7 Kegiatan Indoor Kreatif Saat Musim Hujan Bersama Anak

Bisa mengatasi anak yang bosan ketika harus di rumah saja saat musim hujan

21 November 2021

7 Kegiatan Indoor Kreatif Saat Musim Hujan Bersama Anak
Freepik

Berada di musim hujan, membuat anak lebih sulit untuk bermain di luar. Ini juga yang membuat Mama memerlukan beragam ide kreatif agar anak tidak bosan di rumah. 

Seringkali Mama mungkin menyerah dan membiarkan anak menyaksikan televisi atau bermain ponsel lebih lama dari waktu seharusnya. Namun ada banyak kegiatan menarik yang dapat Mama lakukan bersama anak untuk membuatnya sibuk.

Tak hanya itu saja, melakukan kegiatan-kegiatan ini juga bisa meningkatkan waktu bonding orangtua bersama anak, yang dapat mempererat dan memperkuat hubungan.

Popmama.com telah mengumpulkan 7 kegiatan indoor kreatif saat musim hujan bersama anak. Dapatkan inspirasi dan jangan lupa untuk menyimpan informasi ini saat hujan turun!

1. Membuat restoran benteng

1. Membuat restoran benteng
Freepik/Pixel-shot.com

Restoran benteng atau tenda adalah pilihan yang bagus untuk membuat benteng buatan sendiri. Apakah Mama dan anak akan menggantungkan selembar kain di atas meja makan, atau menempelkan kain ke sisi-sisi tembok, membuat benteng selalu merupakan ide bagus untuk anak-anak dari segala usia.

Untuk mengembangkan ide klasik ini, Mama dapat memasukkan camilan dan makanan favorit anak ke dalamnya,dan berpura-pura bahwa ini adalah restoran yang menyajikan makanan. Ini bisa menjadi permainan yang menyenangkan dan produktif bagi semua orang yang terlibat.

Selain itu, kegiatan ini juga cara yang bagus untuk membuat seluruh keluarga makan bersama, bahkan jika itu berarti Mama harus berada di bawah meja, daripada makan di atasnya.

Tak hanya menjadi restoran, Mama bisa menanyakan anak barang-barang apa saja yang ia ingin letakkan di benteng, karena seperti yang Mama tahu, anak memiliki imajinasi yang begitu besar!

2. Membuat sudut buku

2. Membuat sudut buku
Freepik/Racool_studio

Sama seperti ide benteng di atas, Mama dan anak dapat menciptakan ruang yang nyaman di mana semua anggota keluarga dapat bersantai, bercerita, dan membaca adalah pilihan yang bagus untuk hari-hari di mana tidak ada kegiatan di luar karena langit mendung dan cuaca hujan.

Pilih sudut rumah yang nyaman, dan biarkan anak berkreasi dengan dekorasi. Minta ia membawa bantal dari tempat tidurnya, selimut dari lemari, dan mungkin lampu dari kamar tidur utama.

Dorong anak untuk menjadi senyaman mungkin, bahkan mungkin Mama dapat memintanya untuk mengganti pakaiannya dengan piyama. Dorong aktivitas yang santai selama beberapa jam, dan ajak anak untuk mulai membaca di sudut buku.

Editors' Picks

3. Menata ulang ruang bermain

3. Menata ulang ruang bermain
Freepik/oksix

Ini akan menjadi kegiatan yang produktif dan menyenangkan bagi seluruh anggota keluarga untuk berpartisipasi. Kita semua tahu betapa kacaunya sebuah ruang bermain, terutama jika mainan tertentu tidak berada di tempatnya.

Dan, tak dapat dipungkiri bahwa cukup sulit bagi Mama untuk menemukan waktu untuk sampai ke area tersebut dan merapikannya. Dan di malam hari, Mama sering ingin bersantai bersama keluarga dari kepenatan seharian.

Jadi, jika Mama dapat mengumpulkan keluarga di hari yang hujan, dan ingin melakukan kegiatan bersama-sama, maka jadikanlah menata ulang ruang bermain sebagai cara untuk mengisi waktu.

Ini tidak hanya akan membuat ruang bermain menjadi lebih rapi, ini juga akan mengajarkan anak tanggung jawab di mana terhadap barang-barangnya.

4. Makanan misteri

4. Makanan misteri
Freepik/Prostooleh

Permainan yang menyenangkan dan produktif lainnya untuk dimainkan bersama anak-anak saat musim hujan adalah "makanan misteri". Biarkan anak mama memilih bahan secara mandiri. Kemudian, Mama semua harus membuat makanan dengan bahan yang disertakan.

Tentu Ini akan menjadi eksperimen yang menantang dan menyenangkan bagi Mama dan anak. Ini juga akan memicu imajinasi dan mungkin akan menjadi pilihan makanan baru untuk disukai seluruh anggota keluarga!

Karena ini mungkin adalah cara yang menyenangkan untuk menjelajahi resep baru bersama dan menyiapkan makanan dengan semua bahan yang disertakan.

5. Permainan menempelkan stiker

5. Permainan menempelkan stiker
Freepik/Freepic-diller

Kerajinan selalu menjadi pilihan yang bagus sebagai kegiatan hari hujan, terutama ketika Mama dapat mendorong anak untuk belajar dengan cara yang menyenangkan. Dengan menuliskan nama anak di selembar kertas poster atau karton besar, biarkan ia menempelkan stiker di sepanjang garis hurufnya.

Tak hanya nama, anak juga bisa menulis kata apa pun yang ia inginkan. Kegiatan ini juga sangat praktis, dan dapat disesuaikan oleh tingkat keterampilan dan usia anak. Bahkan permainan ini dapat dilakukan untuk anak-anak yang lebih kecil mulai dari usia sekitar dua tahun.

6. Membuat dekorasi rumah dengan lilin play dough

6. Membuat dekorasi rumah lilin play dough
Freepik/oksix

Mama tentu sudah tidak asing lagi dengan mainan lilin play dough, bukan? Mainan lilin play dough ini dapat dibentuk-bentuk sesuai keinginan, bahkan dapat dicampurkan sehingga menciptakan warna yang menarik.

Jadi, sebaiknya gunakan pengetahuan ini untuk keuntungan dekorasi rumah yang murah meriah, apakah itu hari hujan di sekitar hari ibu, Natal, atau bahkan Tahun Baru, bentuklah berbagai macam dekorasi yang berhubungan dengan hari raya tersebut dan biarkan mengering di malam hari.

Setelah kering, lilin dapat diberikan tali dan digantung di sekitar rumah, di pohon Natal, atau di kamar anak. Bentuknya bisa apa saja yang diinginkan anak. Dan, jangan heran jika kegiatan sederhana dan kreatif ini juga disukai orangtua.

7. Terowongan balap dari kertas gulungan tisu

7. Terowongan balap dari kertas gulungan tisu
Freepik/Rawpixel-com

Apakah di rumah Mama memiliki banyak kertas gulungan toilet yang tidak terpakai dan masih bersih? Jika iya, jangan dibuang dulu ya Ma!

Mintalah anak mama untuk menghias setiap gulungan dengan stiker dan spidol dengan warna apa pun yang ia inginkan untuk gulungannya. Saat sudah selesai, rekatkan di sepanjang dinding untuk membuat terowongan yang panjang dan rumit.

Saat telah membentuk terowongan panjang, ini akan menjadi jalur balap untuk mobil-mobilan kecil atau mainan kecil seperti balok. Hal yang membuat permainan ini menarik adalah, anak-anak dapat membuat lorong ini semua panjang dan berkelok-kelok tinggi seperti yang ia inginkan.

Sehingga anak akan sibuk selama berjam-jam!

Nah itulah beberapa kegiatan indoor kreatif saat musim hujan bersama anak. Musim hujan memang mengurangi aktivitas fisik anak di luar rumah yang menyenangkan, namun dengan kegiatan-kegiatan ini Mama jadi tak perlu khawatir lagi untuk menghibur anak selama di rumah!

Dari 7 kegiatan di atas, mana yang paling ingin Mama coba bersama anak?

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.