Tetap Seru, 8 Inspirasi Permainan Anak dengan Kertas dan Pena

Cara untuk membatasi waktu layar anak dengan cara yang sederhana namun juga menyenangkan

5 Juli 2021

Tetap Seru, 8 Inspirasi Permainan Anak Kertas Pena
Freepik/Fabrikasimf

Ada begitu banyak permainan yang tersedia untuk dimainkan tanpa menggunakan gadget. Jika Mama ingin membatasi waktu layar anak dengan cara yang menyenangkan, yang Mama butuhkan hanyalah dua barang rumah tangga sederhana, pena dan selembar kertas.

Ada ratusan permainan yang bisa dimainkan dengan selembar kertas dan pena, dan kali ini Popmama.com akan memberikan 8 di antaranya. Keluarkan permainan ini saat Mama ingin anak-anak tenang dan tetap terhibur di mana saja.

Coba lihat daftar permainannya yuk!

1. Tic Tac Toe

1. Tic Tac Toe
thegreatcoursesdaily.com

Ini adalah permainan klasik yang mungkin Mama sudah tahu. Tic Tac Toe adalah permainan yang dapat dipahami oleh anak mulai dari usia empat tahun. Permainan ini diawali dengan menggambar kotak 9 kotak di selembar kertas.

Ini adalah permainan dua pemain, dan satu orang adalah X dan yang lainnya adalah O. Pemain bergiliran menggambar X atau O dalam satu kotak pada satu waktu. Pemenangnya adalah yang mendapatkan hurufnya dalam 3 kotak berturut-turut, melintang atau diagonal.

2. MASH

2. MASH
Flickr.com/Jamie

Permainan ini bisa sangat menyenangkan untuk anak-anak bermimpi tentang masa depannya. MASH adalah singkatan dari Mansion, Apartment, Shack, and House, dan keseluruhan permainan ini adalah untuk “memprediksi” kehidupan anak di masa depan.

Pada selembar kertas, tuliskan masing-masing kategori dan kemudian buat daftar 4-6 opsi untuk setiap kategori. Kategori bisa jumlah anak, hewan peliharaan, pekerjaan, mobil, lokasi, dll. Buatlah satu opsi yang menarik dan lucu.

Setelah semuanya ditulis, Mama dapat menggambar tanda centang pada kertas sampai anak berkata berhenti. Hitung ada berapa centangnya yang digunakan untuk “memprediksi” masa depan.

Kemudian hitunglah pilihan di setiap kategorinya sesuai tanda centang yang digambar. Coret pilihan yang sesuai dengan hitungan terakhir, dan ulangi sampai hanya ada satu pilihan di setiap kategori.

3. Hangman

3. Hangman
mybaba.com

Ini adalah permainan menebak kata untuk dua pemain. Pemain 1 memikirkan sebuah kata dan menggambar garis putus-putus untuk mewakili panjang kata dan sebuah tiang gantungan kecil. Pemain 2 harus menebak huruf apa yang ada di dalam kata pemain 1.

Untuk setiap huruf yang salah, pemain 1 menggambar bagian tubuh, yaitu kepala, lengan satu per satu, kaki satu per satu, dll. Pemain 2 harus menebak kata sebelum gambar tubuh itu selesai, atau ia kalah.

Editors' Picks

4. Tebak gaya

4. Tebak gaya
Freepik/Gstockstudio

Permainan ini umumya dilakukan di pesta, yang membutuhkan sedikit pengaturan dan beberapa peserta yang antusias.

Buat secarik kertas kecil dan tulis kategori yang mudah diketahui anak, seperti film, binatang, acara tv, barang, acara, dll, di setiap kertasnya. Lipat setiap kertas, masukkan topi, dan bergiliran memilih.

Peserta harus memerankan apapun yang ada di secarik kertas hanya dengan menggunakan tubuh, tanpa kata-kata.

Dan pemain lain harus menebak. Tetapkan batas waktu untuk giliran setiap orang, seperti 60 detik hingga 90 detik agar permainan lebih seru.

5. Titik & Kotak

5. Titik & Kotak
threadingmyway.com

Anak dapat menyukai permainan kertas dan pensil sederhana ini. Dilansir dari Play Works, mulailah dengan membuat titik-titik berbentuk tabel kotak 6x6 atau 30x30.

Lalu siapkan pena berbagai warna yang berbeda, pemain bergiliran membuat satu garis pada satu waktu dengan menghubungkan titik-titik.

Tujuan dari permainan ini adalah untuk membuat sebuah kotak kecil dan memasukkan inisial pemain di dalamnya. Permainan berakhir setelah semua titik telah terhubung hingga semuanya membentuk kotak. Siapa pun yang memiliki inisial terbanyak, maka ia pemenangnya.

6. Pictionary

6. Pictionary
Freepik/Pressmaster

Cara bermain Pictionary hampir sama seperti tebak gaya tetapi alih-alih memerankan secara fisik, anak perlu menggambarnya. Sekali lagi, buat secarik kertas dengan kata-kata umum yang diketahui anak, buku, film, dll., lalu lipat dan masukkan ke topi atau mangkuk.

Seorang pemain memilih kertasnya, membaca apa yang ada di kertas, dan mulai menggambar katanya, sementara pemain-pemain lain harus menebak dengan benar.

7. Kategori

7. Kategori
Freepik/Seventyfour

Permainan klasik yang menggunakan kertas dan pena ini terinspirasi dari permainan papan Scattergories, namun dapat dimainkan tanpa membeli kotak. Setiap pemain membutuhkan kertas dan penanya sendiri sendiri.

Selanjutnya, gambarlah kotak tabel berukuran 5x5 dengan spasi yang cukup di antara baris untuk menuliskan jawaban. Pemain dapat memilih 5 kategori yang diinginkan misalnya, hewan, makanan, tokoh kartun, buku, barang-barang dirumah, dll.

Selanjutnya, pilih kata kunci 5 huruf tanpa huruf berulang, misalnya rumah, tulis setiap huruf kata di paling atas kolom. Sekarang tetapkan batas waktu untuk setiap putaran, dan pemain harus menuliskan item yang sesuai dengan setiap kategori yang dimulai dengan huruf di bagian atas kolom.

8. Mengapa? Karena

8. Mengapa Karena
Pixabay.com

Permainan ini menarik karena anak-anak suka bertanya dan ini dapat mendorong beberapa percakapan yang menyenangkan. Dilansir dari Today's Parent, permainan ini hanya menggunakan kertas dan pena. Pemainan ini membutuhkan 4 atau lebih pemain.

Permianan ini sangat sederhana. Pemain pertama bisa mulai dengan menuliskan pertanyaan "Mengapa" misalnya seperti “Mengapa langit berwarna biru?” atau “Mengapa mobil melaju?” dan berikan kertas itu kepada pemain berikutnya.

Pemain selanjutnya perlu menjawab dengan "karena", selanjutnya lipat dan berikan jawaban ke pemain selanjutnya. Pemain berikutnya harus menebak apa pertanyaan berdasarkan jawaban yang diberikan, dan berikan jawaban “kenapa” tanpa tahu pertanyaan aslinya.

Setelah semua semua pemain selesai menjawab, pemain pertama yang mengajukan pertanyaan membaca semua jawaban.

Nah itulah beberapa permainan sederhana untuk anak dengan hanya menggunakan pena dan kertas. Permainan ini bisa berguna saat Mama ingin membatasi waktu layar anak atau pada saat bepergian agar anak tidak bosan.

Dari 8 permainan di atas, mana yang paling ingin Mama coba bersama anak?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.