk sekolah kok sudah malas ya?

10 Oktober 2018

5 Solusi Tepat Anak Malas Sekolah
Pixabay/Taken

Hal yang paling menyenangkan bagi anak adalah bermain. Namun jika ia sudah melebihi batas waktu bermainnya hingga malas melakukan kegiatan lainnya, maka orangtua harus bertindak tegas.

Apalagi kalau si Anak juga jadi malas sekolah. Sedangkan belajar merupakan aktivitas rutin dari seorang anak dan sekolah sebagai sarana perkembangannya secara kognitif serta sosial. Beberapa anak menganggap bahwa sekolah itu sangat membosankan. 

Nah, Mama yang sedang membesarkan si Anak pada usia sekolahnya pasti suka kebingungan di saat anak tidak mau masuk sekolah dan pada dasarnya anak yang malas sekolah memiliki pola pikir berbeda dari orangtuanya.

Banyak faktor yang buat mereka malas sekolah, seperti terlalu asik bermain gadget, menonton TV, dan lain sebagainya.

Akan tetapi jika dibiarkan tentu prestasinya akan menurun di sekolah. Berikut akan dikupas cara-cara tepat mengatasi anak yang malas sekolah:

1. Beri motivasi

1. Beri motivasi
Pixabay/maura24

Keinginan yang lebih kuat untuk bermain hingga menyebabkan anak malas sekolah membuat kemungkinan tak dapat penambahan ilmu. Sebagai langkah awal Mama harus sabar dan memberi motivasi kepada mereka untuk membantu serta membimbingnya.

Jangan sampai membentaknya agar menuruti perintah Mama. Dan juga jangan biarkan rasa malasnya menjadi kebiasaan buruk.

Berusahalah membantu si Anak keluar dari zona itu dengan cara mendidik yang baik agar rasa malasnya tidak berkelanjutan. 

2. Memberi struktur belajar yang baik

2. Memberi struktur belajar baik
Pixabay/klimkin

Banyak orangtua kebingungan saat anak malas belajar.

Mama bisa mencoba untuk lebih santai saat ia pulang sekolah, dengan kata lain tidak memaksanya belajar lagi sesudah sepulang sekolah yang menyebabkan ia jadi enggan untuk pergi ke sekolah. Karena pada dasarnya anak dapat diarahkan dengan baik, salah satunya memberi struktur belajar yang baik.

Buatkan jadwal yang harus dipatuhi olehnya dengan konsekuensi. Dan biarkan ia memilih waktu yang disukai untuk belajar. Sehingga tahu akan kewajibannya dan tidak merasa terbebani untuk rajin sekolah.

Editors' Picks

3. Belajar sambil bermain

3. Belajar sambil bermain
Pexels/John-Mark Smith

Cara mengatasi anak malas sekolah dan belajar, yaitu menerapkan metode belajar yang anak sukai. Mama bisa lakukan bersama mereka, dimana anak belajar sambil bermain.

Dengan begitu anak jadi lebih berminat dan semangat. Selain itu juga melatih kemampuan kognitif serta motoriknya. Misalnya saat ia sedang bermain ajaklah percakapan yang mengarah kepada pertanyaan-pertanyaan tentang pelajaran. 

4. Beri perlengkapan sekolah yang menarik perhatiannya

4. Beri perlengkapan sekolah menarik perhatiannya
Pexels/Pixabay

Langkah berikutnya ialah mencari ide lain agar si Anak rajin sekolah. Mama bisa membelikan perlengkapan sekolahnya sesuai kesenangan anak. Misalnya membelikan si Kecil buku-buku edukatif yang bentuknya menarik dan penuh warna yang mendatangkan ia minat baca.

Cara tersebut lebih efektif dalam meningkatkan semangatnya dalam belajar dan mood belajarnya

5. Memberi imbalan

5. Memberi imbalan
Pexels/Kim Stiver

Mungkin salah satu faktor anak malas sekolah ialah tidak dihargai oleh orangtuanya. Jika tejadi kondisi itu, Mama pun harus memberi pujian setiap kali melakukan aktivitas sekolah.

Jangan pernah meremehkannya di jam-jam sekolahnya. Jika memungkinkan, beri anak juga sebuah imbalan atau hadiah juga. Sedangkan memberi imbalan setiap kali ia semangat sekolah. Imbalan yang diberikan dapat memacunya untuk selalu masuk sekolah. 

Sering kali anak yang malas sekolah harus dimarahi dahulu baru mereka akan mau masuk sekolah. Nah, itulah solusi tepat agar anak tetap rajin sekolah.

Semoga bermanfaat.