8 Rekomendasi Kado Akhir Tahun untuk Anak Sekolah Dasar

Selain menghibur, kado-kado ini juga dapat meningkatkan kreativitas anak lho!

20 November 2021

8 Rekomendasi Kado Akhir Tahun Anak Sekolah Dasar
Freepik/Prostooleh

Menuju akhir bulan November, kita akan bertemu dengan bulan Desember yang penuh keceriaan. Di mana akhir tahun identik dengan perayaan Natal dan Tahun Baru. Ini juga menjadi waktu bagi banyak orangtua untuk memberikan kado pada anak-anak.

Jika Mama memiliki anak usia sekolah dasar, tentu Mama ingin memberikan sesuatu yang tak hanya menghibur namun juga meningkatkan kreativitas anak. Sehingga membantu anak di bidang akademiknya.

Nah jika Mama bingung mainan apa yang cocok diberikan untuk anak sebagai kado akhir tahun, berikut Popmama.com telah merangkum 8 rekomendasi kado akhir tahun untuk anak sekolah dasar. Simak daftarnya di bawah ini ya!

1. Klutz Lego Gear Bots

1. Klutz Lego Gear Bots
Amazon.com

Mama mungkin sudah tak asing lagi dengan mainan LEGO bukan. Jika pada umumnya LEGO hanya berbentuk balok-balok, kini anak bisa mengembangkan kreativitasnya dengan Klutz Lego Gear Bots.

Melalui permainan ini, anak mama mulai bersiap-siap belajar tentang sains, dan dapat bereksperimen dengan gravitasi, teknologi, teknik, dan matematika, melalui kesenangan langsung seperti membuat 'mesin' sendiri dari balok LEGO.

Permainan ini juga dapat meningkatkan kepercayaan diri anak ketika ia berhasil menyatukan potongan LEGO.

2. L.O.L. Surprise!

2. L.O.L. Surprise
Amazon.com

Ketika memiliki anak yang ingin berkreasi, maka Mama perlu menghargai dorongan itu dengan umpan balik positif sebanyak mungkin. Namun jika anak belum menunjukkan keinginan untuk berkreasi, perlengkapan seni dan perlengkapan kerajinan adalah langkah pertama untuk memulainya.

L.O.L Surprise! adalah sebuah tas jinjing berbentuk bulat yang memiliki halaman mewarnai hingga boneka kertas. Ini juga dilengkapi dengan lebih dari 300 stiker, krayon, spidol, dan lem glitter yang digunakan untuk mewarnai karakter L.O.L, atau untuk menulis di buku harian, membuat scrapbook dan lain-lain.

Karena dilengkapi dengan tas jinjing, perlengkapan ini bisa dibawa ke mana saja, dan anak dapat mengasah kreativitasnya di mana pun. Setelah selesai mewarnai, simpan semua proyek, stiker, dan perlengkapan seni dalam tas jinjing yang nyaman!

3. Ninja Warrior Obstacle Course for Kids

3. Ninja Warrior Obstacle Course for Kids
Amazon.com

Tak dapat dipungkiri bahwa hampir semua anak sepertinya tidak pernah berhenti bergerak, dan yang lain membutuhkan sedikit dorongan untuk aktif. Ketika ini terjadi Mama dapat menyiapkan permainan outbond sendiri di rumah dengan Ninja Warrior Obstacle Course for Kids.

Untuk memasang permainan ini, yang hanya dibutuhkan adalah dua pohon atau pilar besar dengan jarak maksimum 12 meter. Mama juga tak perlu khawatir, karena rangkaian permainan ini dapat menahan beban tubuh hingga 200kg.

Permainan ini juga memiliki 6 tangga tangga tali, sehingga akan jauh lebih mudah bagi anak-anak untuk memanjat ke garis rintangan atau berayun di atasnya. Mengatasi rintangan dan meningkatkan daya tanggap dengan cara yang paling menyenangkan, memanjat, melompat, mencekam.

Jika anak bermain bersama teman atau saudaranya, ini dapat mengajarkan anak tentang daya saing yang sehat serta mengembangkan hobi olahraganya.

Editors' Picks

4. Pizzpop Among Us Pop Toy

4. Pizzpop Among Us Pop Toy
Amazon.com

Fenomena mainan sensorik ini dapat berlanjut hingga ke musim liburan, yang merupakan kabar baik bagi para orangtua yang ingin membelikan kado untuk anak sekolah dasar dengan anggaran terbatas. 

Memiliki harga yang cukup terjangkau, mainan ini memiliki banyak manfaat yang beragam untuk tumbuh kembang anak. Salah satunya adalah untuk membuat anak lebih sibuk dan menajamkan pikirannya.

Dengan menekan gelembung berulang kali, mainan sensorik ini dapat bekerja tepat untuk anak-anak yang selalu perlu menyibukkan tangan dan pikiran mereka tanpa menggunakan elektronik, yang juga mengurangi kecemasan dan stres, dan membuat pikirannya kembali fokus.

Hadir dengan beragam warna cerah dan bentuk yang menarik, tentu membuat mainan ini tidak hanya memiliki daya tahan dan keamanan yang sangat baik, namun juga menyenangkan dan menarik bagi balita.

Tak hanya itu saja, mainan ini menjadi pilihan hadiah yang sempurna untuk anak-anak dan orang dewasa dari segala kelompok usia dan juga cocok untuk orang dengan ADD, ADHD, OCD, autisme atau siapa pun dengan stres kerja yang tinggi.

5. Playmobil Furnished Hospital Wing

5. Playmobil Furnished Hospital Wing
Amazon.com

Tentu saja, Mama telah melihat anak-anak bermain secara imajinatif sejak kecil, hanya dengan boneka dan selimut, tetapi pada saat ini, akan sangat menyenangkan untuk memberikannya alat baru untuk dunia imajinasinya.

Misalnya, Playmobil Furnished Hospital Wing, yang merupakan sebuah miniatur rumah sakit dan perlengkapannya yang detail, mulai dari tempat tidur pasien, infus, ventilator, dan masih banyak perlengkapan rumah sakit lainnya, hingga mencapai 297pcs.

Dengan permainan ini, Mama dapat mengenalkan anak pada pekerjaan di rumah sakit, selain itu anak mungkin juga ingin menciptakan dunia di ruang mereka sendiri.

6. Thames & Kosmos Remote-Control Machines: Construction Vehicles

6. Thames & Kosmos Remote-Control Machines Construction Vehicles
Amazon.com

Permainan merangkai selanjutnya yang bisa mengasah konsentrasi dan kreativitas anak adalah Thames & Kosmos Remote-Control Machines: Construction Vehicles. Melalui permainan ini, anak akan belajar membuat mobil konstruksi dengan remote control.

Ini akan mengajarkan anak percobaan sains dan teknik, melalui gaya fisika, torsi, dan mesin sederhana. Selain itu, anak juga bisa membangun delapan model endaraan kosntruksi yang berbeda, karena dalam satu paketnya, anak akan mendapatkan 225 bagian kendaraan yang dapat dilepas pasang.

Mama juga tak perlu khawaitr karena terdapat buku panduan eksperimen bergambar dan perakitan.

7. Ticket to Ride Board Game

7. Ticket to Ride Board Game
Amazon.com

Teka-teki dan permainan papan bukan hanya jawaban untuk mengisi waktu anak. Namun ini adalah cara untuk merangsang otak anak yang masih berkembang dan mengumpulkan seluruh anggota keluarga untuk bersenang-senang dan tertawa.

Jika ingin melatih anak menyusun strategi, maka Mama dapat memberikan anak permainan papan bernama Ticket to Ride Board Game. Permainan ini bertujuan untuk menghubungkan kota-kota di Amerika Utara dan membangun rute kereta untuk mendapatkan poin

Tak perlu khawatir anak akan kesulitan, karena permainan ini cepat dan mudah dipelajari bahkan dalam waktu kurang dari 15 menit, dan dapat dinikmati berulang kali. 

Ticket to Ride Board Game ini adalah permainan papan keluarga yang dapat dimainkan dengan dua hingga lima pemain, dan memiliki waktu bermain rata-rata adalah 30-60 menit.

8. VTech Kidizoom Smartwatch DX

8. VTech Kidizoom Smartwatch DX
Amazon.com

Anak yang hidup di era modern saat ini tentu tak dapat dilepaskan dari teknologi. Jika anak mama salah satu pecinta gadget, cobalah berikan ia VTech Kidizoom Smartwatch DX sebagai kado akhir tahun nanti.

Tak hanya digunakan sebagai penunjuk waktu, ini adalah jam tangan cerdas yang memiliki fitur seperti tiga aktivitas menyenangkan, lima permainan, tiga tantangan aksi, dan sensor gerak

Jam tangan ini juga sangat cocok bagi anak-anak yang suka memotret, karena jam ini memiliki lebih banyak memori. Sehingga Mama tak perlu khawatir ketika anak mengambil banyak gambar dan video.

Selain kamera, smartwatch ini juga memiliki alarm, timer, dan stopwatch, dan dua alat baru termasuk fitur kalender dan kalkulator sehingga dapat membantu anak mengerjakan soal penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian yang sederhana.

Nah kini Mama sudah tahu kan apa saja rekomendasi kado yang bisa diberikan untuk anak di akhir tahun nanti? Pemilihan kado untuk anak tentu memerlukan banyak pertimbangan penting, mulai dari usia anak, bahan atau material yang digunakan, hingga apa manfaatnya.

Dari 8 kado di atas, mana yang ingin Mama berikan untuk anak?

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.