Mengisi Liburan Sekolah, Bolehkah Ajak Anak Berenang Saat Puasa?

Asal tak tertelan air, berenang saat puasa tak jadi masalah

8 Mei 2021

Mengisi Liburan Sekolah, Bolehkah Ajak Anak Berenang Saat Puasa
Pexels.com/Yulianto Poitier

Libur sekolah tiba, anak-anak bakal lebih banyak menghabiskan waktu bareng Mama nih. Sudah kepikiran mau ajak si anak berkegiatan apa atau pergi ke mana belum? Bagaimana kalau Mama bawa mereka pergi berenang? Pasti anak-anak bakal senang, bisa bermain di luar rumah.

Uhm, memangnya boleh ya berenang saat puasa? Pertanyaan yang satu ini sering sekali dilontarkan. Berenang tentunya dekat dengan air, karenanya, banyak orang khawatir bakal bikin batal puasa.

Namun ternyata, berenang saat puasa justru disarankan loh, Ma. Kok bisa? Yuk, simak bahasan Popmama.com kali ini.

Editors' Picks

1. Berenang bikin tambah semangat

1. Berenang bikin tambah semangat
Pexels.com/Marc Richards

Dalam Islam, apa pun hal yang bisa menambah semangat untuk mentaati Allah sangat disarankan. Itulah mengapa berenang saat puasa juga disarankan, jika memang bisa bikin makin semangat dalam menjalankan puasa. Dengan rasa semangat itu, maka beban ibadah bakal lebih ringan.

2. Seperti apa hukumnya berenang saat puasa?

2. Seperti apa hukum berenang saat puasa
Pexels.com/Oleksandr Pidvalnyi

Seperti yang kita semua tahu, ada beberapa hal yang bisa membatalkan puasa. Selain makan dan minum, masuknya benda atau cairan ke dalam tubuh melalui saluran manapun juga bisa bikin batal puasa. Karenanya, berenang dikhawatirkan bisa membatalkan puasa.

Hukumnya, Mama harus tahu dulu apa saja hal-hal yang bisa membatalkan puasa. Nah, untuk berenang, tentu saja syaratnya harus tidak ada air yang masuk baik itu dari mulut, hidung, maupun telinga. Jangan buang angin juga di dalam kolam, karena air bisa masuk melalui dubur.

3. Jelaskan syarat berenang saat puasa pada anak

3. Jelaskan syarat berenang saat puasa anak
Pexels.com/Juan Salamanca

Untuk mengajak anak berenang saat puasa, Mama bisa memastikan air tidak masuk ke telinga mereka dengan memberinya pelindung kepala yang biasanya juga menutup telinga. Selebihnya, ingatkan mereka untuk tidak menghirup air kolam lewat hidung, apalagi mulut.

Sulit mungkin, karena terkadang kita tak sengaja menghirup atau terletan air kolam. Namun tak ada salahnya kan, kali ini Mama ekstra berhati-hati saat berenang. Si Anak juga butuh ekstra pengawasan dari Mama, agar tidak sampai melanggar syarat dan tentunya tetap aman di kolam renang.

Jadi, sudah siap mengajak si Anak pergi berenang untuk mengisi liburan jelang lebaran kali ini? Tapi ingat, perhatikan protokol kesehatan selalu ya Ma, demi keamanan keluarga. Selamat bersenang-senang ya, Ma!

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.