5 Cara Mendukung Anak agar Semangat Belajar Online

Anak bosan belajar online? Yuk, coba cara ini, Ma!

19 Maret 2021

5 Cara Mendukung Anak agar Semangat Belajar Online
Freepik

Selama pandemi Covid-19 yang sudah selama kurang lebih satu tahun kita alami ini, seluruh kegiatan acara langsung mengalami pembatasan dalam pelaksanaannya.

Hal tersebut juga berpengaruh pada sistem pendidikan. Anak jadi harus terus sekolah dengan melakukan sistem PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) secara online

Anak yang baru mulai sekolah dasar biasanya lebih cepat bosan untuk belajar online. Bagaimana cara menyiasatinya agar anak bisa tetap fokus belajar dari rumah?

Yuk, kita simak penjelasan dari Popmama.com tentang cara mendukung anak agar semangat belajar online.

1. Membangun komunikasi yang terbuka dengan anak

1. Membangun komunikasi terbuka anak
Freepik/karlyukav

Setiap anak memiliki reaksi yang berbeda terhadap stres dan rasa bosan saat harus terus melakukan belajar online. Untuk itu Mama diharapkan untuk lebih pengertian terhadap anak.

Usahakan untuk selalu membangun komunikasi yang baik dan terbuka dengan anak. Biarkan mereka berbicara dengan bebas saat berdiskusi, bercerita, ataupun hal lainnya kepada Mama.

Tunjukkan bahwa Mama mendengarkannya dengan memberikan perhatian penuh, dan pastikan mereka mengerti bahwa mereka dapat berbicara denganmu kapan pun mereka mau.

Editors' Picks

2. Pilih tempat belajar yang nyaman

2. Pilih tempat belajar nyaman
Freepik/nensuria

Manfaatkan beberapa ruang di rumah yang dapat di pakai menjadi area belajar anak. Apabila anak lebih nyaman untuk belajar di dalam kamar, maka berikan sedikit perubahan dengan cara mendekor meja belajarnya

Namun, teras dan balkon mungkin bisa menjadi alternatif tempat belajar anak saat mereka merasa bosan belajar di dalam rumah.

3. Tetap berkomunikasi dengan sekolah anak

3. Tetap berkomunikasi sekolah anak
Freepik/tirachardz

Kelompok diskusi antar orangtua dan guru seperti Whatsapp Group juga menjadi sarana yang baik untuk saling mendukung selama pembelajaran online dari rumah.

Selain tugas-tugas yang diberikan oleh guru, Mama juga bisa mengkomunikasikan mengenai apa yang anak hadapi. Seperti misalnya ketika mengalami masalah konektivitas, ataupun  jika anak mengalami kesulitan menyelesaikan tugas yang diberikan guru.

4. Atur jadwal rutinitas yang fleksibel

4. Atur jadwal rutinitas fleksibel
Freepik

Mama perlu membuat jadwal rutinitas untuk anak, namun tetap harus mempertimbangkan sesuai dengan usia anak. Jadwal rutinitas yang disusun dapat berupa jadwal tidur dan waktu bangun yang konsisten, waktu bermain, dan waktu untuk belajar. Mama juga bisa menggunakan kegiatan sehari-hari sebagai kesempatan belajar untuk anak.

Mama perlu mempertimbangkan fleksibilitas tertentu. Contohnya ketika anak tampak gelisah dan mulai bosan dalam belajar online. Mama bisa beralih ke opsi lain yang lebih aktif untuk melatih motorik halus dan kasar bagi anak seperti membantu mengerjakan tugas rumah.

5. Lakukan refreshing ketika merasa bosan

5. Lakukan refreshing ketika merasa bosan
Freepik

Untuk mengatasi rasa bosan selama belajar online, Mama bisa meluangkan waktu pada anak untuk melakukan refreshing. Hal yang bisa dilakukan di antaranya dengan melakukan hobi yang disukai anak, atau mencoba beberapa hal baru.

Melakukan kegiatan seperti bermain game online bersama, atau  melakukan pertemuan secara daring dengan teman-teman anak juga bisa menjadi pilihan. Namun jangan sampai melewati batas.

Dengan melakukan refreshing, tentunya akan mengembalikan kondisi tubuh dan pikiran anak menjadi lebih fresh.

Itu dia 5 cara mendukung anak agar semangat belajar online. Namun, Mama juga bisa menerapkan cara lain yang sesuai dengan karakter anak.

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.