TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Beri Tahu Anak, 9 Doa Kristen untuk Orang Sakit agar Cepat Disembuhkan

Doa untuk orang sakit juga menumbuhkan rasa empati anak pada sesama

12 Agustus 2022

Beri Tahu Anak, 9 Doa Kristen Orang Sakit agar Cepat Disembuhkan
Freepik

Sakit merupakan kondisi yang umum dialami manusia. Namun tak semua orang memiliki kemampuan yang sama dalam menahan sakit.

Beberapa diantara mereka yang sakit mungkin sampai tidak bersekolah, tidak bekerja, dan kesulitan menjalani aktivitas sehari-hari.

Melalui doa yang ditujukan untuk orang yang sedang sakit ini, anak dapat belajar membuat mereka lebih tenang. Baik yang mengalami sakit akibat penyakit atau cedera, dan juga untuk keluarga yang merawat.

Kali ini Popmama.com telah menyiapkan 9 doa Kristen untuk orang sakit, yang dapat Mama ajarkan pada anak. Doa ini dapat dipanjatkan oleh anak sendiri atau bersama-sama. Yuk simak!

1. Doa untuk orang sakit yang pertama

1. Doa orang sakit pertama
Pexels/Cottonbro

Pada doa yang pertama ini, anak tak hanya meminta kesembuhan untuk orang yang sedang sakit. Namun ia juga mendoakan agar jiwa dan raga mereka merasakan sentuhan dari terang, kebenaran, dan kesejahteraan dari Tuhan.

Berikut doa untuk orang sakit yang pertama:

Tuhan Yesus Kristus, Engkau adalah penguasa atas hidup kami.

Semua yang kumiliki adalah milikmu. Hanya sentuhan Ilahi-Mu yang mampu menyembuhkan segala yang sakit, memulihkan kondisi fisik, menyembuhkan jiwa, dan mengubah kegelapan menjadi terang.

Oleh karena itu, aku berdoa kepada-Mu untuk (sebutkan nama orang yang sakit). Semoga jiwa dan raganya merasakan sentuhan dari terang, kebenaran, dan kesejahteraan dari-Mu.

Aku memohon kesembuhan-Mu untuk tubuhnya saat ini, karena Engkaulah penguasa atas langit dan bumi yang penuh dengan kasih dan kedamaian.

Terima kasih karena telah mendengarkan doaku,

Amin.

2. Doa untuk orang sakit yang kedua

2. Doa orang sakit kedua
Freepik

Dalam proses penyembuhan, mereka yang sedang sakit juga membutuhkan pertolongan dari orang-orang disekitarnya. Nah dalam doa yang satu ini, anak tak hanya mendoakan mereka yang sakit agar cepat sembuh, namun juga mendoakan orang-orang yang merawatnya. 

Berikut doa untuk orang sakit yang kedua:

Tuhan Yesus, terima kasih atas napas kehidupan yang telah Engkau berikan.

Aku berharap bahwa air kehidupan-Mu bisa menghibur (sebutkan nama orang yang sakit) yang sedang kesakitan. Aku memohon belas kasihan-Mu, agar mengizinkan air kehidupan-Mu menyembuhkannya.

Pimpin terus langkah orangtua, keluarga, kerabat, dan para tim medis yang membantu merawat (sebutkan nama orang yang sakit), dan kuatkan hati mereka agar bisa terus melayani dan memuliakan nama-Mu.

Di dalam nama Tuhan Yesus Kristus, kuberdoa dan mengucap syukur.

Haleluya. Amin.

3. Doa untuk orang sakit yang ketiga

3. Doa orang sakit ketiga
Pexels/Barbara Olsen

Dalam Matius 7 ayat 7, Tuhan mengatakan bahwa "Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu.".

Maka bukan hal yang tak mungkin bagi Tuhan untuk memberikan kesembuhan pada orang yang sedang sakit selama kita memohonnya dengan sungguh-sungguh. Berikut doa untuk orang sakit yang ketiga:

Ya Tuhan Yesus Maha Pengasih, terima kasih atas seluruh rahmat dan berkat-Mu selama ini. Hari ini aku ingin mendoakan (sebutkan nama orang yang sakit) yang sedang sakit.

(sebutkan nama orang yang sedang sakit) yang tengah diliputi oleh rasa sakit dan kesedihan. Aku memohon belas kasihan dan kuasa-Mu untuk menyembuhkannya.

Berilah sinar terang dan rahmat penyembuhanMu diatas dirinya, agar ia bisa merasakan pelukan cinta-Mu. Tuntunlah ia kepada jalan kasih-Mu.

Di dalam kuasa Roh Kudus-Mu, aku berdoa dan mengucap syukur.

Haleluya. Amin.

Editors' Picks

4. Doa untuk orang sakit yang keempat

4. Doa orang sakit keempat
Freepik

Tentu akan ada rasa simpati dalam diri anak bila melihat orangtua, saudara, teman, atau bahkan gurunya yang sedang sakit, karena ia kehilangan momen-momen menyenangkan bersamanya.

Maka itu, doakan mereka yang sedang sakit, agar kembali merasakan sukacita dan momen gembira bersama. Berikut doa untuk orang sakit yang keempat:

Tuhan Yesus yang baik, amat banyak waktu yang telah aku lalui dengan (sebukan nama orang yang sakit).

Saat ini ia tengah menderita sakit, dengan kuasa dari-Mu kami mohon berkat, bantulah supaya (sebutkan nama orang yang sakit) bisa melawan deritanya.

Biarlah penyakit yang deritanya segera hilang sehingga sukacita serta kegembiraan kembali kepada kehidupannya.

Amin.

5. Doa untuk orang sakit yang kelima

5. Doa orang sakit kelima
Freepik/Wirestock

Berdoa merupakan cara terbaik untuk berkomunikasi dengan Tuhan. Maka ketika anak melihat orang-orang disekitarnya sakit, jangan pernah ragu untuk mengajarkannya berdoa agar mereka bisa disembuhkan dan kembali bersukacita.

Inilah doa untuk orang sakit yang kelima, yang bisa Mama ajarkan pada anak: 

Tuhan yang maha baik, terima kasih telah memberikan nikmat kesehatan yang begitu luar biasa sehingga aku boleh menjalani aktivitas sehari-hari dengan penuh kegembiraan.

Namun lain halnya dengan (sebutkan nama orang yang sakit) yang tengah berbaring sakit. Saat ini, salah satu orang terdekatku sedang terbaring lemas tak berdaya menahan penderitaan. Aku ingin kembali melihatnya sembuh ya Tuhan. 

Untuk itu, dengan segala kerendahan hati, aku memohon padaMu agar penyakitnya segera diangkat, dan bisa menahan rasa sakit yang begitu perih. Lekas sembuhkanlah dia dan beri sukacita sebagaimana hari-hari sebelumnya.

Tuhan, entah kepada siapa lagi kami harus memohon selain pada Engkau. Dan aku yakin bahwa Engkau sungguh maha baik, selalu menolong dan membantu orang-orang yang kesulitan.

Semoga, Engkau segera mengabulkan permohonanku.

Amin.

6. Doa untuk orang sakit yang keenam

6. Doa orang sakit keenam
Freepik

Bertahan dari rasa sakit bukanlah hal yang mudah. Untuk itu, ajari anak untuk mendoakan supaya orang terdekatnya mampu bertahan dari gejala penyakit yang mengganggu agar bisa kembali sehat seperti semula. Berikut doa untuk orang sakit yang keenam:

Tuhan, berilah kesembuhan kepada (sebutkan nama orang yang sakit) yang sakit. 

Berikanlah kesembuhan hingga ia bisa kembali ceria dan tertawa. Berilah juga kekuatan sehingga ia bisa terus bertahan melawan rasa sakitnya.

Limpahkanlah berkat dan kasih-Mu hingga ia bisa kembali seperti semula.

Aku yakin, Engkau memiliki kuasa penuh terhadap kehidupan kami.

Berilah jalan terbaikmu untuknya.

Amin.

7. Doa untuk orang sakit yang ketujuh

7. Doa orang sakit ketujuh
Freepik/Jcomp

Memiliki teman atau saudara yang sakit, tentu akan menyakitkan hati anak. Sebab teman bermainnya yang selama ini menghabiskan waktu bersama, harus terbaring melawan rasa sakit.

Untuk itu, anak bisa mendoakan teman atau saudaranya dengan doa untuk orang sakit yang ketujuh ini: 

Tuhan Yesus, aku tahu bahwa kekuatan doa sangatlah besar. Oleh sebab itu, tolong sembuhkanlah (sebutkan nama orang yang sakit) yang saat ini sedang sakit.

Kembalikan pula sikap cerianya yang selalu aku lihat setiap waktu. Tolong berilah dia kekuatan untuk menjalani rasa sakitnya.

Limpahkanlah berkat-Mu kepadanya. Berilah kemudahan kepadanya agar bisa melewati rasa sakitnya dan kembali sehat seperti sedia kala.

Amin.

8. Doa untuk orang sakit yang kedelapan

8. Doa orang sakit kedelapan
Freepik

Setiap doa perlu dilandaskan oleh usaha untuk mencapai hasil yang terbaik. Sehingga, pastikan anak tetap mendoakan orang yang sedang sakit agar tetap kuat menjalani proses pemulihannya. Berikut doa untuk orang sakit yang kedelapan:

Ya Bapa, dengan penuh kerendahan hati, aku mau mendoakan (sebutkan nama orang yang sakit) yang saat ini sedang sakit dan cemas karena kondisi kesehatannya.

Engkaulah yang Maha tahu, Bapa. Kiranya setiap usaha atas kesembuhannya boleh Engkau berkati dan berikan kekuatan, supaya ia mampu menjalani pemulihan terbaik.

Tuhan juga kekuatan kepada orang-orang terdekatnya, agar mereka senantiasa tetap semangat untuk mempercepat penyembuhan (sebutkan nama orang yang sakit).

Terima kasih Tuhan Yesus untuk segala penyertaanMu sampai hari ini.

Amin.

9. Doa untuk orang sakit yang kesembilan

9. Doa orang sakit kesembilan
Freepik/sewcream

Tuhan Yesus mengajarkan umatNya untuk saling mendoakan. Tak terkecuali memohonkan kesembuhan bagi orang yang sedang sakit. Inilah doa untuk orang sakit yang kesembilan:

Allah Bapa kami, terima kasih untuk segala karuniaMu sehingga aku masih bisa memuliakan namaMu dalam keadaan tubuh yang sehat.

Tuhan tentu tahu bahwa saat ini (sebutkan nama orang yang sakit) sedang jatuh sakit dan membutuhkan kesembuhan supaya mampu bersekolah dan beraktifitas lagi.

Berkati orangtua, keluarga, tim medis, serta obat-obatan yang sudah tersedia agar menjadi kekuatan pemulihan terbaik untuknya.

Hanya Tuhan saja yang memegang kehidupan manusia, untuk memberikan kesembuhan bagi orang yang kami kasihi.

Amin.

Itulah 9 doa Kristen untuk orang sakit agar cepat disembuhkan, yang bisa Mama ajarkan pada anak. Mendoakan orang yang sedang sakit juga mengajarkan rasa empati anak terhadap sesama yang sedang mengalami sakit penyakit dan musibah.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk