7 Jenis Sayuran Merah yang Baik untuk Kesehatan Anak

Nggak hanya sayuran hijau, sayuran merah pun sama baiknya untuk kesehatan anak

5 November 2021

7 Jenis Sayuran Merah Baik Kesehatan Anak
Freepik/Racool_studio

Tahukah Mama, nggak hanya sayuran hijau saya ternyata yang baik untuk kesehatan tubuh. Sayuran berwarna merah pun nggak kalah berguna bagi kesehatan tubuh, Ma.

Menurut Mayo Clinic, jenis-jenis sayuran merah seperti tomat dan paprika dapat membantu menurunkan risiko diabetes, osteoporosis, dan kolesterol tinggi sejak dini, Ma. Hal ini lantaran kandungan fitonutriennya yang memberikan warna merah memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan.

Tak hanya itu, ternyata semakin gelap warna merah yang dihasilkan sayuran, maka semakin tinggi pula kandungan nutrisi yang terkandung di dalamnya. Jadi sama sehatnya dengan sayuran berwarna hijau ya, Ma.

Lantas, apa saja jenis sayuran merah yang bisa diberikan pada anak dan baik untuk kesehatannya?

Simak rangkuman Popmama.com tentang deretan sayuran berwarna merah dan manfaatnya untuk anak, berikut ini!

1. Kubis merah

1. Kubis merah
Cookpad.com

Kubis lebih banyak ditemukan dalam keadaan warna ungu dibanding merah, hal ini karena warna gelap tersebut yang berasal dari anthocyanin atau antioksidan kuat yang dapat menurunkan risiko gangguan otak, kanker, dan penyakit kardiovaskular.

Tak hanya itu, Ma. Kubis merah jugs mengandung vitamin dan mineral. Dalam segelas sayuran kubis merah, Mama sudah membantu memenuhi 85% dari kebutuhan vitamin C harian anak, 42% kebutuhan vitamin K, dan 20% kebutuhan vitamin A.

Lebih lanjut lagi, sayuran satu ini juga menjadi jenis sayur yang kaya akan serat, vitamin B6, kalium, dan manggan. Sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh anak Mama, bukan?

Nah, jika ingin mendapatkan nutrisi yang optimal, Mama bisa memasaknya dengan merebus menggunakan sedikit air dan dalam waktu yang sesingkat mungkin untuk mempertahankan kandungan anthocyanin, glucosinolate, dan zat lainnya. 

2. Tomat

2. Tomat
Pixabay/byrev

Kalau sayuran satu ini, tentu sudah tak asing ya, Ma. Sebab tomat menjadi jenis sayuran yang banyak dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.

Tomat menjadi salah satu jenis sayuran berwarna merah yang kaya akan akan lycopene -(sebuah zat karotenvitamin C, dan kalium). Menurut National Institute of Health, sekitar 85% lycopene dalam makanan yang kita makan berasal dari tomat, Ma.

Mama bisa memberikan pada anak dengan ebrbagai macam jenis olahan. Tetapi perlu diketahui, memasak tomat dengan sedikit minyak menjadi cara terbaik untuk membuat tubuh anak mudah menyerap lycopene yang terkandung di dalamnya.

Editors' Picks

3. Paprika merah

3. Paprika merah
Topntp26 / Freepik

Tak hanya wortel yang kaya akan vitamin A, paprika merah pun mengandung kebutuhan harian dari vitamin A yang anak perlukan. Tak hanya itu, paprika merah juga mengandung tiga kali kebutuhan vitamin C, dan mengandung 30 kalori.

Sayuran ini bisa menjadi pilihan bagi Mama untuk meningkatkan sistem pertahanan tubuh anak dan membuat kulitnya lebih bercahaya lho. Hal ini karena kandungan vitamin C tinggi yang membuat paprika merah bermanfaat untuk melindungi tubuh dari infeksi.

Mama bisa menambahkan paprika merah ke berbagai jenis olahan masakan yang akan diberikan pada anak untuk mendapatan kandungan yang terdapat di dalamnya, seperti vitamin B6, vitamin E, dan folat.

4. Salada merah

4. Salada merah
Bukalapak.com

Jika salada hijau sudah sering Mama dan keluarga konsumsi, sudah coba salada merah belum, Ma?

Menurut Academy of Nutrition and Dietetics, kandungan nutrisi pada selada merah dapat membantu melindungi tubuh dari kanker dan menghambat penuaan sejak dini. Pada bagian daun yang berwarna merah dan gelap tersebut secara umum mengandung lebih banyak nutrisi seperti antioksidan dan vitamin B6 daripada bagian yang berwarna hijau cerah.

Tak hanya itu, Ma. Jika anak Mama ikut mengonsumsi sayuran satu ini, ia juga dapat memenuhi kebutuhan vitamin A dan vitamin K yang terkandung di dalamnya. Salada merah yang biasa dijadikan lalapan ini juga mengandung 95% air, sehingga dapat membantu anak tetap terhidrasi dengan baik.

5. Kentang merah

5. Kentang merah
Pixabay/Brett Hondow

Sama seperti kentang pada umumnya, kentang merah pun tak kalah baik untuk kesehatan tubuh, Ma. Sebab dalam kentang merah, terkandung nilai tambah yang kaya akan kalium, vitamin C, thiamin, dan vitamin B6.

Tak hanya daging kentangnya saja, Ma. Kulit kentang merah pun kaya akan serat dan vitamin yang juga baik dikonsumsi oleh anak dan keluarga Mama di rumah. Sudah pernah coba, Ma?

6. Bit

6. Bit
Freepik

United States Department of Agriculture (USDA) menyebutkan, bit adalah salah satu jenis sayuran merah yang memiliki kandungan antioksidan tertinggi. Tak hanya itu, bit juga menjadi sayuran yang kaya akan kalium, serat, folat, vitamin C, dan nitrat.

Dengan memberikan bit kepada anak, Mama dapat membantunya untuk menurunkan tekanan darah, melancarkan sirkulasi darah, dan meningkatkan ketahanan tubuhnya.

Untuk mendapatkan nutrisi dari sayuran ini, Mama bisa memanggang sayur bit dengan sedikit minyak dan menumisnya dengan sayuran hijau lain yang kaya akan vitamin A, C, dan K. Agar tak sebabkan konsumsi berlebihan, Mama bisa memberikannya beberapa kali dalam seminggu dan mencampurnya dengan sayuran lain.

7. Bawang merah

7. Bawang merah
Freepik/whatwolf

Terakhir adalah bawang merah. Sayuran yang biasa dijadikan bumbu wajib dalam masakan ini memang sudah tak asing bagi Mama. Ternyata nggak hanya menyedapkan masakan saja, Ma. Bawa merah juga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh.

Dalam bawang merah terkandung organosulfur yang dapat meningkatkan sistem kekebalan, mengurangi produksi kolesterol, dan mendukung kesehatan hati. Selain itu, serat yang terkandung dalam bawang merah juga membantu usus anak teta[ sehat.

Nah, itu tadi 7 jenis sayuran merah dan manfaatnya yang baik untuk kesehatan anak. Semoga informasinya bermanfaat ya, Ma. Yuk, coba berikan sayuran di atas pada anak Mama.

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.