5 Cara Unik untuk Bikin Anak Suka Matematika

Aduh, susah ya mengajarkan anak matematika? Hmmm, ini langkah yang pertama harus Mama lakukan

17 September 2018

5 Cara Unik Bikin Anak Suka Matematika
Pixabay/Geralt

Ada apa dengan matematika?

Beberapa anak menyukainya, sedangkan yang lain merasa enggan saat melihat hitungan. Kita tahu bahwa kemampuan matematika merupakan hal yang perlu dimiliki, bukan hanya untuk selama sekolah, tetapi juga untuk kehidupan sehari-hari.

Jadi, bagaimana cara untuk membuat matematika tidak menakutkan bagi anak? Apakah mungkin untuk melakukan ini dengan trik-trik seperti games matematika, atau menerapkan elemen-elemen matematika dalam kehidupan sehari-hari mereka?

Mari simak disini!

Mendorong Anak untuk Mengembangkan Sikap Positif Terhadap Matematika

Mendorong Anak Mengembangkan Sikap Positif Terhadap Matematika
Publicdomainpictures/George Hodan

Meskipun matematika penting untuk kehidupan sehari-hari, beberapa anak akan sulit untuk mengembangkan minat terhadapnya. Banyak anak yang melabeli diri mereka sendiri bahwa mereka bukanlah math-person, dan akan terus mempercayainya sepanjang hidupnya.

Salah satu hal yang dapat kita lakukan sebagai orangtua yaitu dengan tidak membiarkan ketakutan akan matematika ini berkembang pada anak dengan menggunakan beberapa teknik cerdas ini:

1. Beri pembelajaran tentang matematika dasar

1. Beri pembelajaran tentang matematika dasar
Pixabay/Pexels

Pelajaran dasar matematika yang biasanya dipakai dalam kehidupan praktis, dapat menjadi dasar untuk pemikiran matematika pada anak. Para ahli mengatakan bahwa hal ini merupakan pondasi untuk apa pun pekerjaan yang akan mereka lakukan bahkan sampai dewasa.

Pembelajaran pada tingkat ini hanya sejauh menghitung angka.

Mama dapat mendorong anak untuk menemukan pola penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, mengidentifikasi berbagai bentuk yang mereka lihat saat pergi berbelanja, dan kemudian belajar angka dengan cara yang sama menariknya.

Editors' Picks

2. Buat matematika menjadi lebih bermakna

2. Buat matematika menjadi lebih bermakna
Pixabay/Ramdlon

Mama bisa membuat matematika lebih seru dan menarik dengan cara menunjukkan kepada anak bahwa matematika ada di dunia sekitar mereka. Gunakan cara-cara interaktif seperti meminta mereka menghitung jumlah huruf yang ada di kotak surat, atau minta mereka untuk membantu Mama mengitung jumlah sayur saat memasak, dan sebagainya.

Para ahli menyarankan bahwa seperti belajar membaca, matematika juga harus diterapkan dalam kegiatan sehari-hari Si Anak. Misalnya, Mama dapat memberi mereka waktu dua jam untuk bermain dan menunjukkan waktu dua jam tersebut menggunakan jam.

3. Menanamkan pikiran positif tentang matematika

3. Menanamkan pikiran positif tentang matematika
upload.wikimedia

Sebagai orangtua, sangat penting untuk menyingkirkan rasa ketidaksukaan terhadap matematika ketika sedang membicarakannya kepada Si Anak.

Para ahli mengatakan bahwa anak-anak tidak terlalu peduli jika suatu tugas dianggap mudah atau sulit. Misalnya, saat pertama kali berbicara atau berjalan, anak mama akan bersabar dengan tugas ‘sulit’ ini hingga mereka dapat menguasainya. Hal ini terjadi karena mereka tahu bagaimana caranya mendorong batas mereka. Sama halnya dengan matematika, anak mama akan menunjukkan sikap yang sama.

Jadi, berbicara secara positif tentang suatu subyek dan menghindari reaksi-reaksi negatif dapat menjadi hal yang paling ampuh untuk membantu mereka dalam matematika. Ketika Mama membicarakan hal-hal yang negatif tentang matematika, anak mama akan mempercayai bahwa itu adalah pelajaran yang sulit, dan hal ini akan menghambat kemajuannya.

4. Menggiatkan berlatih matematika

4. Menggiatkan berlatih matematika
Pixabay/Jackmac34

Latihan membuat semakin ahli.

Dorong anak mama untuk berlatih matematika, dimana pun dan kapan pun, baik itu menghitung mobil yang dilewati saat bepergian, atau berbicara dengan anak mama tentang pertambahan tingginya. 

Itu semua adalah matematika dalam kehidupan sehari-hari.

5. Mengembangkan rasa antusias terhadap matematika

5. Mengembangkan rasa antusias terhadap matematika
faronics.com

Bekerjasamalah dengan guru Si Anak untuk membantu anak mama mengembangkan rasa antusias terhadap matematika.

Menggunakan inovasi dan metode guru untuk menciptakan elemen-elemen seru dan menarik dalam matematika dapat menjadi ide yang baik. Sebagai orangtua, penting untuk memberitahukan anak mama bahwa meskipun matematika memerlukan usaha, namun matematika juga menyenangkan.

Salah satu ide yang sangat bagus adalah memperbolehkan anak mama bermain permainan matematika yang seru untuk mengasah kemampuan mereka di gadget. 

Games untuk Belajar Matematika

Games Belajar Matematika
Pixabay/Geralt
  • 123 Tracing by Kids Academy

123 Tracing berguna dalam membantu anak mama mengenali angka dan simbol dalam matematika, menunjukkan cara menulisnya menggunakan tangan, dan berhitung. Aplikasi ini dapat digunakan untuk anak dari usia 1 sampai 5 tahun ke atas dan dapat diperoleh di Google Play (Montessori: Learn 123 Numbers) seharga IDR 36.454 dan di App Store (Kids Puzzles Preschool Math Games) seharga USD 3,99.

  • Pet Bingo by Duck Duck Moose

Pet Bingo adalah permainan matematika dengan musik dan cara belajar interaktif yang dapat membantu anak mama memahami penjumlahan, pengurangan, pembagian, dan perkalian dengan peliharaan yang mereka miliki di dalam game tersebut. Game ini bisa diperoleh secara gratis di App Store dan Google Play.

  • Numbers and Addition! Math Games

Aplikasi ini mengajak anak mama untuk belajar berhitung dalam petualangan-petualangan seru yang cocok untuk anak berusia 3 sampai 6 tahun. Aplikasi ini dapat diperoleh di Google Play secara gratis.

Seru kan?

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.