5 Negara Dengan Durasi Puasa Terpendek di Dunia

Negara apa saja ya yang memiliki durasi puasa terpendek

27 Februari 2024

5 Negara Durasi Puasa Terpendek Dunia
news-medical.net

Umat Muslim di seluruh dunia sebentar lagi akan segera memasuki bulan Ramadhan atau bulan di mana seluruh muslim diwajibkan untuk berpuasa.

Puasa adalah bentuk ibadah dimana setiap umat muslim diwajibkan untuk menahan lapar, dahaga, serta hawa nafsunya dari fajar hingga matahari terbenam. Namun, puasa bukan hanya tentang menahan diri dari hal-hal duniawi; puasa juga tentang membersihkan jiwa dari kedegilan, kedengkian, dan sifat-sifat negatif lainnya. Saat seorang muslim melepaskan diri dari nafsu dan keinginan duniawi, mereka akan membebaskan dirinya untuk menjadi individu yang lebih baik, lebih baik dalam perilaku dan lebih dekat dengan pencipta Allah SWT.

Tetapi, durasi lamanya berpuasa di setiap negara tidak selalu sama. Sehingga, jika seorang muslim sedang berpergian ke sebuah negara lain, maka wajib hukumnya untuk mengikuti durasi berpuasa yang ada di negara tersebut.

Kali ini Popmama.com akan membahas tentang 5 negara dengan durasi puasa terpendek di dunia. Simak informasinya di bawah ini.

1. Mengapa durasi berpuasa di setiap negara dapat berbeda-beda?

1. Mengapa durasi berpuasa setiap negara dapat berbeda-beda
Freepik/FellowNekocat

Durasi berpuasa di setiap negara berbeda-beda karena perbedaan geografis dan astronomis yang memengaruhi lamanya waktu antara matahari terbit dan matahari terbenam di berbagai wilayah di dunia. Sehingga, saat bumi sedang berotasi dan berevolusi menyebabkan terjadinya variasi panjang siang dan malam di setiap negara.

Di negara-negara yang terletak lebih dekat dengan garis khatulistiwa, jam puasa cenderung lebih pendek. Sedangkan yang terletak lebih jauh, terutama di garis lintang utara dan selatan, mengalami periode puasa yang lebih lama.

2. Negara dengan durasi puasa terpendek di dunia

2. Negara durasi puasa terpendek dunia
Freepik

Mengutip dari laman Wego, berikut adalah 5 negara dengan durasi puasa terpendek di dunia:

  • Selandia Baru (Christchurch): Sekitar 12 jam.
  • Afrika Selatan (Cape Town): Sekitar 11-12 jam.
  • Paraguay (Ciudad del Este): Sekitar 11-12 jam.
  • Uruguay (Montevideo): Sekitar 11-12 jam.
  • Chile (King Scott): Sekitar 11-12 jam

3. Bagaimana dengan Indonesia?

3. Bagaimana Indonesia
Pixabay/Maria

Melansir laman Al Arabiya, Indonesia termasuk ke dalam daftar negara yang memiliki durasi puasa terpendek dengan waktu sekitar 13 jam. Durasi ini sama dengan wilayah Nairobi di Kenya.

Indonesia terletak di kawasan tropis, yang berada di sekitar khatulistiwa, sehingga durasi siang dan malam relatif konstan sepanjang tahun. Namun, ada sedikit perbedaan antara durasi puasa di bagian barat dan timur Indonesia karena perbedaan zona waktu.

Secara umum, di sebagian besar wilayah Indonesia, termasuk di ibu kota Jakarta, durasi puasa biasanya sekitar 12-14 jam. Namun, durasi ini dapat bervariasi tergantung pada musim, karena Indonesia memiliki dua musim utama, yaitu musim hujan dan musim kemarau.

Itulah informasi tentang 5 negara dengan durasi puasa terpendek di dunia. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan tentang puasa ya!

Baca juga:

The Latest