Mengenal Arah Mata Angin, dari Pengertian hingga Cara Menentukannya

Mengetahui arah mata angin bukan hanya tentang menemukan utara, selatan, barat, dan timur

21 Maret 2024

Mengenal Arah Mata Angin, dari Pengertian hingga Cara Menentukannya
Freepik

Pernahkah kamu bertanya-tanya bagaimana kita bisa tahu arah mana yang harus kita tuju ketika berpetualang di luar ruangan? Nah, salah satu cara yang sangat membantu adalah dengan menggunakan apa yang disebut sebagai arah mata angin. 

Arah mata angin adalah cara untuk menunjukkan ke mana utara, selatan, barat, dan timur berada. Namun ternyata, arah mata angin tidak hanya ada empat, lho, tetapi ada delapan jenis arah yang bisa kita pelajari! 

Berikut ini Popmama.com telah merangkum penjelasan mengenai arah mata angin mulai dari pengertian hingga cara menentukannya untuk menambah pengetahuan kamu. Yuk, jelajahi lebih dalam!

1. Pengertian arah mata angin

1. Pengertian arah mata angin
Freepik

Arah mata angin adalah sistem penunjuk arah yang terdiri dari delapan arah utama yang membantu kita dalam navigasi dan memahami orientasi geografis di sekitar kita. Delapan arah itu meliputi utara, selatan, barat, timur, timur laut, tenggara, barat daya, dan barat laut.

Pemahaman tentang kedelapan arah mata angin ini sangat penting dalam berbagai aktivitas, seperti navigasi darat, laut, atau udara, serta dalam kegiatan luar ruangan lainnya. Dengan mengetahui arah mata angin, kita dapat membuat perencanaan perjalanan yang lebih efektif.

2. Jenis-jenis arah mata angin

2. Jenis-jenis arah mata angin
Freepik

Jenis-jenis arah mata angin mencakup dua kategori utama, yaitu arah kardinal dan arah ordinal. 

Arah kardinal terdiri dari empat arah utama yang menjadi dasar dalam sistem arah mata angin. Arah kardinal meliputi utara (arah yang menunjukkan ke kutub utara bumi), selatan (arah yang berlawanan dengan utara dan menunjukkan ke kutub selatan bumi), barat (arah yang menunjukkan ke arah matahari terbenam pada sore hari), dan timur (arah yang menunjukkan ke arah matahari terbit pada pagi hari).

Sementara itu, arah ordinal adalah empat arah tambahan yang terletak di antara arah kardinal, menawarkan tingkat presisi yang lebih tinggi dalam navigasi. Arah ordinal di antaranya adalah timur laut (yang berada di antara timur dan utara), tenggara (berada di antara timur dan selatan), barat daya (berada di antara barat dan selatan), dan barat laut (berada di antara barat dan utara).

3. Cara menentukan arah mata angin

3. Cara menentukan arah mata angin
Freepik/wirestock

Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk menentukan arah mata angin, baik itu untuk menjelajahi alam bebas, melakukan perjalanan, atau sekadar mengetahui arah saat berada di luar ruangan. Salah satu cara yang paling umum digunakan adalah dengan menggunakan kompas. 

Kompas adalah alat navigasi yang sangat berguna karena jarum magnet di dalamnya selalu menunjuk ke arah utara. Dengan memahami arah utara, kita dapat dengan mudah menentukan arah lainnya.

Selain menggunakan kompas, matahari juga dapat digunakan sebagai penunjuk arah yang alami. Saat matahari terbit di pagi hari, arah timur dapat ditentukan dengan melihat ke arah matahari. Begitu juga, saat matahari terbenam di sore hari, arah barat dapat ditentukan dengan melihat ke arah matahari yang berada di ufuk barat.

Tidak memiliki kompas atau matahari tidak selalu terlihat jelas? Ada cara lain yang bisa digunakan, yaitu menggunakan batang kayu. Caranya adalah dengan menancapkan batang kayu ke tanah dan memperhatikan bayangan yang dihasilkan oleh matahari. Saat bayangan batang kayu condong ke arah barat pada pagi hingga siang hari, itu menandakan arah timur. Sedangkan saat bayangan batang kayu condong ke arah timur menjelang sore, itu menunjukkan arah barat.

Dengan menguasai salah satu atau bahkan ketiga cara ini, seseorang dapat dengan mudah menentukan arah mata angin di mana pun mereka berada. Ini adalah keterampilan yang sangat berguna, terutama bagi mereka yang senang menjelajahi alam dan melakukan petualangan di luar ruangan.

Nah, itulah penjelasan mengenai arah mata angin mulai dari pengertian hingga cara menentukannya. Pemahaman tentang arah mata angin adalah keterampilan yang sangat berguna dalam menjelajahi alam dan melakukan berbagai aktivitas di luar ruangan. Dengan mengerti konsep ini, kita dapat lebih percaya diri dan efektif dalam merencanakan perjalanan serta menavigasi arah, baik itu menggunakan kompas, memanfaatkan matahari, atau bahkan dengan menggunakan batang kayu.

The Latest