5 Tips Beri Pengertian Si Kecil Kalau School From Home Bukan Liburan

Masih kecil bukan berarti nggak ngerti ‘kan?

25 Maret 2020

5 Tips Beri Pengertian Si Kecil Kalau School From Home Bukan Liburan
Shutterstock/PhuShutter

Si Kecil pasti merasa senang ya Ma, dengan kegiatan belajar yang bisa dilakukan di rumah, karena adanya ancaman virus sedang merajalela. Tapi perlu diingat, Mama tetap harus memberikan pengertian kepada si Kecil ya Ma, kalau school from home (SFH) itu bukan liburan. Gimana ya Ma caranya agar si Kecil mengerti? Tenang Ma, Popmama akan berbagi 5 tips yang bisa Mama lakukan, penasaran ‘kan?

1. Ajak si Kecil membuat jadwal selama 1 minggu ke depan

1. Ajak si Kecil membuat jadwal selama 1 minggu ke depan
Shutterstock/Syda Productions

Pasti saat ini si Kecil selalu menanyakan kenapa kok sekarang nggak ke sekolah, juga biasanya si Kecil merengek minta ingin main sesuatu. Mama pasti lelah ‘kan ditanya terus sama si Kecil. Yuk, mulai ajak si Kecil dengan memberikan pengertian kenapa harus belajar di rumah dan juga ikut sertakan si Kecil dalam membuat jadwal belajar di rumah untuk 1 minggu ke depan. Materi apa saja yang harus dipelajari dari sekolah dan kombinasikan dengan keinginan si Kecil. Jadi, si Kecil lebih bersemangat belajar di rumah. Nah, untuk minggu berikutnya, Mama bisa membuat jadwal yang baru lagi, agar si Kecil tidak bosan.

2. Sebelum tidur, ingatkan si Kecil bahwa esok hari waktunya belajar di rumah

2. Sebelum tidur, ingatkan si Kecil bahwa esok hari waktu belajar rumah
Shutterstock/Patcharida

Penting juga nih Ma, sebelum tidur ingatkan si Kecil, bahwa besok masih belajar di rumah. Agar si Kecil tetap bangun pagi dan siap untuk menjalani aktivitas belajar di rumah. Hal ini juga bisa mengajarkan si Kecil untuk bertanggung jawab dengan jadwal yang telah Mama dan si Kecil buat lho. Dan pastikan juga si Kecil mempunyai waktu tidur yang cukup Ma!

3. Pastikan si Kecil tetap bangun pagi, mandi dan sarapan seperti biasa

3. Pastikan si Kecil tetap bangun pagi, mandi sarapan seperti biasa

Pastikan kegiatan di awal hari, tetap berjalan seperti biasanya ya Ma. Tetap bangunkan si Kecil di pagi hari, melakukan sedikit olahraga kemudian mandi pagi agar si Kecil segar dan bersemangat. Dan jangan lupakan sarapan juga ya Ma, siapkan menu favorit si Kecil. Sedangkan untuk tambahan nutrisinya, Mama bisa memberikan asupan vitamin juga lho, karena di rumah si Kecil harus tetap belajar.

Supaya si Kecil agar lebih fokus dalam mengasah kemampuannya baik berhitung maupun kegiatan asah otak lainnya di rumah, Mama bisa berikan si Kecil, Cerebrofort Marine Gummy lho. Serunya lagi, vitamin berbentuk gummy dan bertekstur kenyal ini, mengandung minyak ikan, Omega-3, DHA dan EPA lho, yang mana mendukung kecerdasan dan menjaga kesehatan otak si kecil. Supaya asupan nutrisi nya optimal, penting banget lho Ma, memberikan vitamin ini setiap hari buat si Kecil.

Editors' Picks

5 Tips Beri Pengertian Si Kecil Kalau School From Home Bukan Liburan
Popmama.com/Cerebrofort

Mama juga harus tahu nih, Cerebrofort Marine Gummy ini memiliki 5 varian rasa lho, yaitu mango, grape, orange, strawberry dan mixed fruits. Dengan berbagai varian rasa ini, Mama bisa berikan si Kecil rasa yang berbeda di setiap harinya, pasti si Kecil suka deh Ma. Dengan begitu si Kecil siap menjadi #AnakMasaDepan dan memiliki semangat School from Home sampai nanti mereka siap untuk kembali ke sekolah Ma.

4. Jangan hanya terpaku pada buku, ajak si Kecil belajar secara aktif sambil bermain

4. Jangan ha terpaku buku, ajak si Kecil belajar secara aktif sambil bermain
Shutterstock/ndstudio1982

Buku memang sumber dari segala ilmu ya Ma, tapi Mama perlu ingat kalau belajar bisa dari mana saja. Saat bermain juga bisa menjadi salah satu cara si Kecil belajar lho Ma. Dengan berbagai peralatan sederhana yang ada di rumah, Mama bisa berkreasi bersama si Kecil untuk mengasah motoriknya, belajar problem solving, melatih mental, fisik dan lain-lain. Jadi, Mama bisa coba belajar secara aktif sambil bermain bersama si Kecil, pasti menyenangkan.

5. Ajak si Kecil belajar dengan cara berpindah ruangan agar mengurangi kebosanan

5. Ajak si Kecil belajar cara berpindah ruangan agar mengurangi kebosanan
Shutterstock/FWStudio

Ini dia yang menjadi tantangan terbesar Mama saat menghadapi si Kecil yang harus belajar di rumah. Menjaga agar si Kecil biar nggak cepat bosan. Nah, Mama bisa lakukan dengan cara berpindah ruangan tapi ingat ya Ma, jangan keluar rumah, dan pastikan rumah dalam keadaan bersih serta selalu semprot dengan disinfektan. Dan jangan lupa biasakan si Kecil rajin mencuci tangan setelah memegang sesuatu. Saat satu materi telah selesai dipelajari, ajak ia untuk pindah ruang, misalnya ke ruang tengah, atau di teras, usahakan mencari ruangan yang mempunyai sirkulasi udara dan pencahayaan yang cukup ya Ma, agar si Kecil merasa lebih fresh dan bersemangat belajar di rumah.

Menurut Mama, gimana nih 5 tips dari Popmama? Semoga bisa membantu Mama ya untuk memberikan pengertian buat si Kecil agar lebih bersemangat belajar di rumah! Stay healthy ya Ma!

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.