Rekomendasi Wisata Edukatif untuk Weekend yang Seru dan Bermanfaat

Berwisata sekaligus belajar, asyik buat semua anggota keluarga

24 Agustus 2019

Rekomendasi Wisata Edukatif Weekend Seru Bermanfaat
Parentmap.com

Akhir pekan tiba! Ini saat yang tepat untuk merencanakan liburan dan wisata bersama keluarga. Setelah sepekan sibuk bekerja dan kekurangan waktu bersama anak-anak, Mama bisa memilih berwisata ke tempat-tempat edukatif. Jadi tak hanya bersenang-senang, ia bisa menambah pengetahuannya di sana.

Membawa anak berlibur, Mama harus bijak memilih tempat tujuan yang biayanya terjangkau, seru, sekaligus menambah pengetahuan.

Ini 5 rekomendasi tempat wisata ini bisa Mama pertimbangkan untuk tujuan liburan keluarga.

1. Kebun binatang

1. Kebun binatang
Pixabay/Nextvoyage

Berwisata ke kebun binatang memberi kesempatan anak mama mengenal jenis-jenis satwa. Pemandangannya yang hijau dan menyegarkan bisa merelaksasi pikiran Mama-Papa juga setelah seminggu beraktivitas.

Jika selama ini hanya melihat di gambar atau mainan, di kebun binatang ia bisa melihatnya secara langsung dari jarak dekat. Kini banyak juga kebun binatang dengan konsep tur yang menyediakan transportasi berkeliling area wisata dan menyaksikan kesemua jenis hewan yang ada.

Untuk edukasi yang lebih banyak tentang satwa langka, Mama bisa memilih cagar alam yang memungkinkan anak-anak berinteraksi lebih banyak dengan alam bebas. Ada banyak spesies satwa dan tumbuhan dilindungi yang bisa ia lihat dan pelajari.

2. Taman edukasi

2. Taman edukasi
publicdomainpictures

Untuk suasana yang lebih seru, Mama bisa memilih taman wisata berkonsep edukatif. Di taman itu tersedia permainan dan wahana pengetahuan umum sekaligus. Seperti Taman Mini Indonesia Indah yang memiliki miniatur rumah adat dari seluruh provinsi di Indonesia atau Taman Pintar di Yogyakarta yang menawarkan spot edukatif dikemas sebagai permainan.

Membawa anak mama ke taman edukatif memberinya kesempatan menambah pengetahuan dengan cara yang menyenangkan. Mama juga bisa memanfaatkannya sebagai alat peraga langsung saat menjelaskan kepadanya.

Editors' Picks

3. Kebun raya

3. Kebun raya
Pixabay/theasad121
Taman bakal indah karena kehadiran bunga-bunga yang bermekaran.

Jika pergi ke kebun binatang adalah kesempatan untuk mengenal aneka jenis satwa, bisa juga mencoba kebun raya. Di sana tersedia aneka jenis tumbuh-tumbuhan yang bisa menambah wawasan anak-anak dan Mama-Papa sekaligus. Suasananya juga lebih sejuk karena banyak pepohonan dan nuansa hijau.

Agar lebih terasa piknik, Mama bisa membawa bekal dari rumah dan menyiapkan tikar untuk duduk lesehan bersama. Di bawah rindangnya pepohonan yang meniupkan angin semilir, santap siang dengan masakan buatan Mama jadi terasa makin nikmat.

4. Museum

4. Museum
eatandtreats.blogspot.co.id

Sesuai fungsinya sebagai tempat penyimpanan benda-benda bersejarah, membawa anak berkunjung ke museum juga banyak gunanya. Ia bisa memahami sejarah kuno dengan bukti-bukti langsung berupa benda yang tersimpan rapi di sana.

Jenis museum pun beragam mulai dari museum perjuangan, peradaban manusia, sampai khusus karya seni. Mama bisa menfaatkannya untuk mengenalkan benda-benda bersejarah, sambil menceritakan kisah heroik di baliknya. Mengunjungi pameran seni juga bisa membangkitkan imajinasi anak dan memicunya untuk lebih kreatif.

5. Waterboom

5. Waterboom
commons.wikimedia.org

Karena sebagian besar anak suka main air, maka memilih berlibur singkat ke waterboom bisa menjadi pilihan tepat.

Wahana yang tersedia pun banyak, dan menawarkan keseruan tak hanya bagi anak mama tapi juga orang dewasa. Mengajarkan anak berenang sejak dini banyak keuntungannya lho, Ma! Baik untuk melatih pernapasan dan kinerja jantungnya. Mengenalkan anak sedini mungkin pada olah raga akan membuatnya terbiasa menjalankan hidup sehat kelak di kemudian hari.

Yuk, kita liburan!

Baca juga: Aktivitas Seru untuk Keluarga yang Bisa Dilakukan Saat Weekend

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;