AS Rencanakan Distribusi Vaksin Covid-19 untuk Anak 5-11 Tahun

Membuat strategi agar pendistribusian vaksin dengan cepat, nyaman, dan merata pada 28 juta anak-anak

21 Oktober 2021

AS Rencanakan Distribusi Vaksin Covid-19 Anak 5-11 Tahun
Freepik

Vaksin menjadi salah satu cara mengurangi dampak Covid-19 yang masih tersebar di hampir seluruh penjuru dunia, dan saat ini hanya masyarakat yang berusia 12 tahun yang memenuhi syarat untuk mendapatkan vaksinasi.

Namun kabar baiknya, para ahli telah memperkirakan bahwa anak-anak yang lebih muda, yaitu berusia 5-11 tahun mungkin mendapatkan lampu hijau dalam beberapa minggu mendatang.

Amerika Serikat telah mengumumkan rencana peluncuran vaksin Covid-19 ini untuk anak-anak, sambil bersiap-siap menunggu persetujuan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat atau Food and Drug Administration (FDA).

Berikut Popmama.com telah menyiapkan informasi selengkapnya di bawah ini!

1. Mengumumkan rencana mendisitribusikan vaksin dengan cepat, nyaman, dan merata pada anak-anak

1. Mengumumkan rencana mendisitribusikan vaksin cepat, nyaman, merata anak-anak
Freepik/rawpixel.com

Pada 20 Oktober, Pemerintahan Presiden Amerika Serikat Joe Biden, mengumumkan rencana untuk mendistribusikan vaksin dengan cepat, nyaman, dan merata kepada anak-anak di seluruh negeri.

Dilansir dari Parents, dengan hasil uji klinis pediatrik yang masuk, para ahli memperkirakan bahwa anak-anak yang lebih muda berusia 5-11 tahun mungkin mendapatkan lampu hijau dalam beberapa minggu mendatang.

Keputusan ini saat ini sedang dipertimbangkan oleh Food and Drug Administration (FDA) dan Centers for Disease Control and Prevention (CDC), yang menjadi tuan rumah pertemuan komite penasihat independen dalam beberapa minggu mendatang.

"Untuk mengantisipasi pertemuan komite penasihat independen FDA pada 26 Oktober dan pertemuan komite penasihat independen CDC,  2 hingga 3 November, hari ini Pemerintahan Joe Biden mengumumkan rencana untuk memastikan bahwa, jika vaksin diizinkan untuk anak-anak usia 5 hingga 11 tahun, itu akan segera didistribusikan dengan cepat dan tersedia dengan mudah serta merata untuk keluarga di seluruh negeri," kata pihak Gedung Putih mengumumkan dalam sebuah pernyataan.

Editors' Picks

2. Menjadi langkah Amerika Serikat untuk membuat 28 juta anak memenuhi syarat vaksin

2. Menjadi langkah Amerika Serikat membuat 28 juta anak memenuhi syarat vaksin
Freepik/Prostooleh

Menurut pernyataan Gedung Putih pada Rabu (20/10/21), hal ini menjadi langkah Amerika Serikat yang akan membuat 28 juta anak memenuhi syarat untuk divaksin, demikian pernyataan Gedung Putih, Rabu (20/10).

Pemerintahan Presiden Joe Biden mengatakan telah menyiapkan cukup pasokan dan bekerja sama dengan 25.000 kantor pediatrik dan tempat perawatan primer, ribuan apotek, dan lebih dari 100 rumah sakit anak.

Vaksin COVID-19 juga akan diberikan di ratusan sekolah dan lokasi berbasis komunitas, yang membuatnya dapat diakses oleh banyak anak-anak Amerika.

"Kami tahu bahwa langkah-langkah ini akan sangat penting dalam memastikan bahwa kami tetap berada di depan virus dengan menjaga anak-anak dan keluarga tetap aman." ujar Sonya Bernstein, penasihat kebijakan senior untuk Gedung Putih dikutip dari Parents.

3. Program ini juga dilakukan bersamaan dengan mengedukasi keluarga tentang vaksin

3. Program ini juga dilakukan bersamaan mengedukasi keluarga tentang vaksin
Freepik

Program Gedung Putih juga bekerja untuk mengedukasi keluarga tentang vaksin. Orangtua dapat "terlibat dengan ahli tepercaya untuk mendapatkan berbagai informasi, dan melihat manfaat dari divaksinasi,

Menurut Bernstein, diharapkan ini akan mengurangi penyebaran informasi salah yang berbahaya, dan membantu orangtua membuat pilihan yang tepat.

"Kami memahami bahwa orangtua dan anak-anak memiliki pertanyaan dan kekhawatiran yang sama, dan itulah mengapa kami siap menghadapinya, dengan mengatasinya sejak awal." ujar Bernsein.

Sebagai bagian dari edukasi, Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan Amerika Serikat atau United States Department of Health and Human Services (HHS) akan merekrut ahli, seperti dokter anak dan tokoh masyarakat untuk berbicara secara terbuka tentang vaksin.

Mereka juga akan bekerja dengan sekolah, departemen kesehatan, dan organisasi nasional dan masyarakat, untuk meningkatkan kepercayaan vaksin. HHS juga akan membuat forum bagi orangtua untuk bertanya, serta menjangkau mereka secara langsung melalui pers dan media sosial.

4. Gedung Putih menjangkau anak dari keluarga berpenghasilan rendah dan anak dengan risiko tertinggi

4. Gedung Putih menjangkau anak dari keluarga berpenghasilan rendah anak risiko tertinggi
Freepik

Gedung Putih juga menawarkan banyak pusat vaksinasi Covid-19 yang akan berusaha untuk memenuhi kebutuhan masyarakat setempat. 

Bernstein menambahkan bahwa lebih dari 3 juta anak usia 5 hingga 11 tahun, yang merupakan anak dari keluarga berpenghasilan rendah akan mendapatkan perawatan primer dari pusat kesehatan.

"Kami bekerja dengan negara bagian dan melalui program federal untuk memastikan bahwa kami menyediakan pasokan vaksin untuk pusat-pusat kesehatan ini di seluruh negeri," katanya.

Upaya Gedung Putih untuk memajukan kesetaraan juga akan fokus pada penyediaan vaksin untuk anak-anak dengan risiko tertinggi di negara itu, seperti anak yang mengalami obesitas, diabetes, asma, atau imunosupresi.

"Dalam hal ini, rumah sakit anak-anak dan sistem kesehatan adalah ahli tepercaya, dan kami akan bekerja sama dengan mereka untuk mendirikan klinik vaksinasi sebagai salah satu bagian dari strategi kami," kata Bernstein.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.