Lifebuoy Ajak Anak Indonesia Hidup Sehat di Hari Cuci Tangan Sedunia

Mama sudah ajari si Kecil mencuci tangan?

17 Oktober 2019

Lifebuoy Ajak Anak Indonesia Hidup Sehat Hari Cuci Tangan Sedunia
Popmama.com/Tisa Ajeng

Unilever melalui Lifebuoy, brand sabun kesehatan keluarga merayakan Hari Cuci Tangan Sedunia hari ini (15/10). Perayaan Hari Cuci Tangan Sedunia ini digelar di SDN 01 Menteng, Jakarta Pusat. Acara ini dihadiri oleh berbagai pihak antara lain, perwakilan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Kementerian Kesehatan RI, Brand Ambassador Lifebuoy Titi Kamal dan Christian Sugiono yang menjadi cerminan keluarga sehat Indonesia serta tentunya Dokter Kecil dan murid-murid sekolah dasar.

1. Acara ini bentuk konsistensi Lifebuoy untuk kesehatan anak Indonesia

1. Acara ini bentuk konsistensi Lifebuoy kesehatan anak Indonesia
Popmama.com/Tisa Ajeng

Ancaman kuman pada anak usia sekolah makin lama semakin meningkat. Mama pasti tahu jika si Kecil terkadang rawan tertular penyakit saat di sekolah. Acara perayaan Hari Cuci Tangan Sedunia ini adalah bentuk konsistensi Lifebuoy untuk mengedukasi pentingnya kebiasaan mencuci tangan menggunakan sabun terutama pada anak. Lifebuoy pun secara khusus mengangkat tema “Antar Anak Sehat Indonesia”, untuk menciptakan lingkungan sehat bagi anak.

Di Hari Cuci Tangan Sedunia 2019 ini, Lifebuoy ingin menciptakan lingkungan yang sehat bagi anak khususnya di usia sekolah karena risiko mereka terkena penyakit semakin tinggi. Edukasi cuci tangan pakai sabun oleh Lifebuoy, sudah menjangkau 1 Milyar orang di dunia. Kebiasaan cuci tangan pakai sabun merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya penyakit pada anak sehingga proses belajar mereka pun tidak terganggu,” papar Maulani Affandi selaku Head of Skin Cleansing and Baby Unilever Indonesia.

2. Pentingnya menjaga lingkungan sekolah untuk tetap sehat

2. Penting menjaga lingkungan sekolah tetap sehat
Popmama.com/Tisa Ajeng

Pentingnya menjaga lingkungan untuk tetap sehat juga ditekankan oleh Dokter Spesialis Anak, dr. Kanya Fidzuno, Sp.A. Ia menerangkan jika beberapa penyakit kerap diderita anak saat mereka mulai masuk sekolah. Dr. Kanya juga mengatakan jika sekolah merupakan salah satu lingkungan dimana anak-anak banyak menghabiskan waktunya untuk belajar dan berinteraksi, itulah mengapa menjaga lingkungan tetap sehat menjadi penting agar anak Indonesia tetap sehat. 

Cuci tangan pakai sabun merupakan cara yang paling mudah, murah dan efektif dalam mencegah penyakit. Salah satu penyakit yang sering timbul karena lalai mencuci tangan pakai sabun adalah diare, bahkan menurut data UNICEF tahun 2018 sebanyak 440.521 anak di dunia meninggal karena diare. Penyakit diare adalah salah satu dari penyakit yang sering diderita anak sekolah,” kata dr. Kanya Fidzuno Sp.A.

3. Peran orangtua dalam kesehatan anak amat penting

3. Peran orangtua dalam kesehatan anak amat penting
Popmama.com/Tisa Ajeng

Tentunya peran orangtua juga ikut serta dalam kesehatan anak, meskipun anak disibukan dengan kegiatan di sekolah. Hal tersebut disuarakan oleh Brand Ambassador Lifebuoy, Titi Kamal dan Christian Sugiono. Pasangan selebriti ini berbagi cerita mengenai upaya mereka untuk mengedukasi kebiasaan pentingnya mencuci tangan dengan sabun.

Sebagai seorang ibu, tentunya saya ingin Juna dan Kai selalu sehat dan terhindar dari penyakit. Untuk itu saya selalu membiasakan kebiasaan sehat seperti cuci tangan pakai sabun dan menjaga kebersihan tubuh. Karena saya yakin mereka melakukan kebiasaan yang baik ini tanpa perlu disuruh, saya menjadi merasa aman saat mereka berada di luar lingkungan rumah seperti sekolah,” ujar Titi Kamal.

Editors' Picks

Lifebuoy Ajak Anak Indonesia Hidup Sehat Hari Cuci Tangan Sedunia
Popmama/Lifebuoy

Ia dan sang suami, Christian Sugiono juga mengedukasi pengasuh dan orang-orang sekitar agar membiasakan mencuci tangan dengan sabun kepada anak mereka, Juna dan Kai.

Saya bangga melihat Titi sebagai ibu yang selalu menempatkan kesehatan sebagai salah satu faktor terpenting bagi keluarga kami. Saya juga mengerti betapa pentingnya kerjasama dalam membangun kebiasaan sehat ini bagi anak-anak di rumah,” tambah Christian.

4. Lifebuoy edukasi mencuci tangan dengan benar

4. Lifebuoy edukasi mencuci tangan benar
Popmama.com/Lamtiar Sihombing

Lifebuoy melakukan kampanye cuci tangan pakai sabun merupakan bentuk dukungan Lifebuoy untuk melakukan pola hidup bersih sehat dan inisiatif sekolah sehat. Dalam melakukan edukasi cuci tangan pakai sabun di lingkungan sekolah, Lifebuoy mengacu pada arahan pemerintah. Lifebuoy pun mengajak keluarga Indonesia untuk membentuk kebiasaan baik mencuci tangan pakai sabun di 5 saat penting yakni sebelum dan sesudah makan pagi, sebelum dan sesudah makan siang, sebelum dan sesudah makan malam, setelah bermain dan setelah menggunakan toilet. 

Lifebuoy Ajak Anak Indonesia Hidup Sehat Hari Cuci Tangan Sedunia
Popmama.com/Tisa Ajeng

Caranya mudah!

  • Awali dengan basahi tangan dan gosok telapak tangan dengan sabun
  • Gosok sabun ke telapak punggung tangan kanan dan kiri
  • Gosok sabun di sela-sela jari
  • Bersihkan punggung jari dengan gerakan jari saling mengunci
  • Bersihkan jempol kanan dan kiri dengan jempol digosok memutar
  • Bersihkan bagian ujung jari dengan gerakan menguncup dan akhiri dengan basahi tangan kembali dan keringkan

Nah gimana Ma? Sudahkah ajarkan pentingnya mencuci tangan pakai sabun kepada si Kecil sejak dini? Kalau belum yuk mulai cuci tangan bersama! Cek info selengkapnya di sini Ma. 

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!