Beri Tahu Anak: Mematikan, 7 Hewan Buas yang Ada Di Sungai Amazon

Ini Ma beberapa hewan buas di sungai Amazon yang bisa menjadi pengetahuan baru bagi anak

11 Mei 2021

Beri Tahu Anak Mematikan, 7 Hewan Buas Ada Sungai Amazon
Pixabay/allnikart

Mama tentunya berkeinginan agar anak memiliki pengetahuan dan wawasan yang luas, namun masa pandemi saat ini membuat anak terbatas untuk melakukan eksplorasi pada lingkungan luar. Belum lagi anak tidak bisa menghadiri kegiatan belajar di sekolah dan tidak bisa bertukar informasi dengan teman-temannya.

Orangtua adalah solusi untuk anak agar tetap memiliki pengetahuan dan wawasan selama berada di rumah. Mengajarkan anak tentang berbagai hal penting agar berpengetahuan luas adalah salah satu hal yang wajib orangtua lakukan.

Pengetahuan baru yang bisa Mama ajarkan pada anak sangat beragam Ma. Salah satu pengetahuan yang bisa Mama beri tahu anak adalah pengetahuan tentang hewan-hewan di bumi

Nah, kali ini untuk memudahkan Mama memberikan pengetahuan baru untuk anak mama, Popmama.comtelah merangkum mengenai hewan buas dan mematikan di sungai Amazon yang bisa Mama beri tahu si Anak. Yuk Ma simak bersama.

1. Sungai Amazon

1. Sungai Amazon
Pixabay/helena

Sungai Amazon terletak di Amerika Selatan dan merupakan sungai terpanjang di dunia setelah sungai Nil. Di dalam sungai Amazon terdapat ribuan jenis spesies ikan dan ratusan jenis amfibi.

Dari berbagai jenis hewan yang hidup di sungai ini, tentunya ada beberapa hewan air yang tergolong buas bahkan mematikan mendiami sungai Amazon.

2. Piranha

2. Piranha
Pixabay/gorartser

Ikan piranha cukup terkenal karena pernah ada laporan bahwa ikan ini dapat menyerang manusia yang berakhir dengan kematian. Namun, sebenarnya ikan berukuran sedang ini tidak terlalu berbahaya bagi manusia, Ma.

Ikan piranha memang merupakan salah satu ikan predator yang memiliki gigi tajam dan berburu secara berkelompok sehingga bisa memangsa hewan-hewan berukuran besar dan meyobek tubuh hewan lain dengan cepat.

Piranha juga memiliki beberapa spesies di sungai Amazon Ma, ikan piranha perut merah (Pygocentrus nattereri Kner) lah yang paling terkenal agresif dan tercatat pernah memangsa manusia. Namun selebihnya spesies piranha lain tergolong omnivora bahkan ada juga yang vegetarian, dan hanya memakan biji-bijian atau tumbuhan air.

Editors' Picks

3. Hiu banteng

3. Hiu banteng
Pexels/magda-ehlers

Kalau Mama pikir hiu hanya hidup di air asin, Mama salah. Karena Hiu banteng yang ada di sungai Amazon dapat hidup di air tawar, hiu ini bermigrasi dari laut menuju sungai dan bertahan hidup dengan mempertahankan kadar galam dalam tubuhnya.

Hiu ini tergolong hiu yang ganas Ma, karena memiliki rahang kuat yang memungkinkan untuk memangsa hewan berukuran lebih besar. Hiu banteng juga bisa menyerang hiu lainnya dan ikan bertulang.

4. Belut listrik

4. Belut listrik
Instagram.com/vanaqua

Di sungai Amazon terdapat hewan yang bisa menyalurkan aliran listrik melalui ekornya, aliran ini bahkan mencapai 600 volt sehingga mampu melumpuhkan lawan yang lebih besar. Hewan tersebut adalah belut listrik.

Belut listrik tidak akan menyerang jika tidak merasa terancam, namun ada baiknya tetap waspada dan menjauhi hewan ini karena sedikit saja sengatan belut listri dapat menyebabkan gagal jantung dan pernapasan pada manusia.

5. Katak beracun

5. Katak beracun
Pixabay/pexels

Di sungai Amazon terdapat 427 spesies katak dari 4000 spesies di dunia. Salah satunya adalah katak panah beracun. Hewan ini berukuran kecil sekitar 20 mm-40 mm dan memiliki warna cerah yaitu merah, oranye, atau hijau.

Katak panah beracun melumpuhkan mangsanya dengan kulitnya yang beracun, sekitar 2,5 gram racun katak ini diperkirakan dapat membunuh manusia dewasa.

6. Caiman hitam

6. Caiman hitam
Pexels/henning-roettger

Caiman hitam merupakan predator puncak di ekosistem sungai Amazon, karena hewan ini memiliki beragam jenis mangsa. Caiman hitam remaja dapat memakan krustasea, serangga, ikan kecil, amfibi, mamalia kecil dan burung. Sementara itu, caiman dewasa mengonsumsi ikan, burung, reptile, amfibi dan berbagai spesies mamalia.

Dengan gigi yang dirancang untuk mencengkram hewab ini dapat memakan tapir dan ular anakonda dengan di telan secara utuh.

7. Ular anakonda hijau

7. Ular anakonda hijau
Pexels/spoubhagya

Ular anakonda hijau adalah salah satu jenis ular yang paling legendaris, bahkan menjadi ikon dari Sungai Amazon. Ular ini juga merupakan ular terbesar dan terberat di dunia saat ini.

Tercatat berat anakonda bisa mencapai 227 kilogram dengan panjang 8,43 meter dan ketebalan 1,11 meter. Anakonda dapat hidup di darat maupun di air, kecepatan anakonda di air meningkat dibanding di darat karena tubuhnya yang menjadi licin.

Anakonda memang tidak memiliki racun Ma, namun anakonda mampu untuk melilit dan mencekik mangsanya hingga tewas.

Itulah informasi mengenai berbagai hewan buas yang hidup di sungai Amazon. Walau Mama dan keluarga tidak ada niatan pergi ke sungai terluas kedua di dunia ini, namun semoga dengan informasi di atas dapat membantu Mama mengajarkan si Anak agar pengetahuannya bertambah ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.