5 Referensi Homeschooling di Jakarta dan Biayanya

Sebelum memutuskan memilih, cek referensinya dulu yuk, Ma!

1 September 2020

5 Referensi Homeschooling Jakarta Biayanya
livestrong.com

Homeschooling merupakan metode pendidikan alternatif yang dipilih orangtua dalam mendidik anak-anaknya di rumah daripada di sekolah formal. Melalui sekolah ini, Mama dapat menentukan sendiri sistem dan cara mengajar yang didasari pada minat, kemampuan, dan gaya belajar anak.

Itu mengapa salah satu ciri khas dari homeschooling adalah fleksibel dan kontekstual yang dapat Mama tentukan sendiri untuk keperluan buah hati tercinta.

Meski sudah banyak sekolah formal yang tersedia, ada banyak alasan yang mendasari orangtua untuk memilih homeschooling bagi anaknya, seperti alasan medis, ketidakpuasan dengan metode pendidikan yang ada, atau ingin fokus mengembangkan bakat dan minat anak.

Jika Mama memiliki keinginan untuk mengganti sekolah formal anak ke metode homeschooling, berikut Popmama.com telah merangkum referensi homeschooling yang ada di Jakarta lengkap dengan biaya yan diperlukan.

1. Homeschooling Kak Seto

1. Homeschooling Kak Seto
Hsks.sch.id

Siapa tak kenal dengan sosok Kak Seto, kedekatannya dengan dunia anak-anak membuat kebanyakan orangtua tentu mempercayai anaknya belajar di homeschooling di bawah naungan Kak Seto ini.

Pada homeschooling ini, Mama bisa memilih jenjang pendidikan sesuai dengan usia anak. Ada pun pendidikan tersebut dimulai dari SD, SMP, sampai SMA dengan jargon, “Belajar lebih cerdas, kreatif, dan ceria.”

Sementara untuk biaya, homeschooling Kak Seto menerapkan tarif sesuai dengan program yang dipilih. Ada beberapa program yang bisa Mama pilih, mulai yaitu komunitas, distance learning, dan pendidikan khusus dengan seluruh program yag diberikan sesuai dengan mata pelajaran kurikulum nasional.

Untuk program komunitas jenjang SD, Mama perlu merogoh kocek mulai dari Rp 2 juta - 3 juta sesuai dengan kelas yang akan dipilih. Lalu untuk program distance learning jenjang SD, harga yang ditawarkan mulai dari Rp 4 juta - 5 juta. 

Jika Mama tertarik mendaftarkan buah hati di homechooling Kak Seto, Mama dapat mengunjungi di, JL. Taman Makam Bahagia ABRI No.3A, Parigi Lama, Pondok Aren, Tanggerang Selatan 15400 atau mengunjungi website resmi mereka di Homeschooling Kak Seto.

Editors' Picks

2. Homeschooling Primagama

2. Homeschooling Primagama
Homeschooling-primagama.co.id

Dalam website mereka, homeschooling Primagama menyebutkan bahwa sekolah mandiri ini didirikan berbasis bakat dan minat. Itulah yang membuat metode pendampingannya menggunakan psikologis dan akademik.

Homeschooling ini menyediakan kurikulum nasional (SD, SMP, SMA), kurikulum internasional (Cambridge International Examination), dan kurikulum anak berkebutuhan khusus. Mtaeri yang diajarkan pun sesuai dengan kurikulum sekolah pada umumnya dengan materi tambahan sesuai kebutuhan serta minat siswa.

Bagi Mama yang memiliki anak dengan jenjang SD dan tertarik mendaftarkan pada homeschooling ini, Mama perlu mengeluarkan biaya sekitar Rp 6 juta untuk uang pangkal, serta Rp 1.100.000 untuk biaya setiap bulannya.

Homeschooling Primagama sendiri emiliki banyak cabang di banyak kota. Bagi Mama yang tinggal di daera Jakarta, Mama bisa langsung mengunjungi Jl.Teratai II Blok 51 No.28 Kavling DKI, Meruya Utara, Kembangan, Jakarta Barat. Nomor hunting pendaftaran di Telp.: 021-58909809 / WA: 081210700058.

Atau langsung mengunjungi website resmi mereka pada laman Homeschooling Primagama untuk informasi lebih lanjut.

3. Homeschooling Kasih Anugerah

3. Homeschooling Kasih Anugerah
Freepik/prostooleh

Yayasan Kasih Anugerah Pelopor merupakan lembaga pendidikan dengan berorientasi mendidik anak dengan kasih agar menjadi anak-anak yang berkualitas. Di bawah naungan yayasan tersebut, homeschooling Kasih Anugerah terbentuk dengan program tutorial, klasikal dan mandiri.

Masing-masing program akan mendatangkan guru ke rumah siswa sesuai dengan waktu dan materi pembelajaran yang sudah disepakati sebelumnya bersama orangtua dan anak.

Adapun tarif untuk berbagai program homeschoolin ini diantaranya program tutorial adalah Rp 1,500,000 per bulan, program klasikal Rp 800,000 per bulan, dan program mandiri Rp 700,000 per bulan.

Untuk wilayah Jakarta, Kasih Anugerah memiliki beberapa tempat yaitu di Villa Taman Bandara Blok B1 No.46, Dadap, Jakarta Barat dan di Dharma Surya Jl. Boulevard Taman Surya 5 Blok MM1 No.56-57, Kalideres, Jakarta Barat. Serta website yang bisa Mama kunjungi untuk informasi lebih lanjut di Homeschooling Kasih Anugerah.

4. INRII Homeschooling

4. INRII Homeschooling
Inrii-homeschooling.com

INRII merupakan singkatan dari Indonesia Berdikari yang mana INRII sendiri adalah lembaga pendidikan yang mulai berjalan sejak Mei 2010 di Jakarta. Lembaga pendidikan ini juga merupakan anggota dari Asosiasi Sekolah Rumah dan Pendidikan Alternatif (ASAHPENA) yang diketuai oleh Kak Seto. 

Sama seperti homeschooling pada umumnya, INRII juga memiliki beberapa program kurikulum yang ditawarkan. Diantaranya terdiri atas community class, distance learning, dan tutor visiting. Selain belajar akademik, INRII juga memfasilitasi kegiatan ekstrakulikuler seperti futsal dan musik.

Untuk biaya homeschooling ini, Mama perlu merogoh kocek sekitar Rp 650,000 per bulan, biaya buku Rp 1,000,000 per tahun dan biaya kegiatan Rp 1,500,000  per semester.

Untuk informasi lebih lanjut, Mama bisa mengunjungi website INRII Homeschooling atau mendatangi lansgung di Jl. Pondok Kelapa 5 Blok B No.5 Komp. PTB Kav. DKI Pondok Kelapa, Jakarta Timur 13450, telepon: 021-2284-5000 

5. Anak Panah Cyberschool & Homeschooling

5. Anak Panah Cyberschool & Homeschooling
Anakpanah.sch.id

Anak Panah Cyberschool adalah Institusi Pendidikan Non Formal berbasis Multimedia Digital Learning untuk menjangkau siswa usia sekolah tanpa di batasi jarak, ruang dan waktu, saat ini  siswa Anak Panah Cyber-School sudah tersebar di beberapa negara antara lain: Jepang, Korea, Swiss, Perancis,  Indonesia, Turki, dll.

Dalam website Anak Panah Cyberschool & Homeschooling sekolah ini merupakan lembaga pendidikan non formal & informal berdiri sejak tanggal 28 desember 2014, meliputi :

  1. Homeschooling / Komunitas sekolah rumah
  2. Cyberschool / Sekolah online

Jadi tak hanya homeschooling saja lho, Ma. Lembaga pendidikan ini juga menyediakan cyberschool yang dapat anak pilih untuk mengembangkan minat dan bakatnya.

Menerapkan kurikulum nasional seperti sekolah formal lainnya, homeschooling Anak Panah juga mengembangkan pendidikan anak dengan berbagai kegiatan outdoor yang tentunya menyenangkan dan tidak membosankan.

Adapun untuk biaya homeschooling ini, Mama perlu mengeluarkan uang sekitar Rp 1 juta untuk uang pangkal, uang administrasi & modul belajar sekitar Rp 3,5 juta per tahun, serta untuk keperluan ujian online sebesar Rp 1,2 juta per semester.

Nah, itu tadi beberapa referensi homeschooling terbaik Jakarta beserta harga yang ditawarkan. Semoga bermanfaat untuk menentukan pilihan Mama dan buah hati ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.