Resep Dan Cara Membuat Banana Pom Pom Bersama Anak

Bikinnya gampang, yuk coba di rumah bersama anak mama

11 Januari 2022

Resep Cara Membuat Banana Pom Pom Bersama Anak
Youtube.com/dewi18rose Kitchen

Kegiatan di rumah saja yang monoton kerap kali membuat anak lebih mudah merasa bosan. Untuk mengatasi rasa bosan anak, Mama bisa melakukan berbagai kegiatan seru yang positif dan tentunya bermanfaat untuk mereka. Salah satunya mengajak anak memasak bersama.

Kegiatan ini sangat cocok dilakukan bersama, terlebih ketika Mama dan anak merupakan orang yang gemar nyemil. Jika tertarik, Mama bisa mencoba resep camilan satu ini, yakni banana pom pom. Sesuai dengan namanya, ini merupakan camilan yang dibuat dari olahan pisang.

Tanpa berlama-lama, yuk langsung catat resep dan cara membuat banana pom pom yang sudah Popmama.com rangkum di bawah ini. Buatnya gampang banget nih, Ma!

Editors' Picks

Bahan-bahan yang diperlukan

Bahan-bahan diperlukan
Freepik/lifeforstock

Berikut bahan-bahan yang perlu Mama siapkan sebelum membuat banana pom pom bersama anak di rumah. Di antaranya:

  • Pisang kepok (banyaknya bisa disesuaikan)
  • 6 sdm tepung terigu
  • 2 sdm tepung maizena
  • 100 gram tepung roti
  • 100 ml air putih
  • Secukupnya gula pasir
  • Secukupnya minyak goreng

Cara membuat

Cara membuat
Freepik/tirachardz

Berikut langkah atau cara membuat banana pom pom yang bisa Mama ikuti, yakni:

  1. Langkah pertama adalah menyiapkan pisang kepok, lalu kupas dari kulitnya. Jika sudah, Mama bisa memotong daging pisang dengan bentuk horizontal agar membentuk bulatan. Buat potongan yang tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu kecil ya, Ma.
  2. Kemudian, sisihkan pisang yang sudah dipotong. Setelahnya campurkan kedua tepung (terigu dan maizena) bersamaan dengan air dan gula pasir. Perbandingan antara tepung terigu dan maizena adalah 1 banding 3. Adonan cair pun sudah siap digunakan.
  3. Siapkan wadah berikutnya untuk tepung roti, lalu masukkan potongan pisang ke dalam adonan cair terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan ke adonan tepung roti. Lakukan secara berulang sampai seluruh potongan pisang terbalut tepung.
  4. Berikutnya panaskan minyak goreng, lalu goreng pisang yang sudah dibaluri tepung hingga cokelat keemasan. Goreng dengan menggunakan api sedang agar tidak cepat gosong, ya.
  5. Jika sudah, angkat dan tiriskan. Banana pom pom pun siap disajikan. Untuk menambah cita rasa, tambahkan saus cokelat dan juga segelas teh untuk mendampingi waktu nyemil Mama dan anak.

Itulah resep dan cara membuat banana pom pom yang bisa dibuat bersama anak di rumah. Bagamana, gampang banget bukan? Yuk, catat dan recook resepnya di rumah!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.