Hasil Studi: Tugas Rumah Meningkatkan Kesehatan Otak Anak

Adanya peningkatan di bagian pusat memori dan pembelajaran dan kognisi

15 Oktober 2021

Hasil Studi Tugas Rumah Meningkatkan Kesehatan Otak Anak
Freepik

Terkadang Mama mungkin bertanya-tanya apakah perlu memberikan tugas rumah kepada anak-anak? Pertanyaan ini muncul ketika sebagian besar anak memiliki jadwal yang sangat sibuk, baik itu bermain atau belajar.

Namun, tugas rumah adalah tanggung jawab setiap anggota keluarga, termasuk anak-anak. Bukan hanya untuk meringankan pekerjaan Mama di rumah, tugas rumah tangga ini juga memiliki banyak manfaat pada anak.

Termasuk salah satunya dapat meningkatkan kesehatan otak anak. Bagaimana bisa ya, Ma?

Untuk mengetahui jawabannya, yuk simak informasinya yang telah Popmama.com rangkum di bawah ini!

1. Penelitian ini mengevaluasi hubungan antara tugas rumah tangga, kognisi, dan volume otak

1. Penelitian ini mengevaluasi hubungan antara tugas rumah tangga, kognisi, volume otak
Freepik/Pressfoto

Mungkin Mama sudah tahu bahwa tugas rumah tangga dapat mengajarkan tanggung jawab yang membuat anak-anak menjadi orang dewasa yang lebih baik. Selain itu, pekerjaan rumah juga memberikan banyak manfaat.

Tapi kabar baiknya, sebuah penelitian mengatakan bahwa tugas rumah dapat meningkatkan kesehatan otak pada anak-anak dan orang dewasa.

Dilansir dari Medical Xpress, sebuah studi diterbitkan dalam jurnal BMC Geriatrics, mengevaluasi hubungan antara tugas rumah tangga, kognisi, dan volume otak.

Editors' Picks

2. Adanya peningkatan otak di bagian pusat memori dan pembelajaran serta kognisi

2. Ada peningkatan otak bagian pusat memori pembelajaran serta kognisi
Pixabay/hainguyenrp

Penelitian ini menggunakan sekelompok 66 peserta yang menjalani evaluasi kesehatan, pencitraan otak struktural, dan penilaian kognitif di Rumah Sakit Baycrest di Toronto, Kanada.

Selanjutnya, setiap peserta ditanya berapa banyak waktu yang mereka habiskan untuk pekerjaan rumah tangga biasa, pekerjaan pekarangan, dan perbaikan rumah dasar.

Melalui penelitian tersebut, peneliti menemukan bahwa orang dewasa yang menghabiskan lebih banyak waktu menyelesaikan pekerjaan rumah tangga juga memiliki volume otak yang lebih besar.

Dua area utama di mana para peneliti memerhatikan peningkatan ini adalah,  hippocampus (pusat memori dan pembelajaran) dan lobus frontal (yang membantu kognisi).

3. Alasan lainnya mengapa tugas rumah tangga meningkatkan kesehatan otak anak

3. Alasan lain mengapa tugas rumah tangga meningkatkan kesehatan otak anak
Freepik/Pch.vector

Namun karena itu adalah penelitian awal, masih perlu adanya penelitian lanjutan untuk mengetahui kebenaran manfaat tugas rumah pada otak. Tetapi dilansir dari News-Medical.net, ada beberapa alasan mengapa pekerjaan rumah meningkatkan kesehatan otak, yaitu:

  • Sebagai permulaan, menyelesaikan tugas rumah dapat memengaruhi kinerja jantung dan pembuluh darah dengan cara yang sama seperti latihan aerobik intensitas rendah.
  • Selain itu karena tugas rumah memerlukan perencanaan dan pengorganisasian, mereka dapat mendorong pembentukan jalur saraf, yang penting bagi anak-anak dan orang dewasa.
  • Menyelesaikan tugas rumah berarti juga menyisakan lebih sedikit waktu luang untuk aktivitas yang tidak banyak bergerak, seperti menonton televisi atau bermain di perangkat elektronik, yang Mama sudah tahu bahwa waktu layar berdampak negatif bagi kesehatan.

4. Mengembangkan strategi untuk membantu menjaga kesehatan otak seiring bertambahnya usia

4. Mengembangkan strategi membantu menjaga kesehatan otak seiring bertambah usia
Pexels/Gustavo Fring

Dalam sebuah wawancara dengan Neuroscience News, penulis utama studi tersebut, Noah Koblinsky, mengatakan ini adalah studi pertama tentang bagaimana pekerjaan sederhana berdampak pada kesehatan otak.

Lebih lanjut, ia mengatakan penelitian ini sangat penting untuk mengembangkan strategi yang dapat membantu menjaga kesehatan otak seiring bertambahnya usia.

Jadi, apa arti penelitian ini bagi orangtua? Nah, penelitian ini semakin membuktikan mengapa tugas penting bagi anak-anak. Sama seperti pada orang dewasa, kegiatan ini dapat membantu anak-anak mengembangkan jalur saraf baru dan meningkatkan kesehatan otak secara keseluruhan.

Selain itu, menanamkan tanggung jawab ini sejak usia muda akan membantu anak-anak membawanya hingga dewasa, dan ini dapat membantu anak-anak menghindari demensia dan bentuk kerusakan otak lainnya yang terjadi seiring bertambahnya usia.

Yuk mulai mengajak anak melakukan tugas rumah, di mulai dari tugas yang sederhana sesuai dengan usia anak ya Ma!

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.