Kebiasaan Nabi Muhammad SAW Sebelum Tidur yang perlu Diajarkan ke Anak

Anak dapat meneladani kebiasaan Rasulullah SAW saat menghadap Sang Pencipta

2 November 2020

Kebiasaan Nabi Muhammad SAW Sebelum Tidur perlu Diajarkan ke Anak
Freepik/Zurijeta

Tidur merupakan kebutuhan manusia yang sangat penting. Bagi anak-anak, tidur yang cukup adalah hal yang baik untuk mendukung tumbuh kembangnya.

Baik anak tertidur karena lelah setelah melakukan aktivitas atau tidur saat malam telah tiba, keduanya penting bagi si Kecil.

Nabi Muhammad SAW memiliki kebiasaan menjelang tidur yang sangat baik jika ditiru oleh umat muslim di seluruh dunia.

Kebiasaan Nabi Muhammad SAW ini tentunya perlu diajarkan pada anak sejak dini, karena bagi umat muslim, tidur sama saja dengan menyerahkan diri pada Yang Maha Kuasa dalam waktu yang singkat.

Sehingga, nantinya anak bisa meneladani Rasulullah SAW untuk menghadap Sang Pencipta dalam kondisi yang terbaik.

Kali ini Popmama.com akan membahas kebiasaan Rasulullah SAW sebelum tidur yang dikutip dari kitab Keagungan Pribadi Rasulullah yang ditulis oleh Al Imam Abu At Tirmizi.

Editors' Picks

1. Mengambil wudhu dan berdoa mengucapkan rasa syukur atas anugerah yang Allah berikan

1. Mengambil wudhu berdoa mengucapkan rasa syukur atas anugerah Allah berikan
Freepik/Odua

Sebelum tidur ajarkan anak mengambil wudhu untuk menyucikan dirinya, hal tersebut yang juga dilakukan Rasulullah SAW sebelum tidurnya. Kemudian, ajak anak untuk berdoa.

Rasul memanjatkan doa perlindungan kepada Allah SWT yang Maha Agung dan bisa menjauhkan umat manusia dari segala godaan atau kejahatan.

Saat berdoa, Rasulullah SAW mengucapkan rasa syukur atas anugerah yang diberikan selama hidupnya. Rasul juga senantiasa memohon perlindungan dari Yang Maha Kuasa agar dijaga selama tidurnya.

Berikut adalah hadist yang meriwayatkan kebiasaan Rasulullah SAW sebelum tidur:

Huzaifah r.a menyatakan: Setiap kali hendak tidur, Rasulullah SAW senantiasa berdoa: Dengan nama Allah aku mati dan hidup. Dan setiap kali bangun tidur, baginda berdoa : segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah mematikan kami dan kepada Nya lah kami dibangkitkan.

Anas bin Malik r.a menyatakan: Setiap kali Rasulullah SAW hendak tidur di tilamnya, baginda senantiasa berdoa: Segala puji bagi Allah yang telah memberikan kami makan dan minum, mencukupkan dan melindungi kami, betapa ramai orang yang tidak memiliki kesiapan untuk mencukupi dan melindunginya.

2. Posisi tidur menghadap ke kanan dengan tangan kanan dibawah pipi kanan

2. Posisi tidur menghadap ke kanan tangan kanan dibawah pipi kanan
Freepik/Pvproduction

Kemudian, Rasulullah SAW juga mencontohkan posisi tidur yang menghadap ke kanan dan meletakkan tangan kanan di bawah pipi kanan. Hal ini juga terbukti bermanfaat bagi Kesehatan tubuh anak ketika sedang tidur.

Selain bermanfaat untuk kesehatan, posisi menghadap ke kanan ini juga mengingatkan pada posisi jenazah seorang muslim yang dikubukan. Hal ini, dapat mengingatkan anak tentang kematian yang selayaknya direnungkan oleh umat muslim.

Berikut ini adalah hadist yang meriwayatkan posisi tidur Rasulullah SAW yang menghadap ke kanan:

Abu Qatadah r.a menyatakan: Sekiranya Rasulullah SAW hendak tidur di malam hari, baginda menghadap ke sebelah kanan. Jika baginda hendak tidur ketika waktu hampir subuh, baginda menegakkan lengan dan meletakkan kepala baginda di atas tapak tangan baginda.

Al Bara’ bin ‘Azib r.a menyatakan: Ketika hendak tidur, Rasulullah SAW senantiasa meletakkan tangan kanan di bawah pipi kanan baginda lalu baginda berdoa: Ya Allah lindungilah aku daripada azabMu pada hari ketika Engkau membangkitkan hamba-hambaMu (dari kubur).

3. Mengusap bagian tubuh dengan kedua telapak tangan sebelum tidur

3. Mengusap bagian tubuh kedua telapak tangan sebelum tidur
Freepik/Pvproduction

Kebiasaan tidur Rasulullah SAW yang bisa diajarkan pada anak adalah, mengusap bagian tubuh dengan kedua telapak tangannya sebelum tidur.

Jika diperhatikan, kebiasaan ini serupa dengan kebiasaan tayamum sebelum menghadap kepada Sang Pencipta.

Berikut adalah hadist yang meriwayatkan kebiasaan Nabi Muhammad SAW yang mengusap tubuhnya sebelum tidur:

Aisyah r.a menyatakan: Ketika Rasulullah SAW hendak tidur di tilamnya pada setiap malam, baginda menyatukan kedua-dua tapak tangan baginda kemudian baginda meniup kedua-duanya baginda membaca surah Al-Ikhlas, Al-Falaq, An-Nas. Setelah itu, dengan menggunakan kedua-dua tapak tangan itu baginda mengusap-usap bahagian tubuh yang tercapai olehnya. Baginda mulai daripada kepala, muka, dan bahagian hadapan tubuh baginda. Baginda lakukan yang tersebut sebanyak tiga kali.

Nah itu dia kebiasaan sebelum tidur Rasulullah SAW yang perlu diteladani pada anak. Semoga informasi mengenai kebiasaan Nabi Muhammad SAW bermanfaat ya Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.