5 Nasihat B.J. Habibie untuk Anak Indonesia

Kata Eyang Habibie, buang mimpi dan buatlah cita-cita! Lho…

12 September 2019

5 Nasihat B.J. Habibie Anak Indonesia
Popmama.com/Sandra Ratnasari

Dalam rangka menyambut Hari Anak Nasional, 23 Juli 2018, mantan Presiden RI ke-3, B.J Habibie mengundang sekitar 30 anak SD berkunjung ke Perpustakaan Habibie & Ainun. Tak sekadar menikmati ruang perpustakaan yang lega dan lengkap, anak-anak ini juga diajak berdialog.

Banyak anak penasaran bagaimana cara Habibie bisa menjadi orang yang cerdas. Mereka bertanya kepada Sang Eyang, dan Habibie menjawab dengan nasihat-nasihatnya.

Berikut poin nasihat B.J. Habibie untuk anak Indonesia.

1. Tetapkan cita-cita

1. Tetapkan cita-cita
Popmama.com/Sandra Ratnasari

Seorang anak bertanya apakah sewaktu muda, Eyang Habibie pernah bermimpi jadi presiden? Habibie tersenyum lebar dan ia menjawab, “Saya tidak pernah bermimpi. Bermimpi itu tidak enak sebab dilakukan saat tidur dan ketika bangun, banyak yang lupa apa mimpinya.”

“Saya selalu punya cita-cita. Cita-cita lebih penting karena membuat kita selalu berusaha meraihnya,” lanjut Eyang Habibie.

Namun, soal menjadi presiden, Habibie bilang ia tidak pernah mencita-citakannya. Ia menjadi presiden karena saat menjabat sebagai wakil presiden, Presiden RI, Soeharto mengundurkan diri. “Jadi, sebagai wakilnya, saya harus menggantikan beliau,” kata Habibie.

Cita-cita Habibie yang sudah ia tetapkan sejak belia adalah membuat pesawat terbang sendiri. Itu sebabnya ia berusaha keras belajar dan hingga kini masih menciptakan karya pesawat yang paling canggih untuk Indonesia.

2. Pelajari agama dan budaya

2. Pelajari agama budaya
Popmama.com/Sandra Ratnasari

Satu hal yang ditekankan oleh Eyang Habibie adalah agar anak-anak mempelajari agama dan budaya. Menurutnya, kedua hal ini adalah paling penting untuk menjadi dasar-dasar perilaku hidup.

“Jangan meninggalkan agama dan budaya sebab itulah yang akan membentuk pribadi kalian,” kata Habibie.

Editors' Picks

3. Tingkatkan ahlak dan kebaikan

3. Tingkatkan ahlak kebaikan
Popmama.com/Sandra Ratnasari

Dalam menggapai cita-citanya, Habibie tidak bisa bekerja sendirian. Semua orang juga memerlukan teman kerja untuk membantunya. Itu sebabnya ia bilang, “tumbuhkan ahlak dan kebaikan sebab sepandai apa pun manusia, ia tidak bisa bekerja sendirian.”

Eyang Habibie ingin mengingatkan agar anak-anak selalu menjunjung ahklak dan kebaikan sebab saat bekerjasama dengan banyak orang, ahlak dan kebaikan kita akan menjadi faktor penentu keberhasilan. Ya, kasarnya, kalau seorang pemimpin tidak bersikap baik, sudah pasti ia tidak akan disukai bawahannya dan pekerjaan yang sedang dikerjakannya tidak akan selesai dengan baik. 

4. Bekerja keras dan pantang menyerah

4. Bekerja keras pantang menyerah
Popmama.com/Sandra Ratnasari

Kunci sukses yang kelima dari Habibie adalah sikap bekerja keras dan pantang menyerah. Kepada anak-anak, Habibie menceritakan selama 157 hari ia menjabat Presiden RI, ia banyak mengubah undang-undang dan peraturan. Ia juga berhasil menurunkan nilai Dollar Amerika yang tidak terjangkau. Semua itu dilakukannya dengan kerja keras.

“Saya tidak tidur banyak-banyak. Saya bekerja dan bekerja. Kerja keras dan tidak menyerah jika menghadapi masalah. Itu yang bikin kita sukses dan pintar,” katanya.

5. Makan makanan bergizi dan banyak minum air

5. Makan makanan bergizi banyak minum air
Popmama.com/Sandra Ratnasari

Di acara yang diberi judul Habibie dan Anak Indonesia "Tumbuh Sehat dan Cerdas dengan Pola Makan Sehat Sejak Kecil" ini, Sang Eyang mengungkapkan rahasia ia menjadi orang yang cerdas. Selain belajar, menerapkan agama dan budaya, Habibie mengingatkan anak-anak Indonesia untuk selalu makan makanan bergizi dan banyak minum air putih.

“Eyang sudah berusia 82 tahun dan masih sehat. Rahasianya makan makanan bergizi dan banyak minum air putih. Air putih itu penting untuk membuat kerja otak bagus sebab mayoritas tubuh manusia terdiri dari air,” kata Habibie.

Sejak kecil, Habibie selalu suka ikan dan sayur. Ia banyak minum air putih untuk kebugaran tubuh dan pikirannya.

Hmm, kira-kira anak mama bisa terinspirasi juga gak ya?

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;